MENINGKATKAN KEPUTUSAN PEMBELIAN SMARTPHONE DILIHAT DARI VARIABEL EKUITAS MEREK DAN CELEBRITY ENDORSE DI KABUPATEN SUMBAWA
DOI:
https://doi.org/10.22437/titian.v7i1.25075Kata Kunci:
Keputusan Pembelian, Celebrity Endorsers,Ekuitas MerekAbstrak
Tujuan penelitian ini untuk menganalisis keputusan pembelian smartphone oleh masyarakat Sumbawa yang dipengaruhi oleh celebrity endorsers serta ekuitas merek. Populasinya yaitu seluruh masyarakat Sumbawa yang di hitung dengan menggunakan rumus paul leddy menjadi 100 responden yang akan dijadikan sample dengan teknik pengambilan sampel menggunakan purposive Sampling. Sumber data menggunakan kuesioner yang disebarkan melalui google form. Partial Least Square digunakan sebagai teknik analisis data memakai software SmartPLS. Hasilnya berupa adanya pengaruh cebrity endorser terhadap keputusan pembelian Smartphone, ekuitas merek yang terdiri dari Kesadaran merek mempengaruhi keputusan pembelian Smartphone, Asosiasi Merek memiliki pengaruh terhadap keputusan pembelian Smartphone, sedangkan untuk Persepsi Kualitas dan loyalitas merek tidak mempengaruhi masyarakat Sumbawa dalam membuat keputusan pembelian Smartphone.
Unduhan
Referensi
Aakers, David. (2014). Aaker On Branding. Perpustakaan Skolastik. Jakarta.
Anas, A., & Sudarwanto, T. (2020). Pengaruh Celebrity Endorser Terhadap Keputusan Pembelian Di Eiger Store Royal Plaza Surabaya. Jurnal Pendidikan Tata Niaga (JPTN), 8(3), 953-958. https://doi.org/10.26740/jptn.v8n3.p953-958
Alfionita, Cindy M., et al. (2016). Pengaruh Ekuitas Merek Terhadap Keputusan Pembelian (Survei Pada Pembeli Oppo Smartphone Di Counter Handphone Matos). Jurnal Administrasi Bisnis, 36(1), 178-185.
Fauzani M, M., & Fadillah, A. (2019). Pengaruh Pengetahuan Merek, Asosiasi Merek, Dan Reputasi Merek, Terhadap Keputusan Pembelian (Studi Kasus Pada Sepatu Vans di Kota bogor). Jurnal Ilmiah Manajemen Kesatuan, 7(2), 223 - 231. https://doi.org/10.37641/jimkes.v7i2.224
FoEh, J. E., & Hendy, S. (2018). Pengaruh Kesadaran Merek, Asosiasi Merek, Persepsi Kualitas Dan Loyalitas Merek Terhadap Keputusan Pembelian Susu Ultra Pada Remaja Di Wilayah Jatiasih Kota Bekasi. Jurnal Ilmiah Manajemen, 8(1), 1-8.
Ghozali, Imam & Latan, Hengky. (2015). Konsep, Teknik, Penggunaan Aplikasi. Smart PLS 3.0 untuk Penelitian Empiris. BPUndip. Semarang.
Inayati, L. S., & Wahyuni, D. U. (2017). Pengaruh kesadaran merek, persepsi kualitas, asosiasi merek, dan periklanan terhadap keputusan pembelian. Jurnal Ilmu Dan Riset Manajemen (JIRM), 6(4).
Jufidar, J., Abbas, F., & Safwadi, I. (2019). Pengaruh Persepsi Kualitas Produk, Merek dan Layanan Purna Jual Terhadap Keputusan Pembelian Skuter Metik Merek Honda di Kota Banda Aceh. Jurnal Humaniora: Jurnal Ilmu Sosial, Ekonomi dan Hukum, 3(1), 14-25. https://doi.org/10.30601/humaniora.v3i1.237
Kotler, P., & Keller, K. L. (2016). Manajemen Pemasaran, edisi ke-15. New Jersey: Pearson Education Inc.
Khoirudin, I., & Giyartiningrum, E. (2021). Pengaruh Kepercayaan Merek, Kesadaran Merek Dan Kualitas Produk Terhadap Keputusan Pembelian Smartphone Xiaomi Di DIY. Journal Competency of Business, 5(1), 1-9. https://doi.org/10.47200/jcob.v5i1.870
Mardikaningsih, R., & Putra, A. R. (2021). Pengambilan Keputusan Pembelian Produk berdasarkan Ekuitas Merek. Bisman (Bisnis dan Manajemen): The Journal of Business and Management, 4(2), 85-98.
Nasib, nasib, & Bashira, B. (2019). Pengaruh Brand Awareness Dan Loyalitas Merek Terhadap Keputusan Pembelian Sepeda Motor Yamaha Matic. Jurnal Manajemen Dan Keuangan, 8(1), 34-42. https://doi.org/10.33059/jmk.v8i1.1137
Nurbaeti, N., & Himawan, H. (2022). Pengaruh Kesadaran Merek dan Asosiasi Merek Terhadap Keputusan Membeli di Hotel 88 Grogol, Jakarta Barat. YUME: Journal of Management, 5(3), 16-21. https://doi.org/10.37531/yum.v5i3.2977
Nggilu, M., Tumbel, A., & Djemly, W. (2019). Pengaruh Viral Marketing, Celebrity Endorser, Dan Brand Awareness Terhadap Keputusan Pembelian Pada Geprek Bensu Manado. Jurnal EMBA: Jurnal Riset Ekonomi, Manajemen, Bisnis Dan Akuntansi, 7(3). https://doi.org/10.35794/emba.v7i3.23720
Parulian, R. Y. (2021). Pengaruh Celebrity Endorser, Brand Image, Dan Brand Trust Terhadap Keputusan Pembelian (Studi Kasus Pada Gildak Rawamangun) (Doctoral dissertation, Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Indonesia Jakarta).
Porajow, K. C., Kalangi, J. A., & Tamengkel, L. F. (2020). Pengaruh Kesadaran Merek Terhadap Keputusan Pembelian Smartphone Xiaomi di Manado. Productivity, 1(5), 446-452.
Rabbani, Abdul Ghany (2019) Pengaruh Dimensi Ekuitas Merek Terhadap Keputusan Pembelian (Studi pada Mahasiswa Universitas Muhammadiyah Malang Pengguna Sepatu Converse). Undergraduate (S1) thesis, University of Muhammadiyah Malang. http://eprints.umm.ac.id/id/eprint/46839
Rachmawati, S., & Andjarwati, A. (2020). Pengaruh Kesadaran Merek dan Citra Merek Terhadap Keputusan Pembelian. E-Journal Ekonomi Bisnis Dan Akuntansi, 7(1), 25-29. doi:10.19184/ejeba.v7i1.14849
Riduansyah, M., Suharyono, S., & Arifin, Z. (2016). Pengaruh Kesadaran Merek, Asosiasi Merek, dan Kesan Kualitas Terhadap Keputusan Pembelian (Survei Pada Pembeli Sepatu Merek Adidas di Adidas Store Mal Olympic Garden Malang) (Doctoral dissertation, Brawijaya University).
Sari, N., Wahyuni, S., & Widodo, J. (2022). Pengaruh Persepsi Kualitas Dan Loyalitas Merek Terhadap Keputusan Pembelian. Jurnal Pendidikan Ekonomi: Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, Ilmu Ekonomi Dan Ilmu Sosial, 16(1), 40-46. doi:10.19184/jpe.v16i1.22729
Sya'idah, E. H. (2020). Pengaruh Brand Equity terhadap Keputusan Pembelian. JMK (Jurnal Manajemen dan Kewirausahaan), 5(3), 204-216.
Tri Novi Yani, & Imam Nuryanto. (2021). Pengaruh Ekuitas Merek Terhadap Keputusan Pembelian Marina Hand And Body Lotion Di Semarang. Jurnal Akuntansi, Ekonomi Dan Manajemen Bisnis, 1(1), 89–95. https://doi.org/10.55606/jaem.v1i1.164
Wasil, M. (2017). Pengaruh brand awareness, brand association, dan perceived quality. In Forum Ekonomi (Vol. 19, No. 2, pp. 137-147). https://doi.org/10.30872/jfor.v19i1.2117
Widhiarta, I. G. T. E., & Wardana, M. (2015). Pengaruh ekuitas merek terhadap keputusan pembelian iphone di Denpasar (Doctoral dissertation, Udayana University).
Yanti, M. O. Z., & Sukotjo, H. (2016). Pengaruh kesadaran merek, asosiasi merek, dan brand image terhadap keputusan pembelian Aqua. Jurnal Ilmu Dan Riset Manajemen (JIRM), 5(5).
##submission.downloads##
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2023 Hartini, Reza Muhammad Rizqi
Artikel ini berlisensiCreative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.