This is an outdated version published on 2021-03-16. Read the most recent version.

Pengembangan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran Model Problem Based Learning Daring untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Materi Perubahan Lingkungan

(Development of Online Problem Based Learning Implementation Plans to Increase Student Motivation on Environmental Change Materials)

Authors

  • Roni Roni Handika Putra Universitas Jambi
  • Asrial Universitas Jambi
  • Jefri Marzal Universitas Jambi

DOI:

https://doi.org/10.22437/bio.v7i01.11775

Abstract

The design of RPP model PBL online in biology learning is very necessary, the reason is because in biology there is a lot of material that requires the design of online PBL model lesson plans to facilitate the delivery of material by teachers to students. The application of the RPP model PBL online can be used by the teacher as a guide in learning. The reason is because of the lack of teacher guidelines in designing RPP model PBL online lesson plans. Efforts that can be made to overcome this problem are by designing the optimal RPP model PBL online. The purpose of this research is to produce a product, determine the development process and feasibility and to determine the increase in student motivation after online learning. This research is a development research. The research design follows the ADDIE development model which consists of 5 stages, namely analysis, design, development, implementation and evaluation. Products RPP model PBL online before being tested are first validated by expert lecturers using a 3-stage validation questionnaire with the final percentage acquisition of 88.75% with a very valid category, can be used without revision. After that the product of the RPP model PBL online was given to 2 biology subject teachers to see perceptions, using the teacher's perception questionnaire, the results obtained were 84.37% with a very good category, thus the RPP model PBL online was said to be feasible to be applied in learning. Furthermore, online learning is carried out in large groups of class kelas MIPA 1 students consisting of 20 students. After the trial was carried out, students were given a motivation questionnaire and obtained results with a percentage of 81.87% in the very good category. From the test results obtained, it can be concluded that the development of RPP model PBL online lesson plans can increase student learning motivation.

Abstrak. Rancangan RPP model PBL daring dalam pembelajaran biologi sangat diperlukan, alasannya karena pada mata pelajaran biologi banyak sekali materi yang memerlukan rancangan RPP model PBL daring untuk mempermudah dalam penyampaian materi oleh guru kepada siswa. Penerapan RPP model PBL daring dapat digunakan guru sebagai pedoman dalam pembelajaran. Alasannya, karena minimnya pedoman guru dalam merancang RPP model PBL daring. Upaya yang dapat dilakukan untuk mengatasi hal teersebut adalah dengan merancang RPP model PBL daring secara maksimal. Tujuan penelitian ini adalah untuk menghasilkan produk, mengetahui proses pengembangan dan kelayakan serta untuk mengetahui peningkatan motivasi siswa setelah pembelajaran daring. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan. Desain peneltian mengikuti model pengembangan ADDIE yang terdiri dari 5 tahap yaitu analisis, desain, pengembangan, implementasi dan evaluasi. Produk RPP model PBL daring sebelum diujicobakan terlebih dahulu divalidasi oleh dosen ahli menggunakan angket validasi sebanayak 3 tahap dengan perolehan persentse akhir  88,75% dengan kategori sangat valid, dapat digunakan tanpa revisi. Setelah itu produk RPP model PBL daring diberikan kepada 2 guru mata pelajaran biologi untuk melihat persepsi, menggunakan angket persepsi guru, diperoleh hasil dengan persentase 84,37% dengan kategori sangat baik, dengan demikian RPP model PBL daring dikatakan layak diterapkan dalam pembelajaran. Selanjutnya pembelajaran daring dilaksanakan pada kelompok besar siswa kelas Χ MIPA 1 yang terdiri dari 20 orang siswa. Setelah uji coba dilaksanakan siswa diberikan angket motivasi dan memperoleh hasil dengan persentase 81,87% dengan kategori sangat baik. Dari hasil uji coba yang diperoleh dapat disimpulkan bahwa pengembangan RPP model PBL daring dapat meningkatkan motivasi belajar siswa.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Branch, R. M. (2009). Instructional Design-The ADDIE Approach. New York: Springer.

Cahyono, A.E.Y. (2017). Pengembangan Perangkat Pembelajaran Problem-Based Learning Berorientasi pada Kemampuan Berpikir Kreatif dan Inisiatif Siswa. Journal Pythagoras UNY, 12(1), 1-11.

Fanny, A. M., Satianingsih, R., Rusminati, S. H., Fanani, A., & Prastyo, D. (2021). Peningkatan Kompetensi Guru Sekolah Dasar Dalam Pengembangan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) Daring di SDN Margorejo I Kota Surabaya Provinsi Jawa Timur. Manggali, 1(1), 66-77.

Farhan, M. (2014). Keefektifan PBL Dan IBL Prestasi Belajar ditinjau dari, Kemampuan Representasi Matematis dan Motivasi Belajar Siswa. Jurnal Riset Pendidikan Matematika, 1(2), 231.

Gunawan, G. (2020). PENINGKATAN KEMAMPUAN GURU DALAM PENGEMBANGAN SILABUS DAN RPP MODA DARING MASA PANDEMI COVID 19 MELALUI POLA PEMBINAAN PROFESIONAL DI SEKOLAH BINAAN TAHUN PELAJARAN 2020/2021:(Increasing Teachers’ Competence in Designing Syllabus and Lesson Plan During Covid-19 Pandemic). Uniqbu Journal of Social Sciences, 1(3), 47-60.

Husaini, M. (2020). Peningkatan Kemampuan Guru Dalam Pengembangan Silabus dan RPP Daring Melalui Pola Pembinaan Profesional Dengan Pendekatan Kooperatif Di SD Negeri 1 Kumai Hulu Semester 2 Tahun Pelajaran 2019/2020. Anterior Jurnal, 20(1), 10-22.

Palennari, M .(2016). Problem Based Learning (PBL) Memberdayakan Keterampilan Berpikir Kritis Pebelajar Pada Pembelajaran Biologi. Prosiding Seminar Nasional Biologi dan Pembelajarannya, 22(1), 200-210.

Riduwan. (2013). Variabel-Variabel Penelitian Edisi 1. Bandung: Alfabeta.

Rizki, K. H. (2021). ANALISIS SWOT RENCANA PEMBELAJARAN LURING DAN DARING PADA PEMBELAJARAN TEMATIK KELAS 3 DI SEKOLAH DASAR NEGERI TLOGOMAS 2 (Doctoral dissertation, Universitas Muhammadiyah Malang).

Sumadi., Anggereini, A., dan Yelienti, U. (2017). Pengembangan Ensiklopedia Digital Hewan Vertebrata Berbasis Android Studio 2.2 untuk Kelas X SMA. Jurnal Pendidikan Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Jember (Edu-Sains), 6(2), 1-10.

Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Anggota Ikatan Penerbit Indonesia (IKAPI).

Suwartono. (2014). Dasar Metodologi Penelitian. Yogyakarta: Andi Offset.

Widoyoko, E.P. (2018). Teknik Penyusunan Instrumen Penelitian Edisi 1. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Yustianingsih, R., Syarifuddin, H., dan Yerizon. (2017). Pengembangan Perangkat Pembelajaran Matematika Berbasis Problem Based Learning (PBL) untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Peserta Didik Kelas VIII. Jurnal Nasional Pendidikan Matematika, 1(2), 258-274.

Downloads

Published

2021-03-16

Versions

How to Cite

Roni Handika Putra, R., Asrial, & Jefri Marzal. (2021). Pengembangan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran Model Problem Based Learning Daring untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Materi Perubahan Lingkungan: (Development of Online Problem Based Learning Implementation Plans to Increase Student Motivation on Environmental Change Materials). BIODIK, 7(01), 84-94. https://doi.org/10.22437/bio.v7i01.11775

Issue

Section

Articles