KONSTRUKSI INSTRUMEN UNTUK MENGAKSES PERSEPSI MAHASISWA TERHADAP KURIKULUM PENDIDIKAN FISIKA : EKSPLORATORI FAKTOR ANALISIS

Authors

  • Maison Maison Program Studi Pendidikan Fisika FKIP Universitas Jambi

Abstract

Makalah ini mendeskripsikan konstruksi instrumen, Kuesioner Persepsi Kurikulum Pendidikan Fisika (KPKPF), yang dapat digunakan untuk mengakses persepsi mahasiswa terhadap kurikulum Pendidikan Fisika.Studi ini didesain dalam dua fase untuk mengembangkan faktor-faktor awal dari instrumen dan melakukan analisis berupa eksploratori faktor analisis (EFA) untuk mengungkapkan inter-korelasi antar item, memperhalus dan mereduksi item atau indikator sehingga menghasilkan faktor-faktor yang koheren dalam empat kategori (AO, IP, AT, dan AL) berdasarkan pengujian terhadap 184 responden (mahasiswa) pendidikan fisika. Studi ini mempunyai nilai manfaat yang tinggi, karena menghasilkan alat yang dapat digunakan untuk mengumpulkan data yang dapat dimanfaatkan untuk membantu dosen-dosen fisika memperbaiki sistem perkuliahannya, mengevaluasi kurikulum pendidikan fisika dan bagi peneliti merupakan bahan untuk riset lanjutan yang akan diolah dengan Konfirmatori (Confirmatory) Faktor Analisis (CFA) sehingga dihasilkan instrumen yang teruji dan terpercaya yang telah melewati semua tahapan dalam pengembangan dan validasi instrumen.

 

Kata kunci: mahasiswa, kurikulum pendidikan fisika, persepsi, eksploratori faktor analisis

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2016-06-15 — Updated on 2016-06-15

Versions

How to Cite

Maison, M. (2016). KONSTRUKSI INSTRUMEN UNTUK MENGAKSES PERSEPSI MAHASISWA TERHADAP KURIKULUM PENDIDIKAN FISIKA : EKSPLORATORI FAKTOR ANALISIS. EduFisika: Jurnal Pendidikan Fisika, 1(1). Retrieved from https://online-journal.unja.ac.id/EDP/article/view/2956

Most read articles by the same author(s)