Menelisik Kearifan Lokal Masyarakat Melayu Jambi Berbasis Cerita Rakyat dalam Membangun Peradaban

  • Warni Warni Universitas Jambi
  • Rengki Afria Universitas Jambi
Keywords: menelisik, kearifan lokal, cerita rakyat, peradaban

Abstract

Sastra lama merupakan perwujudan dari budaya-budaya lokal masyarakat. Sastra lama hadir lewat tradisi yang secara turun-temurun terus dihadiahi dari generasi ke generasi. Di dalamnya, terkandung nilai-nilai kearifan lokal yang jika ditelisik akan membuahkan suatu ide-ide baru. Kearifan lokal merupakan suatu identitas lokal yang eksistensinya dapat mempengaruhi pola hidup masyarakat setempat. Suatu bentuk kreativitas dapat dihadirkan dengan memunculkan kembali sumber daya lokal yang terdapat pada nilai-nilai kearifan lokal. Dengan demikian, akan terbangun suatu bentuk kreativitas yang berlandaskan kearifan lokal. Ini merupakan upaya dalam melestarikan kearifan lokal masyarakat serta memanfaatkannya untuk menciptakan kreativitas baru tanpa menghilangkan nilai-nilai kearifan lokal. Oleh sebab itu, perlu digali kembali nilai-nilai kearifan lokal masyarakat Melayu Jambi pada masa lampau agar kreativitas masyarakat terus berkembang dengan tidak menghilangkan identitas lokal. Hal ini dapat dilakukan dengan cara mengumpulkan kembali cerita rakyat yang tersebar di seluruh wilayah Provinsi Jambi. Dengan begitu, nilai-nilai kearifan lokal dapat digali dan diambil manfaatnya untuk membangun peradaban.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Karmini, N. dkk. 2013. Mengurai Tradisi Lisan Merajut Pendidikan Karakter. Bali: Cakra Press.
Danandjaya, J. 1997. Folklor Indonesia Ilmu Gosip Dongeng dan Lain-Lain. Jakarta: Grafity Press.
Brundfand, J.H. 1979. Folklore, A Study and Research Guide. New York: The Macmillan Company.
Rusyana, Yus, Muhammad Jaruki, dan Widodo. 2000. Prosa Tradisional, Pengertian, Klasifikasi, dan Teks. Jakarta: Pusat Bahasa.
Endaswara, S. 2013. Folklor Nusantara: Hakikat, Bentuk, dan Fungsi. Yogyakarta: Ombak.
Published
2019-12-09
How to Cite
Warni, W., & Afria, R. (2019). Menelisik Kearifan Lokal Masyarakat Melayu Jambi Berbasis Cerita Rakyat dalam Membangun Peradaban. Titian: Jurnal Ilmu Humaniora, 3(2), 295-313. https://doi.org/10.22437/titian.v3i2.8222
Section
Articles