HUBUNGAN POLA ASUH DEMOKRATIS ORANG TUA DAN PENDIDIKAN DEMOMRASI DI SEKOLAH DENGAN KEMANDIRIAN SISIWA/I KELAS VII SMP N 47 MUARO JAMBI
DOI:
https://doi.org/10.22437/cepj.v2i1.19277Kata Kunci:
Independence, Democratic Parenting, Democracy EducationAbstrak
Berdasarkan hasil observasi awal yang dilakukan peneliti di SMP N 47 Muaro Jambi menunjukkan masalah yang berkaitan dengan kemandirian dari peserta didik. Masalah yang dimaksudkan dalam penelitian ini adalah masalah kemandirian yang berasal dari faktor pola asuh orang tua yang diterapkan dan juga pembelajaran pendidikan demokrasi yang diterima dilingkungan sekolah. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan dari pola asuh demokratis orang tua dan pendidikan demokrasi di sekolah terhadap kemandirian siswa. Metode pengumpulan data yang dilakukan dalam penelitian ini adalah metode kuantitatif menggunakan angket. Teknik analisis yang digunakan adalah teknik uji prasyarat analisis yaitu normalitas dan reliabilitas beserta uji hipotesis statistic yaitu uji t statistic dan uji F statistik. Hasil penelitian dalam penelitian ini adalah secara individu baik pola asuh demokratis orang tua maupun pendidikan demokrasi di sekolah memiliki hubungan yang positif dan signifikan kemandirian siswa/I kelas VII SMP N 47 Muaro Jambi. Kemudian, secara bersama-sama pola asuh demokratis orang tua dan pendidikan demokrasi di sekolah memiliki hubungan yang positif dan signifikan dengan kemandirian siswa dengan nilai signifikansi 0,620 atau dalam kategori kuat.
Kata Kunci : Kemandirian, Pola Asuh Demokratis, Pendidikan Demokrasi