Peran Guru Dalam Meningkatkan Soft Skill Peserta Didik Melalui Pembelajaran Ppkn Di MTS Negeri 3 Muaro Jambi
Kata Kunci:
Soft Skill, Peran Guru, Pembelajaran PKnAbstrak
Abstrak; Tujuan dijalankannya penelitian ini untuk mengetahui peran guru dalam meningkatkan soft skill peserta didik di MTsN 3 Muaro Jambi. Penelitian ini dilakukan di MTsN 3 Muaro Jambi pada 8 Februari sampai 16 April 2022. Metode dalam mendapatkan data dengan menggunakan teknik pengamatan, wawancara dan dokumentasi. Analisis data yang dilakukan adalah bersifat kualitatif. Hasil yang didapatkan setelah pelaksanaan penelitian yaitu peran guru PPKn dalam meningkatkan Soft Skill peserta didik di MTsN 3 Muaro Jambi ini kurang optimal, hal ini disebabkan oleh beberapa faktor seperti urgensi pelaksanaan pembelajaran yang dilakukan tertuju pada hard skill bukan soft skill, guru belum terlalu paham mengenai soft skill, guru belum mengenal dan memahami beragam metode dan strategi dalam meningkatkan soft skill pada pembelajaran dan berdampak pada monotonsi metode yang digunakan selama pelaksanaan pembelajaran dan menumbuhkan kebosanan dalam diri peserta didik, tidak pahamnya guru mengenai karakter peserta didik, menyebabkan guru sulit mengatur peserta didik dan membuat pembelajaran tidak kondusif. Saran yang diberikan sesudah penelitian ini dijalankan yaitu guru lebih meningkatkan Soft Skill yang dimiliki dan mencontohkan peserta didik dengan sikap yang baik. Sebab, guru menjadi garda terdepan peserta didik dalam mencari referensi Soft Skill dan karakter yang baik.