Development of E-Module-based Civics Teaching Materials on Human Rights Materials to Improve Students' Learning Motivation in Class XI SMAN 2 Muaro Jambi

Development of E-Module-based Civics Teaching Materials on Human Rights Materials to Improve Students' Learning Motivation in Class XI SMAN 2 Muaro Jambi

Penulis

  • Ema Silmaika Universitas Jambi
  • Irwan Irwan Universitas Jambi
  • Dona Sariani Universitas Jambi

DOI:

https://doi.org/10.22437/cepj.v1i2.18011

Kata Kunci:

Kata kunci: Motivasi, E-Modul, HAM, KeywordS : Motivation, e-Module, Human Rights

Abstrak

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh adany a permasalahan di SMAN 2 Muaro Jambi, yaitu Rendahnya Motivasi Belajar Siswa di Kelas XI IPA 3 SMAN 2 Muaro Jambi. Lalu guru mengalami kesulitan dalam mengembangkan bahan ajar yang dapat membuat siswa untuk tertarik dalam belajar.
Tujuan dari peelitian ini adalah untuk mengembangkan bahan ajar PPKn berbasis E-Modul pada materi HAM dan dapat meningkatkan Motivasi Belajar Siswa di Kelas XI SMAN 2 Muaro Jambi.
Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan dan menggunakan model ADDIE (Analysis, Designe, Development, Implementation, Evaluation). Penelitian ini mengembangkan bahan ajar PPKn dengan pemberian tes untuk mengetahui motivasi belajar siswa. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah angket penilaian ahli materi, ahli media, dan ahli bahasa, tanggapan guru dan siswa serta angket motivasi belajar siswa.
Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan dengan memberikan angket motivasi belajar siswa pada kegiatan akhir pembelajaran diperoleh 28 orang siswa yang motivasi belajarnya meningkat dengan persentase sebanyak 81,7%.

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

##submission.downloads##

Diterbitkan

2022-12-27