Analisis Kejenuhan dan Minat Belajar Siswa dalam Pembelajaran Daring pada Pelajaran Biologi di SMAN 1 Unggulan Muara Enim

(Analysis of Students' Saturation and Learning Interest in Online Learning in Biology Lessons at SMAN 1 Unggulan Muara Enim)

Authors

  • Meta Rulita Mahasiswa
  • Sri Wardhani Universitas Muhammadiyah Palembang
  • Astrid W.S. Sumah Universitas Muhammadiyah Palembang

DOI:

https://doi.org/10.22437/bio.v7i4.14490

Abstract

This research was motivated by several statements by students who felt boredom in learning and reduced interest in learning in online learning. The purpose of this study was to analyze and determine the factors that cause student boredom and interest in online learning in biology lessons at SMAN 1 Unggulan Muara Enim. The research method used is descriptive qualitative. The subjects of this study were students of class XI MIPA and biology teachers. Data were collected by direct observation, open questionnaires to students via google form, direct biology teacher interviews and student interviews via google form. Data analysis was carried out using the Miles & Huberman interactive analysis technique. The results showed that the learning saturation factor showed thad students experienced boredom in the learning process because the learning method provided by the teacher was not interesting. Meanwhile, the results of the study showed that students' interest in learning factors showed that all students did the assignments given by the teacher. This shows that the condition of learning boredom felt by students does not reduce students' interest in learning in participating in online learning at SMAN 1 Unggulan Muara Enim.

Abstrak. Penelitian ini dilatar belakangi oleh beberapa pernyataan siswa yang merasakan kejenuhan belajar dan minat belajar berkurang dalam pembelajaran daring. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisis dan mengetahui faktor yang menyebabkan kejenuhan dan minat belajar siswa dalam pembelajaran daring pada pelajaran biologi di SMAN 1 Unggulan Muara Enim. Metode penelitian yang digunakan adalah deskriptif kualitatif. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas XI MIPA dan guru biologi. Data dikumpulkan dengan observasi melalui secara langsung, kuesioner terbuka kepada siswa melalui google form, wawancara guru biologi secara langsung dan wawancara siswa melalui google form. Analisis data dilakukan menggunakan teknik analisis interaktif Miles & Huberman. Hasil penelitian menunjukkan bahwa faktor kejenuhan belajar siswa menunjukkan jika siswa mengalami kejenuhan dalam proses pembelajaran dikarenakan metode pembelajaran yang diberikan oleh guru tidak menarik. Sedangkan pada hasil penelitian faktor minat belajar siswa menunjukkan jika seluruh siswa mengerjakan tugas yang diberikan oleh guru. Hal ini menunjukkan jika kondisi kejenuhan belajar yang dirasakan oleh siswa tidak menurunkan minat belajar siswa dalam mengikuti pembelajaran daring di SMAN 1 Unggulan Muara Enim.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Anugrahana, A. (2020). Hambatan, Solusi dan Harapan: Pembelajaran Daring Selama Masa Pandemi Covid-19 Oleh Guru Sekolah Dasar. Scholaria: Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan, 10(3), 282–289. https://doi.org/10.24246/j.js.2020.v10.i3.p282-289

Apriyanto, M. T., & Herlina, L. (2020). Analisis Prestasi Belajar Matematika pada Masa Pandemi Ditinjau dari Minat Belajar Siswa. Seminar Nasional Dan Diskusi Panel Pendidikan Matematika, 135–144.

http://proceeding.unindra.ac.id/index.php/DPNPMunindra/article/view/4774

Arifa. F. N. (2020). Tantangan Pelaksanaan Kebijakan Belajar Dari Rumah Dalam Masa Darurat Covid-19. Info Singkat;Kajian Singkat Terhadap Isu Aktual Dan Strategis, 7(6).

http://berkas.dpr.go.id/puslit/files/info_singkat/InfoSingkat-XII-7-I-P3DIApril2020-1953.pdf

Berutu, M. H. A., & Tambunan, M. I. H. (2018). Pengaruh Minat Dan Kebiasaan Belajar Terhadap Hasil Belajar Biologi Siswa Sma Se-Kota Stabat. Jurnal Biolokus, 1(2), 109. https://doi.org/10.30821/biolokus.v1i2.351

Damayanti, A., Suradika, A., & Asmas, B. (2020). Strategi Mengurangi Kejenuhan Anak Dalam Pembelajaran Jarak Jauh ( PJJ ) melalui Aplikasi ICANDO pada Siswa Kelas I SDN Pondok Pinang 08 Pagi. Seminar Nasional Penelitian LPPM UMJ, 1–10.

http://jurnal.umj.ac.id/index.php/semnaslit

Dewi, R. P., Yosef, & Harlina. (2017). Hubungan Antara Academic Self-Confidence Dengan Kejenuhan (Burnout) Belajar Siswa SMK Negeri 1 Indralaya Utara. Konseling Komprehensif, 4(2), 14–27.

Fauziah, N. (2013). Faktor Penyebab Kejenuhan Belajar Sejarah Kebudayaan Islam (SKI) pada Siswa Kelas XI Jurusan Keagamaan di MAN Tempel Sleman. 10(1), 99–108.

Handayani, L. (2020). Keuntungan, Kendala dan Solusi Pembelajaran Online Selama Pandemi Covid-19. Studi Ekploratif, 1(2), 15–23. https://doi.org/https://doi.org/10.7777/jiemar.v1i2

Isfahani, F. R. Al, Sutijono, S., & Farid, D. A. M. (2021). Traditional play therapy “Bancakan†efektif dalam mengurangi kejenuhan pembelajaran daring siswa SMA saat pandemi Covid-19. Teraputik: Jurnal Bimbingan Dan Konseling, 5(1), 77–86.

https://doi.org/10.26539/teraputik.51604

Kurnia, D. (2021). Dinamika Gejala Kejenuhan Belajar Siswa pada Proses Belajar Online Faktor Faktor yang Melatarbelakangi dan Implikasinya pada Layanan Bimbingan Keluarga (Penelitian Terhahap Siswa Kelas VIII MTS Negeri 3 Bandung Tahun Pelajaran 2020/2021). TEACHING : Jurnal Inovasi Keguruan Dan Ilmu Pendidikan, 1(1), 50–56.

Maghfiran, R. T, & Hariastuti, R. T. (2020). Hubungan Antara Penyesuaian Diri Pembelajaran Daring dengan Burnout pada Siswa SMA di Kabupaten Tulungagung Masa Pandemi Covid-19. Universitas Negeri Surabaya.

Malyana, A. (2020). Pelaksanaan Pembelajaran Daring dan Luring dengan Metode Bimbingan Berkelanjutan ada Guru Sekolah Dasar di Teluk Betung Utara Bandar Lampung. 2(1), 67–76.

Mustakim. (2020). Efektivitas Pembelajaran Daring Menggunakan Media Online Selama Pandemi Covid-19 Pada Mata Pelajaran Matematika. Al Asma : Journal of Islamic Education, 2 (1), 1–12. https://doi.org/10.24252/asma.v2i1.13646

Purwanto, A., Pramono, R., dan Asbari, M. (2020). Studi Eksploratif Dampak Pandemi COVID-19 Terhadap Proses Pembelajaran Online di Sekolah Dasar. 2 (1), 1–12.

Ricardo & Meilani, R. I. (2017). Impak Minat dan Motivasi Belajar Terhadap Hasil Belajar Siswa. Jurnal Pendidikan Manajemen Perkantoran, 2 (2), 79. https://doi.org/10.17509/jpm.v2i2.8108

Rudiansyah, Amirullah, dan Yunus, M. (2016). Upaya Guru Dalam Mengatasi Kecemasan Siswa Dalam Menghadapi Tes (Pencapaian Hasil Belajar) Siswa Di Smp Negeri 3 Banda Aceh. 1(1), 96–109.

Safitri, R., Purnamasari, V., & Wakhyudin, H. (2020). Dampak Game Online PUBG Terhadap Perilaku Prokrastinasi Siswa. Ejournal.Undiksha.Ac.Id, 4 (1), 30–38.

https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/IJNSE/article/view/29079

Sasmita, R. S. (2020). Pemanfaatan Internet Sebagai Sumber Belajar. Jurnal Pendidikan Dan Konseling, 2 (2), 99–103.

Sirait, E. D. (2016). Pengaruh Minat Belajar Terhadap Prestasi Belajar Matematika. Formatif: Jurnal Ilmiah Pendidikan MIPA, 6 (1), 35–43. https://doi.org/10.30998/formatif.v6i1.750

Suwarto, & Fajri, H. (2018). Persepsi Orang Tua Terhadap Proses Bimbingan Belajar Anak Di Rumah. SAP (Susunan Artikel Pendidikan), 3(1). https://doi.org/10.30998/sap.v3i1.2735

Tanjung, R., Ritonga, T., & Siregar, E. Y. (2021). Analisis Minat Belajar Siswa Dalam Pembelajaran Daring Pada Masa Pandemi Covid-19 Di Desa Ujung Batu Barus. MathEdu (Mathematic Education Journal), 4 (1), 88–96. http://journal.ipts.ac.id/index.php/MathEdu

Tondang, Y.S dan Arwita, W. (2020). Pemanfaatan Internet Sebagai Sumber Pembelajaran Biologi. Jurnal Pelita Pendidikan, 8 (2), 151–159.

Widiantika, I., & Munandar, D. R. (2021). Analisis Minat Belajar Daring Matematika. 4(2), 425–434. https://doi.org/10.22460/jpmi.v4i2.425-434

Wulandari, I., Fatimah, S., & Suherman, M. M. (2021). Gambaran Faktor Penyebab Prokrastinasi Akademik Siswa SMA Kelas pada Masa Pandemi Covid-19. Fokus, 4(3), 200–212.

Downloads

Published

2021-12-20

How to Cite

Rulita, M. ., Wardhani, S., & W.S. Sumah, A. (2021). Analisis Kejenuhan dan Minat Belajar Siswa dalam Pembelajaran Daring pada Pelajaran Biologi di SMAN 1 Unggulan Muara Enim : (Analysis of Students’ Saturation and Learning Interest in Online Learning in Biology Lessons at SMAN 1 Unggulan Muara Enim) . BIODIK, 7(4), 95-106. https://doi.org/10.22437/bio.v7i4.14490

Most read articles by the same author(s)