PENGARUH MOTIVASI INTRINSIK, BUDAYA ORGANISASI, DAN WORK LIFE BALANCE TERHADAP ORGANIZATIONAL CITIZENSHIP BEHAVIOR (OCB)

Authors

  • Putri Kusuma Anggraini Universitas Sarjanawiyata Tamansiswa Yogyakarta
  • Epsilandri Septyarini Universitas Sarjanawiyata Tamansiswa
  • Tri Ratna Purnamarini Universitas Sarjanawiyata Tamansiswa

DOI:

https://doi.org/10.22437/jmk.v13i02.31980

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Pengaruh Motivasi Intrinsik, Budaya Organisasi, dan Work Life Balance Terhadap Organizational Citizenship Behavior (OCB) Studi Pada Biro Hukum Setda DIY. Populasi dan sampel yang digunakan dalam penelitian adalah seluruh pegawai Biro Hukum Setda DIY yang berjumlah 39 orang dengan menggunakan metode sensus sampling. Metode pengumpulan data menggunakan penyebaran kuesioner. Analisis uji kualitas data menggunakan uji validitas dan uji reliabilitas. Teknik analisis data menggunakan uji asumsi klasik, uji normalitas, uji multikolonieritas, dan uji heterokedastisitas. Uji hipotesis menggunakan uji T, uji F, dan uji R2 melalui program SPSS 26. Hasil penelitian menunjukkan bahwa motivasi intrinsik berpengaruh positif dan signifikan terhadap organizational citizenship behavior (OCB). Budaya Organisasi tidak berpengaruh terhadap organizational citizenship behavior (OCB). Work Life Balance berpengaruh positif dan signifikan terhadap organizational citizenship behavior (OCB). Secara simultan, motivasi intrinsik, budaya organisasi, dan work life balance berpengaruh positif dan signifikan terhadap organizational citizenship behavior (OCB).

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2024-06-11

How to Cite

Anggraini, P. K. ., Septyarini, E. ., & Purnamarini, T. R. . (2024). PENGARUH MOTIVASI INTRINSIK, BUDAYA ORGANISASI, DAN WORK LIFE BALANCE TERHADAP ORGANIZATIONAL CITIZENSHIP BEHAVIOR (OCB) . Jurnal Manajemen Terapan Dan Keuangan, 13(02), 532-540. https://doi.org/10.22437/jmk.v13i02.31980