This is an outdated version published on 2020-10-05. Read the most recent version.

Analisis Lembar Kerja Siswa (LKS) Praktikum Biologi SMA pada Materi Struktur Darah

Authors

  • Yunni Handayanie Universitas Pendidikan Indonesia
  • Sri Anggraeni Universitas Pendidikan Indonesia
  • Bambang Supriatno Universitas Pendidikan Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.22437/bio.v6i3.9408

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk memberikan gambaran mengenai permasalahan LKS praktikum struktur darah di SMA. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif dan subjek penelitian ini adalah LKS praktikum struktur darah. Teknik sampling yang digunakan yaitu total sampling, sampel terdiri dari 6 LKS pada KTSP 2006 dan 4 LKS pada Kurikulum 2013. Instrumen yang digunakan meliputi instrumen analisis konseptual dan analisis praktikal yang dikembangkan oleh penulis serta instrumen analisis kontruksi pengetahuan berdasarkan Diargam Vee. Hasil temuan menunjukkan LKS praktikum struktur darah masih terdapat masalah pada konseptual, prosedural dan konstruksi pengetahuan. Permasalahan pada konseptual yaitu langkah kerja yang tidak sesuai dengan judul/tujuan. Permasalahan pada praktikal yaitu: 1) sulitnya mengidentifikasi objek / fenomena; 2) perekaman data tidak terstruktur; dan 3) tidak adanya prosedur safety lab. Sedangkan permasalahan pada konstruksi pengetahuan yaitu: 1) objek / peristiwa tidak sesuai dengan pertanyaan fokus; 2) konsep teridentifikasi tanpa prinsip dan teori; 3) catatan / transformasi tidak sesuai dengan kegiatan utama; dan 4) klaim pengetahuan tidak sesuai dengan konsep, prinsip dan teori.

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

— Updated on 2020-10-05

Versions

How to Cite

Yunni Handayanie, Sri Anggraeni, & Bambang Supriatno. (2020). Analisis Lembar Kerja Siswa (LKS) Praktikum Biologi SMA pada Materi Struktur Darah. BIODIK, 6(3). https://doi.org/10.22437/bio.v6i3.9408

Most read articles by the same author(s)

1 2 3 4 > >>