Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Berbasis Lectora Inspire Pada Materi Norma dan Keadilan Pada Mata Pelajaran PPKn di Kelas VII B SMPN 30 Muaro Jambi

Penulis

  • Agustina Sri Devi universitas jambi
  • Akmal Sutja Universitas Jambi
  • Heri Usmanto Universitas Jambi

Kata Kunci:

Lectora Inspire, Hasil Belajar, Norma dan Keadilan

Abstrak

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh permasalahan di SMPN 30 Muaro Jambi, khususnya rendahnya hasil belajar siswa kelas VII B yang hanya mencapai 32% siswa yang mencapai KKM. Selain itu, guru menghadapi tantangan dalam menghasilkan materi pembelajaran yang akan membangkitkan minat siswa saat mereka belajar, memungkinkan mereka untuk meningkatkan hasil belajar siswa.

Penelitian ini bertujuan untuk membuat media pembelajaran interaktif berbasis Lectora yang menginspirasi materi norma dan keadilan untuk membantu siswa kelas VII B SMPN 30 Muaro Jambi meningkatkan hasil belajar PKn.

Model pengembangan ADDIE adalah tipe ini (Analisis, Pengembangan Desain, Implementasi, dan Evaluasi). Penelitian ini membuat media pembelajaran interaktif dengan memberikan penilaian kepada siswa untuk mengetahui hasil belajarnya. Kuesioner penilaian yang diisi oleh tim ahli, guru, dan siswa digunakan dalam penelitian ini.

Berdasarkan penelitian terhadap tes hasil belajar siswa pada akhir kegiatan pembelajaran, terdapat 26 siswa yang memperoleh nilai tuntas dan dua siswa dengan nilai tidak tuntas dari total 28 siswa yang hasil belajarnya meningkat sebesar 93%.

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

##submission.downloads##

Diterbitkan

2022-06-28