ANALISIS DIMENSI BALANCE SCORECARD DARI PERSPEKTIF KEUANGAN PERUSAHAAN (STUDI KASUS PADA PT GUDANG GARAM, TBK DAN PT BENTOEL INTERNATIONAL INVESTAMA, TBK )

Authors

  • Friska Artaria Sitanggang
  • Dini Elida Putri
  • Erny Melina

DOI:

https://doi.org/10.22437/jmk.v8i1.6937

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk untuk mengetahui gambaran PT Gudang Garam, Tbk dan PT Bentoel International Investama, Tbk. Jika ditinjau dari konsep Balanced Scorecard dalam perspektif keuangan, yakni dimensi pelanggan, dimensi proses bisnis internal, dimensi sumber daya manusia, dan dimensi keuangan.Setelah melakukan penelitian maka dapat disimpulkan bahwa historikal penjualan yang mewakili dimensi pelanggan menggambar tren meningkat selama periode tahun penelitian 2013-2018, artinya perusahaan mampu memenuhi kebutuhan dan  selera pelanggan sehingga penjualan dapat terus meningkat selama periode tahun penelitian. Rata-rata angka ratio perputaran aktiva serta current ratio yang mewakili dimensi proses bisnis internal pada objek penelitian masing-masing yakni pada PT Gudang Garam, Tbk masing-masing 1,2 kali dan 184,1% sedangkan PT Bentoel International Investama, Tbk masing-masing 1,4 kali dan 172%. Dari dimensi sumber daya manusia, diproksikan dengan angka rasio rata-rata Return on Equity (ROE) PT Gudang Garam, Tbk dan PT Bentoel International Investama, Tbk masing-masing 16.8% dan -60,7%. Sementara dari dimensi keuangan, diwakili oleh rasio solvablitas yakni Debt to Asset Ratio (DAR) rata-rata dari PT Gudang Garam, Tbk dan PT Bentoel International Investama, Tbk masing-masing 39,0% dan 72,8%. Dari kedua objek penelitian, PT Gudang Garam, Tbk memiliki struktur modal optimal, dikarenakan dengan komposisi struktur modal yang dimiliki, perusahaan ini memiliki kemampulabaan positif yang ditunjukkan oleh perolehan angka rasio ROE yakni selama periode tahun penelitian 2013-2018.

 

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2019-06-07 — Updated on 2019-06-07

How to Cite

Sitanggang, F. A., Putri, D. E., & Melina, E. (2019). ANALISIS DIMENSI BALANCE SCORECARD DARI PERSPEKTIF KEUANGAN PERUSAHAAN (STUDI KASUS PADA PT GUDANG GARAM, TBK DAN PT BENTOEL INTERNATIONAL INVESTAMA, TBK ). Jurnal Manajemen Terapan Dan Keuangan, 8(1), 82-91. https://doi.org/10.22437/jmk.v8i1.6937