Pengaruh Pendekatan STEMA Terhadap Kemampuan Berpikir Kreatif Peserta Didik Kelas VIII SMP Pada Materi Sistem Pencernaan

(The Effect of STEMA Approach on Creative Thinking Ability of 8th Grade Junior High School Students on Digestive System Material)

Authors

  • Lilis Siti Hindun Zein Universitas Muhammadiyah Sukabumi
  • Setiono Setiono Universitas Muhammadiyah Sukabumi
  • Sistiana Windyariani Universitas Muhammadiyah Sukabumi

DOI:

https://doi.org/10.22437/bio.v8i2.16990

Abstract

This study aims to determine how the creative thinking skills of students after learning by using the Science, Technology, Engineering, Mathematical, and Al-Qur'an (STEMA) approach to the Digestive System material. This type of research is pre-experimental with the research population being is Junior High School 8th grader. The sample of this research was selected using purposive sampling technique. The research design used in this study is a one group pretest-posttest design. The instrument used in this research is a description test of 5 questions, each of which has been declared valid and reliable. Based on the data prerequisite test, it is known that the pretest and posttest data are normally distributed and have the same variance (homogeneous). From the results of the analysis, it is known that the average value of the pretest and posttest in the experimental class is different, with the average value of the pretest being 30.47 while the posttest is 50.25. The results of hypothesis testing using paired t-test, namely the value of Sig. (2-tailed) is 0.000 < 0.05 then H0 is rejected and H1 is accepted. The conclusion obtained from this study is that there is an effect of the STEMA approach on the creative thinking ability of students on the Digestive System material.

Key words: creative thinking ability, STEMA approach, Digestive System material

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana kemampuan berpikir kreatif peserta didik setelah pembelajaran dengan menggunakan pendekatan Science, Technology, Engineering, Mathematic, and Al-Qur’an (STEMA) pada materi Sistem Pencernan. Jenis penelitian ini adalah pre-eksperimen dengan populasi penelitian 1 kelas VIII SMP. Sampel penelitian ini dipilih menggunakan teknik purposive sampling. Desain penelitian yang digunakan dalam penelitian ini yaitu one group pretest-posttest design. Instrumen yang digunakan pada penelitian ini adalah soal tes uraian sebanyak 5 soal yang masing-masing telah telah dinyatakan valid dan reliabel. Berdasarkan uji prasyarat data diketahui bahwa data pretest maupun posttest berdistribusi normal dan memiliki kesamaan varians (homogen). Dari hasil analisis diketahui bahwa nilai rata-rata pretest dan posttest di kelas eksperimen terdapat perbedaan, dengan nilai rata-rata pretest yaitu 30,47 sedangkan posttest 50,25. Hasil uji hipotesis menggunakan paired t-test yaitu nilai Sig. (2-tailed) adalah 0,000 < 0,05 maka H0 ditolak dan H1 diterima. Kesimpulan yang diperoleh dari penelitian ini yaitu terdapat pengaruh pendekatan STEMA terhadap kemampuan berpikir kreatif peserta didik pada materi Sistem Pencernaan.

Kata kunci: kemampuan berpikir kreatif, pendekatan STEMA, materi Sistem Pencernaan.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Amhar, F. (2018). TSQ Stories: Kisah Kisah Penelitian dan Pengembangan Sains dan Teknologi di Masa Peradaban Islam. Al-Azhar Press.

Arikunto, S. (2013). Prosedur Penelitian: Suatu Pendekatan Praktik. Rineka Cipta.

Aritonang, K. T. (2008). Minat dan Motivasi dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa. Jurnal Pendidikan Penabur, 7(10), 11–21.

Dirlanudin, D. (2006). Pengembangan Bakat Kreatifitas Anak. Jurnal TEKNODIK, 10(19), 185–186.

Guilford, J. P. (1950). Creativity. American Psychologist, 5, 444–445.

Handayani, A., & Koeswanti, H. D. (2021). Meta-Analisis Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kreatif. JURNAL BASICEDU, 5(3), 1354.

Istiqomah, A. (2019). Implementasi Strategi I-STEM (Islamic, Science, Technology, Engineering, and Mathematics) Pada Pembelajaran IPA terhadap Kemampuan Berpikir Kreatif dan Karakter Konservasi Siswa. Universitas Negeri Semarang.

McInerney, D. M. (1998). Educational Psychology: Constructing Learning. Prentice Hall.

Morrison, J. S. (2006). TIES STEM Education Monograph Series: Atributes of STEM Education. MD:TIES, 2(5).

Munandar, U. (2009). Perkembangan Kreativitas Anak Berbakat. Rineka Cipta.

Nugroho, G. A., Prayitno, B. A., & Ariyanto, J. (2017). Peningkatan Kemampuan Berpikir Kreatif Melalui Penerapan Project Based Learning Pada Materi Pencemaran dan Daur Ulang Limbah. BIOPEDAGOGI: Jurnal Pembelajaran Biologi, 6(2).

Nuraziza, R., & Suwarma, I. R. (2018). Menggali Keterampilan Creative Problem Solving yang Dimiliki Siswa SMP Melalui Pembelajaran IPA Berbasis STEM. WAPFI (Wahana Pendidikan Fisika), 03(01).

Nurmasari, N., Kusmayadi, T. A., & Riyadi. (2014). Analisis Berpikir Kreatif Siswa dalam Menyelesaikan Masalah Matematika Pada Materi Peluang Ditinjau dari Gender Siswa Kelas XI IPA SMA Negeri 1 Kota Banjarbaru Kalimantan Selatan. Jurnal Elektronik Pembelajaran Matematika, 02(04), 356–357.

Patriana, S., Matsum, J., & Ulfah, M. (2016). Analisis Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa dalam Proses Belajar Ekonomi SMA Negeri 4 Pontianak. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Khatulistiwa, 6(2), 1–17.

Peng, Y. (2019). Effects of Creativity Instruction in Science on Creative Thinking and Science Achievement In Chinese Students. University of Nevada, Las Vegas.

Pratama, R. A. (2019). Analisis Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa Melalui Pembelajaran Model PJBL dengan Pendekatan STEM dalam Menyelesaikan Masalah Matematika. UIN Sunan Ampel.

Rahayu, E., Susanto, H., & Yulianti, D. (2011). Pembelajaran Sains dengan Pendekatan Keterampilan Proses untuk Meningkatkan Hasil Belajar dan Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa. Jurnal Pendidikan Fisika Indonesia, 07(02), 106–110.

Rosiana, L. D., Sumilah, & Abidin, A. Z. (2017). Hubungan Minat dan Motivasi dengan Hasil Belajar IPA Kelas V. Joyful Learning Journal, 6(3), 176–182. https://doi.org/doi.org/10.15294/jlj.v6i3.15207

Rustaman, N. Y. (2016). Pembelajaran Sains Masa Depan Berbasis STEM Education. SEMNAS Bio-Edu 1, 1–17.

Sugiyono. (2016). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Alfabeta.

Sugiyono. (2019). Metode Penelitian Pendidikan: Kuantitatif, Kualitatif, Kombinasi, R&D dan Penelitian Pendidikan. Alfabeta.

Yoshisuke, K., & Masakazu, G. (2016). Issues Concerning Scientific Processes in Science Lessons lnvolving Outdoor and Indoor Activities : A Comparative Study of Scientific Processes in Japanese Science Classes and the Chronological Development of Scientific Processes in the US through NGSS. Bulletin of Faculty of Education, Shizuoka University. Kyoka Kyoiku Series, 47(3), 93–103. https://doi.org/doi.org/10.14945/00009541

Zakaria. (2020). Mengintegrasikan Kemampuan Berpikir Kritis dan Kreatif pada Pembelajaran Bahasa Indonesia di SD/MI. Dirasah, 03(02), 118–119.

Downloads

Published

2022-06-12

How to Cite

Zein, L. S. H., Setiono, S., & Windyariani, S. (2022). Pengaruh Pendekatan STEMA Terhadap Kemampuan Berpikir Kreatif Peserta Didik Kelas VIII SMP Pada Materi Sistem Pencernaan: (The Effect of STEMA Approach on Creative Thinking Ability of 8th Grade Junior High School Students on Digestive System Material). BIODIK, 8(2), 90-102. https://doi.org/10.22437/bio.v8i2.16990

Issue

Section

Articles

Most read articles by the same author(s)

1 2 3 > >>