Program Peningkatan Produksi Dan Kualitas Packaging Madu Desa Jujun Dalam Memulai Kegiatan Pemasaran

Authors

  • Bambang Irawan Program Studi Kehutanan, Fakultas Pertanian, Universitas Jambi
  • Fazriyas Program Studi Kehutanan, Fakultas Pertanian, Universitas Jambi
  • Rike Puspitasari Tamin Program Studi Kehutanan, Fakultas Pertanian, Universitas Jambi
  • Riana Anggraini Program Studi Kehutanan, Fakultas Pertanian, Universitas Jambi
  • Maria Ulfa Program Studi Kehutanan, Fakultas Pertanian, Universitas Jambi

DOI:

https://doi.org/10.22437/jkam.v7i1.21740

Keywords:

Bina Desa, Desa Jujun, Lebah Madu

Abstract

Madu merupakan salah satu hasil hutan bukan kayu yang menjadi primadona dan banyak dikonsumsi masyarakat. Bagi masyarakat yang hidup di sekitar hutan, madu bisa didapatkan dari alam maupun budidaya. Desa Jujun sebagai salah satu desa binaan Fakultas Pertanian Universitas Jambi telah mendapatkan bantuan budidaya lebah madu melalui Program Wira Desa Jurusan Kehutanan pada Tahun 2021. Sebagai usaha yang cenderung baru maka diperlukan kegiatan lanjutan sebagai bentuk penguatan dan pendampingan agar usaha tersebut benar-benar menjadi sumber ekonomi alternatif. Beberapa permasalahan yang muncul dalam perjalanan usaha budidaya lebah madu ini telah diinventarisir dan melalui kegiatan Bina Desa ini diwujudkan dalam 3 (Tiga) kegiatan utama yaitu evaluasi dan penguatan posisi stup lebah madu berdasarkan ketersediaan pakan alami untuk menjamin kontinuitas produksi, peningkatan kapasitas anggota kelompok dalam proses produksi dan pemanenan madu, serta penguatan kegiatan pengemasan (packaging) agar produk yang ada bisa diluncurkan ke pasaran. Kegiatan berlangsung selama 6 (Enam) bulan sejak Bulan Maret-Agustus 2022 di Desa Jujun, Kecamatan Keliling Danau, Kabupaten Kerinci. Kegiatan secara umum akan terbagi menjadi tiga tahapan yaitu tahap sosialisasi, tahap demonstrasi dan tahap pendampingan. Hasil dari kegiatan PPM Penugasan Jurusan ini antara lain: terjadi peningkatan pemahaman mitra didalam peningkatan produksi madu, keamanan dalam pemanenan madu, kualitas madu yang dihasilkan dan peningkatan packaging madu. Dengan adaya beberapa peningkatan ini diharapkan usaha budiaya madu dapat terus berjalan dan menjadi sumber penghidupan bagi masyarakat Desa Jujun khususnya pengelola budidaya lebah madu.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Andika S. 2021. Analisis Pendapatan Petani Hasil Hutan Bukan Kayu (HHBK) Mitra KPHP Limau Unit VII Hulu Kabupaten Sarolangun. (Skripsi). Universitas Jambi : Jambi.

Badan Pusat Statistik. 2020. Kecamatan Keliling Danau Dalam Angka. Badan Pusat Statistik.

Rahmayanti S.A., Yusuf, M., Husni, S. 2018. Kontribusi usaha budidaya lebah madu (Trigona sp.) terhadap pendapatan rumah tangga petani di Kecamatan Bayan Kabupaten Lombok Utara. Agroteksos 28(2): 73-80.

Sembiring H., S. 2021. Analisis kelayakan finansial bisnis Hasil Hutan Bukan Kayu (HHBK) KPHP Unit 1 Kerinci. (Skripsi). Program Studi Kehutanan, Fakultas Pertanian, Universitas Jambi: Jambi

Tamin, R. P., Fazriyas, Hamzah, Albayudi, Anggraini, R. 2020. PPM Budidaya Lebah Madu Pada Wilayah KPHP Unit XIII Kabupaten Muaro Jambi. Jurnal Karya Abdi 4(1): 152-161.

Downloads

Published

2023-06-20

How to Cite

Irawan, B. ., Fazriyas, F., Tamin, R. P., Anggraini, R., & Ulfa, M. (2023). Program Peningkatan Produksi Dan Kualitas Packaging Madu Desa Jujun Dalam Memulai Kegiatan Pemasaran. Jurnal Karya Abdi Masyarakat, 7(1), 9-16. https://doi.org/10.22437/jkam.v7i1.21740

Issue

Section

Articles

Most read articles by the same author(s)