PENGARUH PELAYANAN TERHADAP KEPUASAN MASYARAKAT PADA KANTOR DESA MUARA JERNIH KECAMATAN TABIR ULU KABUPATEN MERANGIN
DOI:
https://doi.org/10.22437/jmk.v12i2.25297Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk (1) Untuk mengetahui Tanggapan Responden Pelayanan pada Kantor Desa Muara Jernih Kecamatan Tabir Ulu Kabupaten Merangin. (2) Untuk mengetahui Tanggapan Responden Kepuasan pada Kantor Desa Muara Jernih Kecamatan Tabir Ulu Kabupaten Merangin. (3) Untuk mengetahui pengaruh pelayanan terhadap kepuasan masyarakat pada Kantor Desa Muara jernih Kecamatan Tabir Ulu Kabupaten Merangin. Penelitian ini termasuk penelitian yang bersifat Deskriptif Kuantitatif. Sampel penelitian ini adalah 84 orang. Berdasarkan hasil penellitian dan pembahasan, maka beberapa pokok kesimpulan penelitian dapat di jelaskan sebagai berikut: Dari Uji thitung didapatkan Reability X1 = 2,487 > 1.664 dan Tangibel X5= 2,061 > 1.664 dinamakan Ho diterima dan Ha ditolak karena lebih besar dari ttabel 1.664. sedangkan Assurance X2 thitung 0,-687 < ttabel 1.664, Empathy X3 thitung 0,950 < 1.664, Responsiveness X4 = thitung 0,402 < 1.664, dinamakan Ho ditolak dan Ha diterima karena lebih kecil dari ttabel 1.664 Nilai Uji F adalah 5,583 lebih besar dari Ftabel 2.32 ini berarti variabel (Reability (X1), Assurance(X2), Empathy(X3), Responsiveness(X4), Tangibel (X5) memiliki pengaruh terhadap kepuasan masyarakat Y. Nilai adjusted R square sebesar 0,216 atau 21,6%. Jadi bisa diambil kesimpulan besarnya pengaruh variabel (Reability (X1), Assurance(X2), Empathy(X3), Responsiveness(X4), Tangibel (X5) Terhadap Kepuasan Masyarakat (Y) sebesar 0,216 atau (21,6%) sedangkan sisanya sebesar 78,4% yang tidak berpengaruh dalam penelitian ini.
Downloads
References
Arikunto, Suharsimi. 2002. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Prakte. Jakarta: Bumi Aksara
Arsjad, Fachri. 2018. â€Peranan Aparat Desa dalam Pelaksanaan Administrasi Pemerintahan Desa di Desa Karyamukti Kecamatan Mootilango Kabupaten Gorontaloâ€. Volume 1. Nomor 1. diakses pada 07 Maret 2022 pukul 20.03 WIB dari https://jurnal.unigo.ac.id/index.php/gjpads/article/viewFile/176/171
http://eprints.binadarma.ac.id/3820/1/KualitasPelayananPublik.pdf diakses pada 15 maret 2022 pukul 21.04
http://www.ejournals.umma.ac.id/index.php/brand/article/view/220/151 diakses pada 28 maret 2022, 13.25
https://repository.unair.ac.id/97697/7/23A_Riset%20dan%20Pengukuran_OK.pdf diakses pada 16 maret 2022 pukul 21.38 WIB
Har Suharsaputra, Administrasi Pendidikan, (Bandung: Refika Aditama, 2010), hlm. 226- 227. 25 Tjiptono, F, dan Gregorius Chandra, Service Quality & Satisfaction, (Yogyakarta: Andi Offset, 2005), hlm. 110. 26 Yamit, Zulian, Manajemen Kualitas Produk dan Jasa, (Yogyakarta: Ekonisia, 2017), hlm 7. 27 Yamit, Zulian, Manajemen Kualitas…, hlm. 7.
Ismail Nurdin ( 2019 ), Kualitas Pelayanan Publik, Media Sahabat Cendekia,
Juita, Sirni. 2018. â€Analisis Kualitas Pelayanan Perizinan Mendirikan Bangunan Di Kantor Pelayanan Perizinan Terpadu Satu Pintu (KP2TSP) Kabupaten Sarolangunâ€. Skripsi. Jambi: Universitas Jambi.
Labolo, Muhadam. 2014. “Memahami llmu Pemerintahan: Suatu Kajian. Teori. Konsep, dan Pengembangannyaâ€. Jakarta: Rajawali Pers.
Lupiyoadi Dan Hamdani, 2006. Manajemen Pemasaran Jasa Edisi Kedua. Penerbit Salemba Empat: Jakarta
Mahmudi. 2015. Manajemen Kinerja Sektor Publik. Edisi Ketiga.Yogyakarta: UNIT PENERBIT DAN PERCETAKAN.
Malayu S.P. Hasibuan, Manajemen Sumber Daya Manusia (Edisi Revisi) (Cet. VII; Jakarta: PTBumi Aksara, 2005), h. 1.
Mas, A. (2020). “Analisis Kualitas Pelayanan Terhadap Tingkat Kepuasan Masyarakat Pada Kantor Kepala Desa Keramas, Kecamatan Blahbatuh, Kabupaten Gianyar†- Digital Repository Ngurah Rai University. Unr.ac.id. https://repo.unr.ac.id/185/1/I%20GUSTI%20AGUNG%20MAS%20CITRAWATI.pdf diakses pada tanggal 05 Februari 2022, pukul 19.50 WIB.
Maschab, Mashuri. 2013. Politik Pemerintahan Desa Di Indinesia. Yogyakarta: PolGov.
Nurjanah, I. (2017). “Analisis Pelayanan Aparat Desa Dalam Meningkatkan Kepuasan Pada Masyarakat Desa Payolebar Kecamatan Singkut Kabupaten Sarolangun. Jurnal Analisis Pelayanan Aparat Desa Dalam Meningkatkan Kepuasan Pada Masyarakat Desa Payolebar Kecamatan Singkut Kabupaten Sarolangunâ€. Retrieved from https://repository.unja.ac.id/2396/ diakses pada tanggal 05 Februari 2022, pukul 20.30 WIB.
Saputra, Trio. 2016. Kepuasan Masyarakat terhadap PenyelenggaraanPelayanan Publik (Studi Kasus Kantor Kecamatan Tambang Kabupaten Kampar). Vol. 4 No. 2. Diakses dari https://online-journal.unja.ac.id/JES/article/view/3584/6303 tanggal tanggal 05 April 2022 pukul 11:20
Soemantri, Bambang T. (2011). Pedoman Penyelenggaraan Pemerintahan Desa. Bandung: Fokus media.
Suandi. 2019. Analisis Kepuasan Masyarakat Terhadap Pelayanan Publik Berdasarkan Indeks Kepuasan Masyarakat Di Kantor Kecamatan Belitang Kabupaten Oku Timur. Diakses dari http://ejournal.pps-unisti.ac.id/index.php/JIASK/article/view/8/9 tanggal 05 April 2022 pukul 12:55 WIB.
Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung : Alfabeta, CV.
Suharsimi Arikunto. 2010. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktis. Bina Aksara. Jakarta..
Suwarno, J. (2012). Kualitas Pelayanan Pemerintahan Desa (Studi Pelayanan Ktp Dan Kk Di Desa Teluk Kepayang Kecamatan Kusan Hulu Kabupaten Tanah Bumbu). Jurnal Ilmu Politik & Pemerintahan Lokal, 1(2). Retrievedfrom https://ppjp.ulm.ac.id/journal/index.php/JIPPL/article/view/810diakses pada tanggal 13 Februari 2022 pukul 15.05 WIB.
Syafrizal, dkk. 2014. Analisis Data Untuk Riset Manajemen dan Bisnis. Dapat diakses pada
https://www.researchgate.net/profile/Syafrizal-Helmi/publication/ANALISIS_DATA.pdf Diakses pada tanggal 21 Februari 2022 pukul 20.48 WIB.
Tjiptono,Fandy 2001. Strategi Pemasaran,edisi pertama Andi Ofset,Yogyakarta
Wrdiyanto, dkk. 2016. Percikan pemikiran tata kelola dan pembangunan desa. Google Books. https://books.google.co.id/books? PERAN DAN FUNGSI DESA diakses pada tanggal 24 Februari 2022 pukul 15.57 WIB
Yuliani, Deka T. 2018. “Strategi Peningkatan Kualitas Pelayanan Di Kantor Camat Kabupaten Sarolangun Menurut Peraturan Menteri Ri Nomor 19 Tahun 2008 Tentang Kecamatanâ€. Skripsi. Jambi: Universitas Jambi.
Yanmar 2012. Analisis Kepuasaan Masyarakat (IKM) Terhadap Pelayanan Publik di Puskesmas Tegarejo Kota Salatiga Tahun 2012.
Zulfiah Ahaditya Arif Nugraeni (2015), Analisis Kepuasaan Masyarakat Terhadap Pelayanan Publik berdasarkan Indeks Kepuasaan Masyarakat
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 Hendriyaldi Hendriyaldi
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.