PENGARUH IKLAN TELEVISI DAN KOMUNIKASI WORD-OF-MOUTH DALAM KEPUTUSAN PEMBELIAN PRODUK PERAWATAN WAJAH MEREK WARDAH KONSUMEN WANITA KOTA JAMBI
DOI:
https://doi.org/10.22437/jmk.v8i1.6933Abstract
Keputusan pembelian dilakukan konsumen setiap waktu terkait kebutuhan atau keinginannya.Tugas pemasar ialah untuk melihat beragam faktor yang dapat mempengaruhi konsumen dalam tiap tahapan proses keputusan pembelian, sehingga penyusunan strategi pemasaran sesuai dengan segmen pasar yang dituju. Salah satu langkah yang dilakukan pemasar adalah merancang bauran komunikasi perusahaan, dengan penggunaan media dan/ atau merancang pengaruh personal yang dapat timbul dilingkungan pelanggan, yaitu melalui komunikasi word-of-mouth.Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisis besar pengaruh iklan televisi dan komunikasi word-of-mouth serta signifikansi dari pengaruh kedua variabel tersebut secara parsial dan simultan terhadap keputusan pembelian produk perawatan wajah merek Wardah pada konsumen wanita di kota Jambi. Pengumpulan data dilakukan dengan menyebarkan kuesioner skala Likert lima tingkat kepada 100 responden. Pengujian hipotesis dilakukan dengan melakukan uji t dan uji F dengan menghasilkan kesimpulan, terdapat pengaruh signifikan dari iklan televisi dan komunikasi word-of-mouth masing-masing sebesar 0,438 dan 0,302 dan secara simultan berpengaruh signifikan sebesar 14,5% terhadap keputusan pembelian produk perawatan wajah merek Wardah pada konsumen wanita di Kota Jambi. Kesimpulan dari penelitian ini adalah bahwa iklan televisi dan komunikasi word-of-mouth memiliki pengaruh signifikan dalam pembuatan keputusan pembelian produk perawatan wajah oleh konsumen wanita di Kota Jambi.
Downloads
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2019 Dini Elida Putri, Friska Artaria
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.