PERBANDINGAN HASIL BELAJAR KOGNITIF SISWA MENGGUNAKAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS ADOBE FLASH DAN BUATAN PUSTEKKOM PADA MATERI SUHU DAN KALOR DI SMA
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk membandingkan hasil belajar kognitif siswa menggunakan media pembelajaran berbasis Adobe Flash dan buatan PUSTEKKKOM dan mengkaji penyebab ada atau tidaknya perbedaan dari hasil belajar kognitif siswa. Penelitian ini merupakan penelitian mix method. Metode penelitian yang digunakan adalah Explanatory Sequential Design dengan design kuantitatif menggunakan Nonequivalent control group Design. Sedangkan kualitatif menggunakan studi kasus.Instrumen penelitian terdiri dari tes, observasi, dokumentasi dan wawancara. Populasi penelitian ini adalah seluruh kelas XI di SMA N 1 Merlung. Teknik sampling yang digunakan adalah sampel total. Teknik analisis data kuantitatif adalah uji normalitas dan uji homogenitas kemudian dilanjutkan dengan uji hipotesis atau uji t. Sedangkan teknik analisis data kualitatif adalah coding. Hasil uji hipotesis menggunakan uji t (Independent sample t-test) didapat t hitung sebesar 0.794. t hitung yang didapat 0.794 ≤ 2.001 maka Ho diterima. Maka dapat diinterpretasikan tidak ada perbedaan hasil belajar kognitif siswa menggunakan media pembelajaran berbasis Adobe Flash dan buatan PUSTEKKOM pada materi suhu dan kalor di SMA. Penyebab tidak adanya perbedaan hasil belajar kognitif siswa dapat dilihat pada proses belajar mengajar, keaktifan siswa dan penggunaan media di kelas eksperimen 1 dan kelas eksperimen 2 terlihat sama. Siswa bersemangat memperhatikan penjelasan guru, mencatat materi pelajaran dan saling berdiskusi mengenai materi pelajaran.
Downloads
Downloads
Published
Versions
- 2018-12-15 (1)
- 2018-12-15 (1)