Analisis Lembar Kerja Peserta Didik Materi Pencemaran Lingkungan Berbasi ANCOR

(Student Worksheet Analysis of Environmental Pollution Materials Using ANCOR Method)

Authors

  • Zakiah Nurfadilah Universitas Pendidikan Indonesia
  • Bambang Supriatno Universitas Pendidikan Indonesia
  • Sri Anggraeni Universitas Pendidikan Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.22437/bio.v7i3.13038

Abstract

The practicum method is a method that can be used for student learning. By using practicum, students will need a guide in the form of a worksheet in order to carry out practical activities in accordance with the guidelines. This objective is aimed at (1) obtaining an overview of the suitability of the practicum following the steps of LKPD, (2) knowing how practicum can be carried out in accordance with LKPD and curriculum, (3) knowing the existence of an overview related to practicum objectives, principles and concepts in LKPD, (4) to find out whether the steps in LKPD can provide direction to students. The method used in this research is descriptive qualitative method with ANCOR stages, namely (1) Analysis, (2) Testing, (3) Reconstruction. To carry out the analysis, the analysis is carried out through aspects of relevance, aspects of competence, aspects of knowledge construction, practical analysis and reconstruction. The research object uses 5 LKPD regarding environmental pollution. The results showed that there was still a lot of confusion among students because the research steps were not clear. This study concludes that there is a need for improvements to the Environmental Pollution LKPD material in order to produce a better Environmental Pollution LKPD.

Abstrak. Metode praktikum dalah metode yang dapat digunakan untuk pembelajaran siswa. Dengan menggunakan praktikum, maka siswa akan memerlukan panduan berupa lembar kerja agar dapat melakukan kegiatan praktikum yang sesuai dengan panduan. Tujuan ini bertujuan untuk (1) memperoleh gambaran pada kesesuaian praktikum yang mengikuti langkah LKPD, (2) mengetahi bagaimana praktikum dapat dilakukan sesuai denganKPD dan kurikulum, (3) mengetahui adanya gambaran terkait tujuan praktikum, prinsip dan konsep dalam LKPD, (4) untuk mengetahui apakah langkah yang ada pada LKPD dapat memberikan arahan terhadap siswa. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kualitatif deskriptif dengan tahapan ANCOR, yaitu (1) Analisis, (2) Uji Coba, (3) Rekonstruksi. Untuk melakukan analisis, analisis dilakukan melalui aspek relevansi, aspek kompetensi, aspek konstruksi pengetahuan, analisis praktikal dan rekonstruksi. Objek penelitian menggunakan 5 LKPD mengenai pencemaran lingkungan. Hasil penelitian menunjukan masih banyak kebingungan diantara siswa karena langkah penelitian yang tidak jelas. Penelitian ini menyimpulkan perlu adanya perbaikan pada LKPD materi Pencemaran Lingkungan agar dapat menghasilkan LKPD Pencemaran Lingkungan yang lebih baik.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Ariani, D., Meutiawati, I., & Lkpd, K. K. (2020). Jurnal Phi Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) berbasis discovery learning pada materi. 1(3), 13–19.

Arnop, O., Budiyanto, B., & Saefuddin, R. (2019). Kajian Evaluasi Mutu Sungai Nelas Dengan Metode Storet Dan Indeks Pencemaran. Naturalis: Jurnal Penelitian Pengelolaan Sumber Daya Alam Dan Lingkungan, 8(1), 15–24. https://doi.org/10.31186/naturalis.8.1.9158

Hasibuan, R. (2016). Analisis Dampak Limbah/Sampah Rumah Tangga Terhadap Pencemaran Lingkungan Hidup. Ilmiah, 04(01), 42–52.

Ii, B. A. B., Teori, A. K., Kerja, L., & Didik, P. (2012). Pengembangan Lembar Kerja..., Agus Kurniawan, FKIP UMP, 2015. 9–28.

Iman Ridwan, Sri Anggraeni, & Bambang Supriyatno. (2020). Analisis Lembar Kerja Peserta Didik Sekolah Menengah Atas Pada Praktikum Uji Urin. Biodik, 6(3), 321–331. https://doi.org/10.22437/bio.v6i3.9462

Lampung, U. (2013). Pentingnya LKPD pada Pendekatan Scientific Pembelajaran Matematika. 217–225.

Landrigan, P. J., & Fuller, R. (2015). Global health and environmental pollution. International Journal of Public Health, 60(7), 761–762. https://doi.org/10.1007/s00038-015-0706-7

Mata Pelajaran, P., Bahan, P., & Bagi, M. (2016). Pengembangan Lembar Kerja Siswa (Lks) Sebagai Bahan Ajar Siswa Kelas X Jasa Boga Smk Muhammadiyah 1 Moyudan Proposal Skripsi.

Nadia, N., Supriatno, B., & Anggraeni, S. (2020). Analisis dan Rekonstruksi Komponen Penyusun Lembar Kerja Peserta Didik Struktur dan Fungsi Jaringan Tumbuhan. Biodik, 6(2), 82–94. https://doi.org/10.22437/bio.v6i2.9439

Permadi, I. M. A., & Murni, R. . R. (2013). Dampak pencemaran lingkungan akibat limbah dan upaya penanggulangannya di kota denpasar. Kertha Negara, 1, 3–7.

Pratama, G., Kurniawan, I. D., & Ilhamdy, A. F. (2020). Pengendalian Pencemaran Limbah Domestik sebagai Upaya Rehabilitasi Pesisir di Desa Malangrapat, Kabupaten Bintan. PRIMA: Journal of Community Empowering and Services, 4(1), 45. https://doi.org/10.20961/prima.v4i1.41228

Ramadhayanti, Anggraeni, S., & Supriatno, B. (2020). Analisis dan Rekonstruksi Lembar Kerja Peserta Didik Indra Pengecap Berbasis Diagram Vee. Biodik, 6(2), 95–108. https://doi.org/10.22437/bio.v6i2.9441

Studi, P., Biologi, P., Pascasarjana, P., & Makassar, U. N. (n.d.). Karakteristik Lembar Kerja Peserta Didik ( LKPD ) pada SMA Biologi di Kota Makassar Characteristics of Student Worksheets (LKPD) at Biology High School in Makassar City. 292–295.

Downloads

Published

2021-09-29

How to Cite

Nurfadilah, Z., Supriatno, B. ., & Anggraeni, S. (2021). Analisis Lembar Kerja Peserta Didik Materi Pencemaran Lingkungan Berbasi ANCOR: (Student Worksheet Analysis of Environmental Pollution Materials Using ANCOR Method). BIODIK, 7(3), 144-155. https://doi.org/10.22437/bio.v7i3.13038

Most read articles by the same author(s)