Peran Modal Sosial Memperkuat Eksistensi Pasar Gede Hardjonagoro Sebagai Destinasi Wisata Kuliner

Authors

  • Rochmani Putri Fatihah Universitas Sebelas Maret
  • Danang Purwanto Universitas Sebelas Maret

DOI:

https://doi.org/10.22437/titian.v9i1.43997

Keywords:

media sosial, eksistensi, pasar tradisional, destinasi wisata, kuliner

Abstract

This research discusses the importance of the role of social capital in developing the potential of traditional markets in order to strengthen their existence during modernization and challenges created from internal parties and traditional market conditions. The research location was Pasar Gede Hardjonagoro Solo. The purpose of this study is to determine the social capital (trust, social networks, norms of reciprocity) according to Robert Putnam contributes to the increase in the tourist attraction of Pasar Gede Hardjonagoro Solo. The research method used in this research is using qualitative research methods with an instrinsic approach. Based on research at Pasar Gede Hardjonagoro, it is known that in this market there is enough potential to become a culinary tourism destination, this is inseparable from the role of market stakeholders in capturing opportunities and opportunities from market visitation, where existing social capital has actually been utilized well to strengthen the existence of Pasar Gede Hardjonagoro as a sustainable culinary tourism destination.

Abstrak

Penelitian ini membahas mengenai pentingnya peran modal sosial dalam mengembangkan potensi yang ada pada pasar tradisional agar dapat memperkuat eksistensinya di tengah arus modernisasi dan tantangan yang tercipta dari pihak internal dan kondisi pasar tradisional. Lokasi penelitian dilakukan di Pasar Gede Hardjonagoro Solo. Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengetahui modal sosial (kepercayaan, jaringan sosial, norma timbal balik) menurut Robert Putnam berkontribusi terhadap peningkatan daya tarik wisata Pasar Gede Hardjonagoro Solo. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini yaitu menggunakan metode penelitian kualitatif dengan pendekatan instrinsik. Berdasarkan penelitian di Pasar Gede Hardjonagoro diketahui bahwa dalam pasar ini cukup berpotensi untuk menjadi destinasi wisata kuliner, hal ini tidak terlepas dari peran stakeholder pasar dalam menangkap peluang dan kesempatan dari daya kunjung pasar, dimana modal sosial yang ada sebenarnya sudah dimanfaatkan dengan baik untuk  memperkuat eksistensi Pasar Gede Hardjonagoro sebagai destinasi wisata kuliner yang berkelanjutan.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Creswell, J. W. (2015). Penelitian Kualitatif & Desain Riset (Memilih Di Antara Lima Pendekatan). Pustaka Pelajar.

Field, J. (2016). Modal Sosial (Social Capital) (Inyiak Ridwan Muzir (ed.); Edisi Indo). Yogyakarta: Kreasi Wacana.

Jatiningsih, I. D. (2021). Pasar Tadisional Sebagai Daya Tarik Wisata Di Kota Palu (Traditional Market As a Tourist Attraction in the City of Palu). Jurnal Pariwisata PaRAMA: Panaroma, Recreation, Accomodation, Merchandise, Accessbility, 2(1), 1–6.

Marta, R., & Hasfera, I. P. (2021). City Branding Berbasis Kearifan Lokal. Al-Ma’arif: Ilmu Perpustakaan Dan Informasi Islam, 1(2), 229–238.

Miles, M. B. … Saldana, J. (2014). Qualitative Data Analysis A Methods Sourcebook.

Muharam, H. … Sarofah, S. (2023). Strategi Pengembangan Pasar Tradisional Pada Pasar Guntur Ciawitali Garut. Jurnal Industri Kreatif Dan Kewirausahaan, 6(1), 85–94. https://doi.org/10.36441/kewirausahaan.v6i1.1556

Nafisatur, M. (2024). Metode Pengumpulan Data Penelitian. J-CEKI : Jurnal Cendekia Ilmiah, 3(5), 5423–5443.

Rizqi, K. … Mulyanti, D. (2023). Dampak Globalisasi Terhadap Pasar Tradisonal Di Indonesia. Manajemen Kreatif Jural, 1(2), 114–122.

Saskara, K. … Ardiasa, K. (2022). Strategi Pengembangan Pasar Tradisional Sebagai Daya Tarik Wisata Di Kota Denpasar Bali: Study Kasus Pasar Kreneng. AKSES : Jurnal Penelitian Dan Pengabdian Kepada Masyarakat, 14(1), 1–11.

Sayuti, R. H. … Hadi, A. P. (2024). Modal Sosial dan Pembangunan Masyarakat.

Sudarmono. (2021). Pembangunan Modal Sosial. In Rtujuh Media Printing.

Syarifuddin, D. (2018). Pasar Tradisional Dalam Perspektif Nilai Daya Tarik Wisata (Studi Tentang Pasar Pagi Monju Kota Bandung) Pasar Tradisional Dalam Perspektif Nilai Daya Tarik Wisata. Jurnal Manajemen Resort Dan Leisure, 15(1), 19–32.

Utami, V. Y. (2020). Dinamika Modal Sosial Dalam Pemberdayaan Masyarakat Pada Desa Wisata Halal Setanggor: Kepercayaan, Jaringan Sosial Dan Norma. Reformasi, 10(1), 34–44. https://doi.org/10.33366/rfr.v10i1.1604

Wibowo, F. … Putra, F. I. F. S. (2022). Analisis Dampak Kehadiran Pasar Modern terhadap Kinerja Pemasaran Pasar Tradisional Berbasis Perspektif Pedagang dan Konsumen di Kabupaten Wonogiri. Benefit: Jurnal Manajemen Dan Bisnis, 7(1), 53–65. https://doi.org/10.23917/benefit.v7i1.16057

Yudha, E. P. … Hermawan, M. F. (2023). Daya Tarik Konsumen terhadap Pasar Modern versus Pasar Tradisional. Prosiding Seminar Nasional Hasil Penelitian Agibisnis VII, 7(1), 118–124. https://jurnal.unigal.ac.id/prosiding/article/view/11490

Yunus, S., & Fadli, S. Z. (2021). Modal Sosial, Kemiskinan, dan Pembangunan (S. Ismail (ed.)). CV. Sefa Bumi Persada.

Downloads

Published

2025-06-01

How to Cite

Fatihah, R. P., & Purwanto, D. (2025). Peran Modal Sosial Memperkuat Eksistensi Pasar Gede Hardjonagoro Sebagai Destinasi Wisata Kuliner. Titian: Jurnal Ilmu Humaniora, 9(1), 139–152. https://doi.org/10.22437/titian.v9i1.43997

Issue

Section

Articles

Similar Articles

1 2 3 4 5 6 7 8 9 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.