Pengaruh Komunikasi Politik Melalui Media Sosial Instagram Terhadap Tingkat Partisipasi Politik Mahasiswa Prodi PPKN Universitas Jambi Pada Pilpres Tahun 2019
DOI:
https://doi.org/10.22437/cepj.v1i1.16015Kata Kunci:
Komunikasi Politik, Instagram, Partisipasi PolitikAbstrak
Abstrak: Penelitian ini dilatarbelakangi oleh masifnya penggunaan media social khususnya Instagram di kalangan mahasiswa prodi PPKn Universitas Jambi terlebih lagi media sosial Instagram tersebut dijadikan sumber informasi politik khususnya pada saat masa Pilpres tahun 2019. Tujuan dari diadakannya penelitian ini yaitu untuk menguji apakah terdapat pengaruh antara komunikasi politik melalui media sosial Instagram terhadap tingkat partisipasi politik mahasiswa prodi PPKn Universitas Jambi pada Pilpres tahun 2019. Penelitian ini merupakan penelitian Ex Post Facto dengan pendekatan kuantitatif yang secara umum dilakukan di program studi Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan Universitas Jambi. Adapun teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu kuesioner (angket).
Berdasarkan hasil analisis data yang telah dilakukan dengan menggunakan model regresi linier sederhana dengan bantuan aplikasi SPSS versi 24, terbukti bahwasanya variabel komunikasi politik melalui media sosial Instagram (X) memberikan pengaruh yang signifikan terhadap partisipasi politik (Y). Besaran pengaruh antar variabel secara analisis komunikasi politik melalui media sosial Instagram terhadap partisipasi politik dapat dilihat dari koefisien determinasi R² yaitu 0,409 artinya sumbangan efektif yang diberikan oleh komunikasi politik melalui media sosial Instagram terhadap partisipasi politik adalah sebesar 40,9% sementara sisanya 59,1% merupakan kontribusi dari variabel lain diluar dari variabel yang diteliti oleh peneliti.