Analisis Keterampilan Mengajar Guru IPA Pada Masa Pandemi Di SMP Islam Terpadu Se-Kota Palembang

(Science Teacher Teaching Skills Analysis During the Pandemic Period at Integrated Islamic Middle Schools in Palembang City)

Authors

  • Rohima Rohima Universitas Muhammadiyah Palembang
  • Sri Wardhani Universitas Muhammadiyah Palembang
  • Astrid S.W. Sumah Universitas Muhammadiyah Palembang

DOI:

https://doi.org/10.22437/bio.v7i4.14523

Abstract

This study aims to determine the teaching skills of science teachers during the pandemic at the Integrated Islamic Junior High School in Palembang City. This research was conducted at SMPIT Bina Imi and SMPIT Al Furqon Palembang. The method in this research is qualitative descriptive. The data in this study were obtained using observation sheets, questionnaires and interviews. The results of this study are (1) In the skills of opening and closing lessons the teacher often does not convey the learning steps and sometimes conclusions are also missed due to lack of time. (2) In the skill of explaining the teacher's voice sometimes falters due to signals. (3) The questions asked by the teacher are still basic questions, not follow-up questions. (4) In class management skills the teacher can control the class to be more conducive but distractions during zoom can disturb the teacher's concentration. (5) Small group guiding skills and individual teaching skills are difficult for teachers to do in online learning. (6) Obstacles that are often found in online learning include unstable provider signals, limited time in teaching, student delays in class, students who do not turn on the camera while zooming in, teaching materials that are less varied.

Abstrak. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui keterampilan mengajar guru IPA pada masa pandemi  di SMP Islam Terpadu Se- Kota Palembang. Penelitian ini dilakukan di di SMPIT Bina Imi dan di SMPIT Al Furqon Palembang. Metode dalam penelitian ini adalah deskriptip kualitatif. Data dalam penelitian ini di dapatkan dengan menggunakan lembar observasi, angket dan wawancara. Hasil penelitian ini adalah (1) Pada keterampilan membuka dan menutup pelajaran guru sering tidak menyampaikan langkah-langkah pembelajaran dan kadang-kadang kesimpulan juga terlewat karena kurangnya waktu. (2) Pada keterampilan menjelaskan suara guru terkadang terputus-putus dikarenakan sinyal. (3)Pertanyaan yang diajukan guru masih berupa pertanyaan dasar bukan pertanyaan lanjutan. (4) Pada keterampilan mengelolah kelas guru bisa mengontrol kelas menjadi lebih kondusif tetapi gangguan pada saat zoom dapat mengnggu konsentrasi guru. (5) Keterampilan membimbing kelompok kecil dan keterampilan mengajar perorangan sulit dilakukan guru pada pembelajaran daring. (6) Kendala yang sering ditemukan pada pembelajaran daring diantaranya sinyal provider yang tidak stabil, keterbatasan waktu dalam mengajar, keterlambatan siswa masuk kelas,  siswa yang tidak menyalakan kamera saat zoom berlangsung, bahan ajar yang kurang bervariasi.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Ananda Rusydi. 2018. Profesi Pendidikan dan Tenaga Kependidikan. Medan: Lembaga Peduli Pengembangan Pendidikan Indonesia (LPPPI).

Andin, Pratiwi Retno 2020. Penerapan Metode Ceramah dan Diskusi Selama Pembelajaran Online. Universitas Riau, 2(3): 6.

Anngito, Albi dan Johan Setiawan. 2018. Metode Penelitian Kualitatif.

Ayu Hana Indah Cahyani, Putu dkk. 2015. Analisis Keterampilan Bertanya Guru Dan Siswa Dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia Di Kelas X TAV 1 SMK NEGERI 3 Singaraja. Jurnal Universitas Pendidikan Ganesha, 3(1):

Arifmiboy. 2019. Microteaching. Jawa Timur: Wade Group.

Asrul. 2020. Kendala Siswa Dalam Proses Pembelajaran Daring Selama Pandemi Covid-19 Di SMPN Satap 1 Ladongi. Universitas Muhammadiyah Kendari, 3 (2): 2.

Agustina. 2020. Keterampilan Guru Memberi Penguatan Dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia Kelas X IPA Di SMA Negeri 1 Kota Bengkulu. Jurnal Ilmiah Korpus, 4(1).

Bastian. 2019. Analisis Keterampilan Dasar Mengajar Guru Dalam Melaksanakan Pembelajaran Di Sekolah Dasar. Pendidikan dan Pengajaran, 3(6): 4.

Cahyani Inne. 2021. Pengaruh Pembelajaran Jarak Jauh Dan Motivasi Belajar Peserta Didik Terhadap Hasil Belajar Seni Budaya Di Kelas IX SMP Negeri 1 Ciampea Kabupaten Bogor. Educate jurnal teknologi pendidikan, 2(1):7.

Darso. 2011. Kesiapan Belajar Siswa dan Interaksi Belajar Mengajar Terhadap Prestasi Belajar. Invotec, 7 (2): 149.

Dewi Ratika Sari, Taufani C. Kurniaitun dan Abubakar. 2018. Kemampuan Profesional Guru Dan Motivasi Kerja Terhadap Kinerja Mengajar Guru Sekolah Dasar. Jurnal Administrasi Pendidikan, 25 (1): 1.

Fitriyani, Yani dkk. Motivasi Belajar Mahasiswa Pada Pembelajaran Daring Selama Pandemik Covid-19. Jurnal Kependidikan, 6 (2):2.

Hanun Farida. 2015. Model Penyelenggaraan Pendidikan Sekolah Islam Terpadu (Studi Kasus Di SDIT Al-Biruni Makassar). Dialog, 38 (2): 4.

Hasanah Nurafifa, Mahmud Alpusari, dan Otang Kurniaman. 2017. Analisis Keterampilan Dasar Mengajar Guru Pada Proses Pembelajaran IPA Kelas V Sdn 11 Kecamatan Limapuluh Pekanbaru. Jurnal Online Mahasiswa, 4(1):10.

Helmiati. 2013. Micro Teaching. Yogyakarta: Aswaja Pressindo.

Helmi Jhon. 2015. Kompetensi Profesionalisme Guru. Al-Ishlah, 7(2): 8.

Ika Handarini, Oktafia. 2020. Pembelajaran Daring Sebagai Upaya Study From Home (SFH) Selama Pandemi Covid 19. Jurnal Pendidikan Administrasi Perkantoran (JPAP), 8 (3):7.

Jannah Widia Nur, Yuli Widiyono dan Ruganda. 2019. Analisis Ketrampilan Dasar Mengajar Mahasiswa PGSD Melalui Medote Simulasi. Prosiding Seminar Nasional Pascasarjana UNNES, 2(1): 8.

Jupriyanto dan Nuridin. 2019. Pengaruh Keterampilan Mengajar Guru Terhadap Aktivitas Belajar Siswa SD Negeri 04 Loning. Jurnal Pendidikan Dasar Indonesia, 4(1):14-18.

Khairiyah Mar’ah, Nur. 2020. Perubahan Proses Pembelajaran Daring Pada Siswa Sekolah Dasar di Tengah Pandemi Covid-19. Prosiding Seminar Nasional Pascasarjana UNNES.

Kristiana Dini dan A. Muhibbin. 2018. Keterampilan Dasar Mengajar Dalam Pembelajaran matematika Di SMP. Jurnal Managemen Pendidikan, 13 (2): 2

Marpaung Josephine Natasha dan Wiputra Cendana. 2020. Keterampilan Menjelaskan Guru Untuk Membangun Minat Keterlibatan Siswa Dalam Pembelajaran Online. Jurnal Inovasi Pendidikan, 1(7): 7.

Nurrita, Teni. 2018. Pengembangan Media Pembelajaran Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa. Misykat, 3 (1) 171.

Parwathi Putu Lidya Suky, Nyomanm Santiyadnya, dan Agus Adiarta. 2017. Keterampilan Guru Dalam Mengelola Kelas Pada Pembelajaran Prakarya Dan Kewirausahaan Di SMA Negeri 1 Singaraja. Jurnal Pendidikan Teknologi dan Kejuruan, 14(2): 2.

Putria Hilna. 2020. Analisis Proses Pembelajaran Dalam Jaringan (DARING) Masa Pandemi Covid-19 pada Guru Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 4 (4): 5.

Rojii Mohamad dkk. 2019. Desain Kurikulum Sekolah Islam Terpadu. Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 2(3): 1-12.

Rohmayanti. 2019. Pelaksanaan Pembelajaran Kelompok Kecil Dan Perorangan Pada Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Siswa Kelas X Di SMA Negeri 8 Kota Bengkulu. Jurnal Ilmiah Korpus, 3(1): 3.

Rusmayanti Arida, Arju Muti'ah dan Furoidatul Husniah. 2017. Penerapan Keterampilan Bertanya dan Memberikan Penguatan dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia di Kelas VII SMP Negeri 4 Jember. Lingua Franca, 2(2):1-7.

Safitri Eka dan Uep Tatang Sontani. 2016. Keterampilan Mengajar Guru Dan Motivasi Belajar Siswa Sebagai Determinan Terhadap Hasil Belajar. Jurnal Pendidikan Manajemen Perkantoran, 1(1): 8.

Safitri Merry, Gede Gunatama dan Ida Ayu Made Darmayanti. 2014. Keterampilan Membimbing Diskusi Kelompok Kecil Oleh Guru Bahasa Indonesia Di Kelas VII SMP Laboratorium Undiksha. Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, 2(1) :6.

Safitri. 2014. Keterampilan Membimbing Diskusi Kelompok Kecil Oleh Guru Bahasa Indonesia Di Kelas VII SMP Laboratorium Undiksha. Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, 2(1): 3.

Sani, Martina. 2013. Kegiatan Menutup Pelajaran. ABE 2(2): 6.

Savira, Alifia Annisa. 2020. Pengelolaan Kelas Secara Daring Di Masa Pandemi Pada Murid Kelompok Bermain. Insan jurnal psikologi dan kesehatan mental, 1(10):4.

Sihotang Hotmaulina dan Sahat T. Simorangkir. 2020. Pedoman Praktik Microteaching. Jakarta: UKI Press.

Sri Wahyuningsih Kompyang. 2021. Problematika Pembelajaran Daring Di Masa Pandemi Covid-19 Di SMA Dharma Praja Denpasar. Pangkaja, 24(1):4.

Subakti Hani dan Eka Selvi Handayani. 2021. Analisis Keterampilan Mengajar Guru Dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia Daring Pada Siswa Sekolah Dasar. Diglosia, 5(1): 7-9.

Suendarti Mamik dan Witri Lestari. 2020. Kemampuan Keterampilan Dasar Mengajar Guru MIPA dalam Pembelajaran Kurikulum 2013. Jurnal Ilmiah Multi Sciences, 12 (2): 5

Sugiono. 2021. Metode Penelitian Klualitatif. Bandung: Alfabeta.

Sumiah Nani, Aminuyati, F.Y. Khosmas. 2013. Analisis Keterampilan Mengajar Guru Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Pada Mata Pelajaran Ekonomi Di SMA. Jurnal pendidikan dan pembelajaran khatulistiwa, 2 (9): 12.

Sundari Fitri Siti dan Yuli Muliyawati. 2017. Analisis Keterampilan Dasar Mengajar Mahasiswa PGSD. Pedagona, 1(1): 2.

Supriatna Eka dan Muhammad Arif Wahyupurnomo. 2015. Keterampilan Guru Dalam Membuka Dan Menutup Pelajaran Pendidikan Jasmani Olahraga Dan Kesehatan Di SMAN Se-Kota Pontianak. Jurnal Pendidikan Jasmani Indonesia, 11 (1): 2

Susanti Anik dan Nugrananda Janattaka. 2020. Analisis Keterampilan Guru Dalam Mengadakan Variasi Pembelajaran Tematik Kelas 1 SDN 1 Gondang Kabupaten Tulungagung. Didika, 6(1):2.

Suyatno. 2015. Sekolah Islam Terpadu Dalam Sistem Pendidikan Nasional. Al-Qalam, 21 (1):4.

Undang-Undang Republik Indonesia nomor 14 tahun 2005 tentang guru dan dosen. (2005). Jakarta: Departemen Pendidikan Nasional.

Wahyono Poncojari dkk. 2020. Guru profesional di masa pandemi Covid-19: Review Implementasi, Tantangan, dan Solusi Pembelajaran Daring. Jurnal Pendidikan Profesi Guru, 1(1): 2.

Wardani I G. A. K. 2012. Mengembangkan Profesionalisme Pendidik Guru. Jurnal Pendidikan, 13 (1): 33

Wedyawati Nelly. 2015. Deskripsi Analisis Keterampilan Variasi Mengajar Guru IPA Di Sekolah Dasar Negeri 12 Jerora Sintang. Vox Edukasi, 6 (2): 9.

Yanti Lisa, Nurul Afifah dan Enny Afniyanti. 2016. Analisis Keterampilan Mengajar Guru IPA Di MTsThamrin Yahya Kecamatan Rambah Hilir Kabupaten Rokan Hulu Tahun Pembelajaran 2015/2016. Universitas Pasir Pengaraian, 2(1): 2-8.

Zulfikar 2020. Efektifitas Penggunaan Media Zoom Terhadap Pembelajaran Pada Masa Pandemi Covid-19. Pranata Edu. 2(1):2.

Downloads

Published

2021-12-30

How to Cite

Rohima, R., Wardhani, S., & S.W. Sumah, A. (2021). Analisis Keterampilan Mengajar Guru IPA Pada Masa Pandemi Di SMP Islam Terpadu Se-Kota Palembang: (Science Teacher Teaching Skills Analysis During the Pandemic Period at Integrated Islamic Middle Schools in Palembang City). BIODIK, 7(4), 136-144. https://doi.org/10.22437/bio.v7i4.14523

Most read articles by the same author(s)