PENGARUH FITUR SHOPEE PAYLATER, LITERASI KEUANGAN DAN GAYA HIDUP TERHADAP PERILAKU KONSUMTIF BERBELANJA ONLINE DI SHOPEE (STUDI KASUS PADA MAHASISWA UNIVERSITAS PELITA BANGSA PROGAM STUDI MANAJEMEN ANGKATAN 2020)

Authors

  • Diva Leonita Universitas Pelita Bangsa
  • Siska Wulandari Universitas Pelita Bangsa, Cikarang

DOI:

https://doi.org/10.22437/jmk.v13i02.33657

Abstract

Berbelanja secara online tidak hanya mempengaruhi cara berbelanja, tetapi juga mengakibatkan perubahan pola konsumsi dalam aspek sosial dan budaya. Perubahan sosial budaya yang ditemui di lingkungan kampus dapat mempengaruhi mahasiswa untuk berperilaku konsumtif. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menganalisis pengaruh fitur shopee paylater, literasi keuangan, dan gaya hidup terhadap perilaku konsumtif berbelanja online di shopee. Populasi dalam penelitian ini adalah mahasiswa manajemen universitas pelita bangsa progam studi manajemen angkatan 2020 yang berjumlah 100 responden. Teknik pengambilan sampel menggunakan simple random sampling. Data yang digunakan adalah data primer yang diperoleh dari kuesioner online dengan skala likert. Pengolahan dan analisis data dalam penelitian ini menggunakan aplikasi SPSS versi 23. Hasil penelitian menunjukkan bahwa fitur shopee paylater, literasi keuangan, dan gaya hidup berpengaruh positif dan signifikan terhadap perilaku konsumtif berbelanja online di shopee.

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2024-06-11

How to Cite

Leonita, D. ., & Wulandari, S. (2024). PENGARUH FITUR SHOPEE PAYLATER, LITERASI KEUANGAN DAN GAYA HIDUP TERHADAP PERILAKU KONSUMTIF BERBELANJA ONLINE DI SHOPEE (STUDI KASUS PADA MAHASISWA UNIVERSITAS PELITA BANGSA PROGAM STUDI MANAJEMEN ANGKATAN 2020). Jurnal Manajemen Terapan Dan Keuangan, 13(02), 554-566. https://doi.org/10.22437/jmk.v13i02.33657