Permasalahan Pembelajaran Biologi Di SMA N 1 Tempilang Melalui Studi Analisis

(Biology Learning Problems in SMA N 1 Tempilang Through Analytical Study)

Authors

  • Suhartati Suhartati SMA N 1 Tempilang
  • Marlina Ummas Genisa Universitas Muhammadiyah Palembang
  • Wulandari Saputri Universitas Muhammadiyah Palembang
  • Sri Wardhani Universitas Muhammadiyah Palembang
  • Meli Astriani Universitas Muhammadiyah Palembang

DOI:

https://doi.org/10.22437/biodik.v10i1.31357

Abstract

The aim of this research is to analyze the needs of students and teachers in learning through the PBL model of the Ethnobotany approach in class X biology subject Biodiversity material at SMA Negeri 1 Tempilang. from 2 biology teachers and 109 students. The results of the teacher questionnaire are 100% of teachers who have not used a scientific approach such as Etnoboani in the learning process. In the lesson process, 80% of teachers have used learning models but have not used a scientific approach. Some teachers have used hots questions but not yet. linking material with a scientific approach to hone students' high-level thinking skills. Based on the results of discussions regarding the questionnaire for analyzing the needs for teaching materials that relate to ethnobotany. The research results show that the teaching materials developed are effective in increasing students' understanding of biodiversity. The results of the concept understanding test showed a significant increase in students' average scores after using the teaching materials. Based on the research results, it can be concluded that the development of biodiversity teaching materials using an ethnobotany approach and PBL model can increase students' understanding of biodiversity through an ethnobotany approach to improve 21st century skills.

abstrak. Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis kebutuhan siswa dan guru dalam pembelajaran melalui model PBL pendekatan Etnobotani pada mata pelajaran biologi kelas X materi Keanekaragaman hayati di SMA Negeri 1 Tempilang.kegiatan ini dilaksanakan di SMA Negeri 1 Tempilang Penelitian ini menggunakan penyebaran angket, sampel penelitian ini terdiri dari 2 orang guru biologi dan 109 siswa.Hasil dari angket guru 100% guru belum menggunakan pendekatan sains seperti Etnoboani dalam proses pembelajaran, Dalam proses pelajaran 80% guru sudah menggunakan model pembelajaran tetapi belum menggunakan pendekatan sains, Sebagian guru sudah menggunakan soal hots tetapi belum mengaitkan materi dengan pendekatan sain untuk mengasah keterampilan berpikir tingkat tinggi pada siswa, Berdasarkan hasil pembahasan mengenai angket analisis kebutuhan bahan ajar yang mengaitkan dengan etnobotani. Hasil riset membuktikan kalau materi didik yang dibesarkan efisien dalam tingkatkan pemahaman siswa tentang keanekaragaman hayati. Hasil tes pemahaman konsep menunjukkan peningkatan signifikan pada angka pada umumnya anak didik sehabis memakai bahan didik. Bersumber pada hasil riset, bisa disimpulkan kalau pengembangan bahan didik keanekaragaman hayati dengan pendekatan etnobotani dan model PBL dapat meningkatkan pemahaman siswa tentang keanekaragaman hayati melalui pendekatan etnobotani untuk meningkatkan keterampilan abad 21.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Abdullah, M., Hasan, A. M., Ahmad, J., & Muhamadiyah Kabila Kab Bone Bolango Gorontalo, M. (n.d.). Uji Validitas Pengembangan Perangkat Pembelajaran Terintegrasi Model Inkuiri Terbimbing Materi Pertumbuhan Dan Perkembangan Tumbuhan Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Kognitif Peserta Didik.

Aisyah, S. (2022). Poblematika pembelajaran IPA di SD Negeri 200515 Perumnas Pijorkoling Kota Padangsidimpuan. etd.iain-padangsidimpuan.ac.id. http://etd.iain-padangsidimpuan.ac.id/7997/

Aisyah, S., & Takdir, S. (2017). Implementasi Gaya Kepemimpinan Situasional Kepala Sekolah Di Smp Negeri 1 Wamena Kabupaten Jayawijaya. In Jurnal Kepemimpinan dan Pengurusan Sekolah. core.ac.uk. https://core.ac.uk/download/pdf/230524717.pdf

Biologi, J., Sains, F., Teknologi, D., Makassar, A., Rukmana, R., Mukhtar, M., Keperawatan, J., Kedokteran, F., Kesehatan, I., Yasin, J. H., No, L., & 36 Gowa, I. (n.d.). Kajian etnobotani untuk menggali potensi tanaman obat. http://journal.uin-alauddin.ac.id/index.php/psb

Fatihaturrahmah, S., Jumroh1, A., Marzuki2, I., & Souhoka3, J. E. (n.d.). Pengaruh Metode Tutor Sebaya Terhadap Hasil Belajar Bahasa Indonesia Pada Peserta Didik Kelas XI SMA NEGERI 1 KOTA SORONG. Jurnal Frasa: Jurnal Keilmuan Bahasa, 3, 2022.

Finowaa Guru Biologi SMP Negeri, A. (2023). TUNAS: Jurnal Pendidikan Biologi Pengembangan Modul Berbasis Inkuiri Pada Materi Sistem Saraf Untuk Siswa Kelas VIII SMP Negeri 1 Lahusa. 4. https://jurnal.uniraya.ac.id/index.php/Tunas

Febrianti, A. N., & Rb, M. (2022). Persepsi Siswa Terhadap Kinerja Guru Sejarah di SMA Negeri 1 Kotagajah Lampung Tengah. ISTORIA: Jurnal Ilmiah Pendidikan Sejarah …. http://istoria.unbari.ac.id/index.php/OJSISTORIA/article/view/130

Gulo, A. (2022). Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning Dalam Meningkatkan Motivasi Dan Hasil Belajar IPA. Educativo: Jurnal Pendidikan.

Harefa(1), S. K., Zega(2), U., & Adam Smith Bago(3). (2022). Pemanfaatan Daun Bandotan (Ageratum Conyzoides L.) Sebagai Obat Tradisional Di Desa Bawoza’ua Kecamatan Telukdalam Kabupaten Nias Selatan. Jurnal Pendidikan Biologi, Vol. 3(P-ISSN: 2715-1999 E-ISSN: 2829-0909).

Hariyati, Y., Soeparjono, S., Setiyono, S., & Sugeng Winarto, P. (2020). Presepsi Masyarakat Tengger tentang Kemanfaatan Etnobotani sebagai Obat Herbal. Jurnal Ilmu Pertanian Indonesia, 25(3), 440–448. https://doi.org/10.18343/jipi.25.3.440

Insan Wijaya, O., Oktarina, dan, & Pertanian Universitas Muhammadiyah Jember Penulis korespondensi, F. (n.d.). Agritrop Jurnal Ilmu-Ilmu Pertanian Sumbangan Ilmu Etnobotani Dalam Memfasilitasi Hubungan Manusia Dengan Tumbuhan Dan Lingkungannya [ Contributions In Science Ethnobotany Facilitate Human Relations With Plants And Environment ].

Ismiati, I. (2020). Pembelajaran Biologi SMA Abad ke-21 Berbasis Potensi Lokal: Review Potensi di Kabupaten Nunukan-Kalimantan Utara. Jurnal Penelitian Dan Pengkajian Ilmu Pendidikan: E-Saintika, 4(2), 222. https://doi.org/10.36312/e-saintika.v4i2.218

Pratiwi, S.N., Cari, C., Aminah, N.S., 2019. Pembelajaran IPA Abad 21 dengan Literasi Sains Siswa 9.

Sufiyani, S. (2022). Gaya Kepemimpinan Kepala Sekolah dalam Mensinergikan Pengelolaan Pendidik dan Tenaga Kependidikan di SMA Al Minhaj Bogor. repository.ptiq.ac.id. https://repository.ptiq.ac.id/id/eprint/615/

Suryanda, A., Heryanti, E., Nur, H., Lestari, I., Aulia, A., Syaikhan, H., & Artikel, I. (n.d.). Biodik: Jurnal Ilmiah Pendidikan Biologi Learners’ Ecoliteracy Based on Structure of Observed Learning Outcomes (SOLO) Taxonomy (Ekoliterasi Peserta Didik Berdasarkan Taksonomi Structure of Observed Learning Outcomes). https://doi.org/10.22437/biodik.v9i4.21814

Tanjung, W. U., & Namora, D. (2022). Kreativitas Guru dalam Mengelola Kelas untuk Mengatasi Kejenuhan Belajar Siswa di Madrasah Aliyah Negeri. Jurnal Pendidikan Agama Islam Al-Thariqah, 7(1), 199–217. https://doi.org/10.25299/al-thariqah.2022.vol7(1).9796

Downloads

Published

2024-03-05

How to Cite

Suhartati, S., Genisa, M. U. ., Saputri, W. ., Wardhani, S. ., & Astriani, M. . (2024). Permasalahan Pembelajaran Biologi Di SMA N 1 Tempilang Melalui Studi Analisis: (Biology Learning Problems in SMA N 1 Tempilang Through Analytical Study). BIODIK, 10(1), 8-14. https://doi.org/10.22437/biodik.v10i1.31357

Issue

Section

Articles

Most read articles by the same author(s)