PENGARUH FITUR SHOPEE PAYLATER, LITERASI KEUANGAN DAN GAYA HIDUP TERHADAP PERILAKU KONSUMTIF BERBELANJA ONLINE DI SHOPEE (STUDI KASUS PADA MAHASISWA UNIVERSITAS PELITA BANGSA PROGAM STUDI MANAJEMEN ANGKATAN 2020)
DOI:
https://doi.org/10.22437/jmk.v13i02.33657Abstract
Berbelanja secara online tidak hanya mempengaruhi cara berbelanja, tetapi juga mengakibatkan perubahan pola konsumsi dalam aspek sosial dan budaya. Perubahan sosial budaya yang ditemui di lingkungan kampus dapat mempengaruhi mahasiswa untuk berperilaku konsumtif. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menganalisis pengaruh fitur shopee paylater, literasi keuangan, dan gaya hidup terhadap perilaku konsumtif berbelanja online di shopee. Populasi dalam penelitian ini adalah mahasiswa manajemen universitas pelita bangsa progam studi manajemen angkatan 2020 yang berjumlah 100 responden. Teknik pengambilan sampel menggunakan simple random sampling. Data yang digunakan adalah data primer yang diperoleh dari kuesioner online dengan skala likert. Pengolahan dan analisis data dalam penelitian ini menggunakan aplikasi SPSS versi 23. Hasil penelitian menunjukkan bahwa fitur shopee paylater, literasi keuangan, dan gaya hidup berpengaruh positif dan signifikan terhadap perilaku konsumtif berbelanja online di shopee.
Downloads
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Diva Leonita, Siska Wulandari
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.