Penerapan Fungsi Organisasi Siswa Intra Sekolah (OSIS) Dalam Mewujudkan Nilai Sila Ke-Empat Pancasila di SMKN1 Batanghari
fungsi, OSIS, sila ke-empat Pancasila
Kata Kunci:
fungsi, OSIS, sila ke-empat PancasilaAbstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penerapan fungsi organisasi siswa intra sekolah (OSIS) dalam mewujudkan nilai sila ke-empat Pancasila di SMKN 1 Batanghari. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan fungsi organisasi siswa intra sekolah (OSIS) dalam mewujudkan nilai sila ke-empat Pancasila di SMKN 1 Batanghari adalah melibatkan siswa diluar kepengurusan OSIS untuk melakukan musyawarah dalam setiap pengambilan keputusan untuk melaksanakan kegiatan, pengurus OSIS juga memberikan kesempatan kepada siswa untuk menyampaikan ide atau pendapatnya mengenai rencana kegiatan yang telah disampaikan oleh anggota OSIS, melakukan pemilihan ketua dan anggota OSIS secara demokratis, serta bersikap terbuka dan menerima segala kritik yang disampaikan oleh siswa SMKN 1 Batanghari. Kendala pertama yang dihadapi oleh OSIS SMKN 1 Batanghari dalam mewujudkan nilai sila ke-empat dalam Pancasila adalah adanya siswa yang kurang aktif untuk berpartisipasi dalam setiap kegiatan OSIS, baik itu dalam kegiatan musyawarah maupun kegiatan-kegiatan lainnya, serta siswa yang mengikuti kegiatan musyawarah cenderung kurang aktif untuk memberikan kritik maupun pendapatnya. Kesimpulan penerapan fungsi organisasi siswa intra sekolah (OSIS) dalam menerapkan nilai sila ke-empat Pancasila di SMKN 1 Batanghari dilakukan dengan melaksanakan musyawarah, melaksanakan pemilihan dan menerima kritik.Dari ketiga aspek tersebut, maka fungsi untuk melaksanakan musyawarah dan melaksanakan pemilihan sudah dilakukan dengan baik, sedangkan fungsi untuk menerima kritik belum dilakukan dengan baik.
Â