Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Teams Games Tournament Untuk Meningkatkan Kemampuan Kerjasama Siswa Pada Pembelajaran PPKn di Kelas VIII SMP Negeri 16 Merangin
DOI:
https://doi.org/10.22437/cepj.v1i1.15944Kata Kunci:
Kerjasama Siswa, Model Pembelajaran Kooperatif Teams Games TournamentAbstrak
Abstrak: Penelitian ini dilatarbelakangi oleh adanya permasalahan yang ditemukan berupa rendahnya kerjasama siswa dalam pembelajaran PPKn yang berlangsung. Selain itu guru masih menggunakan metode pembelajaran konvensional yaitu ceramah yang cenderung membuat interaksi siswa menjadi terbatas dan tidak berkembang, akibatnya kerjasama siswa dalam pembelajaran belum begitu tampak. Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan kerjasama siswa pada pembelajaran PPKn dengan menerapkan model pembelajaran teams games tournament di kelas VIII SMP Negeri 16 Merangin.
Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan desain penelitian menggunakan model spiral Kemmis & Taggart. Penelitian dilaksanakan sebanyak 3 siklus dimana masing-masing siklus terdiri dari 3 kali pertemuan. Setiap siklus dilakukan melalui 4 tahapan kegiatan yaitu perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi/pengamatan, dan refleksi. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas VIII SMP Negeri 16 Merangin yang berjumlah 20 orang siswa. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini berupa observasi, angket, dan dokumentasi. Kriteria keberhasilan yang ditetapkan dalam penelitian yaitu 60%.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa pada siklus I tingkat kerjasama siswa meningkat dari kondisi awal 39% menjadi 45% namun belum mencapai kriteria keberhasilan yang ditetapkan. Siklus I kemudian dilakukan perbaikan untuk dilanjutkan pada siklus II. Setelah dilakukan perbaikan terjadi peningkatan pada siklus II yang meningkat sebesar 8% menjadi 53% namun juga belum mencapai kriteria keberhasilan yang ditetapkan. Perbaikan kembali dilakukan pada siklus II untuk dilanjutkan pada siklus III. Hasil penelitian siklus III meningkat sebesar 10% menjadi 63% yang artinya tindakan dinyatakan berhasil karena telah mencapai kriteria keberhasilan yang ditetapkan. Keberhasilan penelitian ini diperoleh atas perbaikan-perbaikan yang dilakukan pada setiap siklus.
Kata Kunci: Kerjasama Siswa, Model Pembelajaran Kooperatif Teams Games Tournament.