Pengaruh Sikap Sosial Siswa Terhadap Hasil Belajar Mata Pelajaran PPKN Siswa Kelas VIII DI SMP Negeri 6 Kerinci

Penulis

  • Ansari Mufti Universitas Jambi
  • Akmal Sutja Universitas Jambi
  • Heri Usmanto Universitas Jambi

Kata Kunci:

Sikap, Sosial, Hasil, Belajar

Abstrak

Penelitian ini dilaksanakan di SMP Negeri 6 Kerinci pada semester genap tahun pelajaran 2021–2022. Peneliti awalnya memperhatikan bahwa beberapa siswa PPKn masih memiliki prestasi akademik yang lebih buruk daripada siswa KKM. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana pengaruh sikap sosial siswa terhadap kemampuan belajar mata pelajaran PKn di kelas VIII SMP Negeri 6 Kerinci.
Penelitian kuantitatif yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode post hoc. Hasil analisis data menunjukkan bahwa variabel sikap sosial (X) siswa berpengaruh signifikan terhadap variabel hasil belajar (Y) mata pelajaran PPKN siswa kelas VIII SMP Negeri 6 Kerinci. Hal yang sama berlaku untuk metode pengumpulan data, terutama kuesioner dan wawancara. Sikap sosial berpengaruh signifikan terhadap hasil belajar warga SMP Negeri 6 Kerinci delapan kategori siswa, t hitung > t tabel (2,081 > 1,99254) dan nilai signifikansi 0,041 0,05. Besarnya pengaruh ditunjukkan oleh koefisien determinasi, R2 = 0,055, atau persentase sebesar 5,5%. Oleh karena itu, sisa variabel yang tidak diteliti dalam penelitian ini memberikan kontribusi sebesar 94,5% terhadap sisa variabel, dengan 5,5% merupakan yang paling signifikan.

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

##submission.downloads##

Diterbitkan

2023-11-23