Peran Variabel Ekuitas Merek dan Celebrity Endorse dalam Bidang Sosiologi Ekonomi dalam Meningkatkan Keputusan Pembelian Smartphone di Kabupaten Sumbawa

Authors

  • Hartini Hartini Universitas Teknologi Sumbawa
  • Reza Muhammad Rizqi Universitas Teknologi Sumbawa

DOI:

https://doi.org/10.22437/titian.v7i1.25075

Keywords:

Keputusan Pembelian, Celebrity Endorsers,Ekuitas Merek

Abstract

The purpose of this study is to investigate the elements that play a role in the inhabitants of Sumbawa deciding whether to purchase a smartphone, namely the presence of celebrities and the importance of brand values. The residents of Sumbawa make up the entirety of the sample for this study. Purposive sampling was used to choose a total of one hundred respondents to use as a sample, using Paul Leddy's method as the guide. The collection of data was carried out with the assistance of a questionnaire that was made available via Google Forms. The method of partial least squares was used, and the SmartPLS program was used to run the analysis on the data. According to the findings of the study, famous people have an impact on consumers' decisions to purchase smartphones. A consumer's decision to purchase a smartphone is also impacted by their brand equity, which includes their brand awareness. Additionally, the association with the brand has an effect on consumers' choices regarding the purchase of smartphones. On the other hand, inhabitants of Sumbawa do not factor in perceived quality or brand loyalty when making decisions regarding the purchase of smartphones.

Abstrak

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui unsur-unsur yang berperan dalam keputusan penduduk Sumbawa untuk membeli smartphone atau tidak, yaitu keberadaan selebriti dan pentingnya nilai merek. Penduduk Sumbawa merupakan keseluruhan sampel untuk penelitian ini. Purposive sampling digunakan untuk memilih total seratus responden untuk digunakan sebagai sampel, dengan menggunakan metode Paul Leddy sebagai pedoman. Pengumpulan data dilakukan dengan bantuan kuesioner yang disediakan melalui Google Forms. Metode kuadrat terkecil parsial digunakan, dan program SmartPLS digunakan untuk menjalankan analisis data. Menurut temuan penelitian tersebut, orang terkenal berdampak pada keputusan konsumen untuk membeli smartphone. Keputusan konsumen untuk membeli smartphone juga dipengaruhi oleh ekuitas merek mereka, termasuk kesadaran merek mereka. Selain itu, asosiasi dengan merek berpengaruh pada pilihan konsumen terkait pembelian smartphone. Di sisi lain, penduduk Sumbawa tidak mempertimbangkan persepsi kualitas atau loyalitas merek saat membuat keputusan terkait pembelian smartphone.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Aakers, David. (2014). Aaker On Branding. Perpustakaan Skolastik. Jakarta.

Anas, A., & Sudarwanto, T. (2020). Pengaruh Celebrity Endorser Terhadap Keputusan Pembelian Di Eiger Store Royal Plaza Surabaya. Jurnal Pendidikan Tata Niaga (JPTN), 8(3), 953-958. https://doi.org/10.26740/jptn.v8n3.p953-958

Alfionita, Cindy M., et al. (2016). Pengaruh Ekuitas Merek Terhadap Keputusan Pembelian (Survei Pada Pembeli Oppo Smartphone Di Counter Handphone Matos). Jurnal Administrasi Bisnis, 36(1), 178-185.

Fauzani M, M., & Fadillah, A. (2019). Pengaruh Pengetahuan Merek, Asosiasi Merek, Dan Reputasi Merek, Terhadap Keputusan Pembelian (Studi Kasus Pada Sepatu Vans di Kota bogor). Jurnal Ilmiah Manajemen Kesatuan, 7(2), 223 - 231. https://doi.org/10.37641/jimkes.v7i2.224

FoEh, J. E., & Hendy, S. (2018). Pengaruh Kesadaran Merek, Asosiasi Merek, Persepsi Kualitas Dan Loyalitas Merek Terhadap Keputusan Pembelian Susu Ultra Pada Remaja Di Wilayah Jatiasih Kota Bekasi. Jurnal Ilmiah Manajemen, 8(1), 1-8.

Ghozali, Imam & Latan, Hengky. (2015). Konsep, Teknik, Penggunaan Aplikasi. Smart PLS 3.0 untuk Penelitian Empiris. BPUndip. Semarang.

Inayati, L. S., & Wahyuni, D. U. (2017). Pengaruh kesadaran merek, persepsi kualitas, asosiasi merek, dan periklanan terhadap keputusan pembelian. Jurnal Ilmu Dan Riset Manajemen (JIRM), 6(4).

Jufidar, J., Abbas, F., & Safwadi, I. (2019). Pengaruh Persepsi Kualitas Produk, Merek dan Layanan Purna Jual Terhadap Keputusan Pembelian Skuter Metik Merek Honda di Kota Banda Aceh. Jurnal Humaniora: Jurnal Ilmu Sosial, Ekonomi dan Hukum, 3(1), 14-25. https://doi.org/10.30601/humaniora.v3i1.237

Kotler, P., & Keller, K. L. (2016). Manajemen Pemasaran, edisi ke-15. New Jersey: Pearson Education Inc.

Khoirudin, I., & Giyartiningrum, E. (2021). Pengaruh Kepercayaan Merek, Kesadaran Merek Dan Kualitas Produk Terhadap Keputusan Pembelian Smartphone Xiaomi Di DIY. Journal Competency of Business, 5(1), 1-9. https://doi.org/10.47200/jcob.v5i1.870

Mardikaningsih, R., & Putra, A. R. (2021). Pengambilan Keputusan Pembelian Produk berdasarkan Ekuitas Merek. Bisman (Bisnis dan Manajemen): The Journal of Business and Management, 4(2), 85-98.

Nasib, nasib, & Bashira, B. (2019). Pengaruh Brand Awareness Dan Loyalitas Merek Terhadap Keputusan Pembelian Sepeda Motor Yamaha Matic. Jurnal Manajemen Dan Keuangan, 8(1), 34-42. https://doi.org/10.33059/jmk.v8i1.1137

Nurbaeti, N., & Himawan, H. (2022). Pengaruh Kesadaran Merek dan Asosiasi Merek Terhadap Keputusan Membeli di Hotel 88 Grogol, Jakarta Barat. YUME: Journal of Management, 5(3), 16-21. https://doi.org/10.37531/yum.v5i3.2977

Nggilu, M., Tumbel, A., & Djemly, W. (2019). Pengaruh Viral Marketing, Celebrity Endorser, Dan Brand Awareness Terhadap Keputusan Pembelian Pada Geprek Bensu Manado. Jurnal EMBA: Jurnal Riset Ekonomi, Manajemen, Bisnis Dan Akuntansi, 7(3). https://doi.org/10.35794/emba.v7i3.23720

Parulian, R. Y. (2021). Pengaruh Celebrity Endorser, Brand Image, Dan Brand Trust Terhadap Keputusan Pembelian (Studi Kasus Pada Gildak Rawamangun) (Doctoral dissertation, Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Indonesia Jakarta).

Porajow, K. C., Kalangi, J. A., & Tamengkel, L. F. (2020). Pengaruh Kesadaran Merek Terhadap Keputusan Pembelian Smartphone Xiaomi di Manado. Productivity, 1(5), 446-452.

Rabbani, Abdul Ghany (2019) Pengaruh Dimensi Ekuitas Merek Terhadap Keputusan Pembelian (Studi pada Mahasiswa Universitas Muhammadiyah Malang Pengguna Sepatu Converse). Undergraduate (S1) thesis, University of Muhammadiyah Malang. http://eprints.umm.ac.id/id/eprint/46839

Rachmawati, S., & Andjarwati, A. (2020). Pengaruh Kesadaran Merek dan Citra Merek Terhadap Keputusan Pembelian. E-Journal Ekonomi Bisnis Dan Akuntansi, 7(1), 25-29. doi:10.19184/ejeba.v7i1.14849

Riduansyah, M., Suharyono, S., & Arifin, Z. (2016). Pengaruh Kesadaran Merek, Asosiasi Merek, dan Kesan Kualitas Terhadap Keputusan Pembelian (Survei Pada Pembeli Sepatu Merek Adidas di Adidas Store Mal Olympic Garden Malang) (Doctoral dissertation, Brawijaya University).

Sari, N., Wahyuni, S., & Widodo, J. (2022). Pengaruh Persepsi Kualitas Dan Loyalitas Merek Terhadap Keputusan Pembelian. Jurnal Pendidikan Ekonomi: Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, Ilmu Ekonomi Dan Ilmu Sosial, 16(1), 40-46. doi:10.19184/jpe.v16i1.22729

Sya'idah, E. H. (2020). Pengaruh Brand Equity terhadap Keputusan Pembelian. JMK (Jurnal Manajemen dan Kewirausahaan), 5(3), 204-216.

Tri Novi Yani, & Imam Nuryanto. (2021). Pengaruh Ekuitas Merek Terhadap Keputusan Pembelian Marina Hand And Body Lotion Di Semarang. Jurnal Akuntansi, Ekonomi Dan Manajemen Bisnis, 1(1), 89–95. https://doi.org/10.55606/jaem.v1i1.164

Wasil, M. (2017). Pengaruh brand awareness, brand association, dan perceived quality. In Forum Ekonomi (Vol. 19, No. 2, pp. 137-147). https://doi.org/10.30872/jfor.v19i1.2117

Widhiarta, I. G. T. E., & Wardana, M. (2015). Pengaruh ekuitas merek terhadap keputusan pembelian iphone di Denpasar (Doctoral dissertation, Udayana University).

Yanti, M. O. Z., & Sukotjo, H. (2016). Pengaruh kesadaran merek, asosiasi merek, dan brand image terhadap keputusan pembelian Aqua. Jurnal Ilmu Dan Riset Manajemen (JIRM), 5(5).

Downloads

Published

2023-06-05

How to Cite

Hartini, H., & Rizqi, R. M. (2023). Peran Variabel Ekuitas Merek dan Celebrity Endorse dalam Bidang Sosiologi Ekonomi dalam Meningkatkan Keputusan Pembelian Smartphone di Kabupaten Sumbawa. Titian: Jurnal Ilmu Humaniora, 7(1), 80-90. https://doi.org/10.22437/titian.v7i1.25075

Issue

Section

Articles