Peneraapan Moddel Kooperatif Tipe Think-Pair-Share Untuk menyempurnakan Partisipasi Siswa Pada Mata Pelajaran PPKN Di Kelas
DOI:
https://doi.org/10.22437/cepj.v1i1.16008Kata Kunci:
Model Kooperratif, Think Pair Share, Partisipasi SiswaAbstrak
Abstrak Penelitaian ini dilatar belakangi oleh beberapa kendala dalam pelaksanaan pembelajaran yaitu rendahnya partisipasi siswa, selain itu ditemukan fakta guru menggunakan metode pembelajaran yang biasa diterapkan di dalam kelas adalah pembelajaran konvensiaonal yang cendrung meminimalkan keterlibatan siswa dan guru lebih aktif
Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa dalam proses pelaksanaan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Pair Share pada mata pelajaran PPKn mengalami peningkatan partisipasi siswa. Kriteria keberhasilan ini adalah 75% atau lebih dari rentang persentase 100%. Keberhasilan ini dapat dibuktikan pada siklus I sebelum Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Pair Share partisipasi siswa hanya berada pada 45,9% dalam kategori rendah, setelah menerapkan model tersebut diakhir siklus I persentase siswa meningkat menjadi 60,5% dalam kategori cukup. Pada siklus II persentase partisipasi siswa meningkat lagi menjadi 65,8% dalam kategori baik, namun belum mencapai target yang diinginkan dan pada siklus III partisipasi siswa naik dari siklus II yaitu 79,1% dalam kategori baik.