PERSEPSI NASABAH TERHADAP EFEKTIVITAS PENYALURAN KREDIT UMKM BANK JAMBI DENGAN CITRA BANK SEBAGAI VARIABEL INTERVENING

Authors

  • Elfin Septian Bank Jambi

DOI:

https://doi.org/10.22437/jmk.v12i04.24373

Abstract

Bank Daerah Jambi didirikan untuk menunjang serta mendorong pembangunan dan mengembangkan pertumbuhan ekonomi daerah dalam rangka meningkatkan taraf hidup masyarakat dengan memberikan bantuan modal berupa kredit UMKM karena UMKM sangat berkontribusi bagi ekonomi dan kesejahteraan masyarakat. Penelitian ini memiliki tujuan menguji pengaruh kualitas pelayanan, tingkat bunga bank dan citra bank terhadap efektivitas penyaluran kredit UMKM di Bank Pembangunan Daerah Jambi serta menguji pengaruh citra Bank sebagai variabel mediasi antara kualitas pelayanan, tingkat bunga bank terhadap efektivitas penyaluran kredit. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan memberikan kuisioner kepada nasabah atau pelaku UMKM yang memiliki kredit di Bank Pembangunan Daerah Jambi, penentuan sampel dalam penelitian ini menggunakan rumus slovin untuk menghitung jumlah sampel kemudian dibagi dengan komposisi besar pinjaman, analisis data menggunakan bantuan aplikasi Smart PLS 4 untuk mengetimasi model yang diteliti.  Hasil penelitian ini menemukan bahwa kualitas pelayanan dan tingkat bunga Bank memiliki pengaruh positif signifikan terhadap efektivitas penyaluran kredit UMKM, Sedankan Citra bank tidak memiliki pengaruh terhadap efektivitas penyaluran kredit UMKM. Kualitas pelayanan dapat dimediasi oleh citra Bank dan tingkat bunga tidak dapat dimediasi oleh citra bank terhadap efektivitas penyaluran kredit UMKM di Bank Jambi. Service quality can be mediated by the bank's image and interest rates cannot be mediated by the bank's image on the effectiveness of MSME lending at Bank Jambi.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Agustina, I. M. (2018). Pengaruh citra bank terhadap loyalitas nasabah pada pt. bank BRI syariah kantor cabang madiun. Equilibrium, 6(2), 194–203.

Akkaya, B., & Ahmed, J. (2022). VUCA-RR Toward Industry 5 . 0. 1–11. https://doi.org/10.1108/978-1-80262-325-320220001

Astuti, T., & Mustikawati, R. I. (2013). Pengaruh Persepsi Nasabah Tentang Tingkat Suku Bunga, Promosi Dan Kualitas Pelayanan Terhadap Minat Menabung Nasabah. Jurnal Nominal, II(1), 182–198.

Cahyono, K., & Suhada, B. (2016). Pengaruh Pemberian Kredit, Kemampuan Manajerial Dan Diferensiasi Produk Terhadap Kinerja Umkm Di Kota Metro. Derivatif, 10(1), 1–9.

F.Hair, J., G, Thomas, M. H., Cristian, M., R., & Marko, S. (2017). A Primer On Partial Least Squares Struktural Equation Modeling (PLS-SEM) (second edi).

Fitriaty, Saputra, M. H., & Elliyana, D. (2022). Analisis Faktor – Faktor Yang Mempengaruhi Keputusan Investasi Selama Covid-19. 11(02), 324–334.

Ghozali, I. (2018). Aplikasi Analisis Multivariate dengan Program IBM SPSS. 25 (S. Rahadrjo (ed.)). Badan Penerbit Universitas Diponegoro.

Govinda, P. K., Purnamawat, G. A., & Kurniawan, P. S. (2020). Pengaruh Citra Perbankan Terhadap Keputusan Nasabah Dalam Mengambil Kredit Dengan Pelayanan Dan Prosedur Kredit Sebagai Variabel Moderating. Jimat (Jurnal Ilmiah Mahasiswa Akuntansi) Universitas Pendidikan Ganesha, 11(3).

Grebel, T., & Grebel, T. (2004). Entrepreneurship. Routledge.

Hisanuddin, I. I. (2015). Pengaruh Citra Merek Islam Terhadap Loyalitas Nasabah Bank Syariah ( Studi kasus pada Bank Syariah di Kota Bandung ). II(2), 87–100.

Huda, B., Sukidin, & Wahyuni, S. (2019). Pengaruh Kualitas Pelayanan, Prosedur Kredit, Dan Tingkat Suku Bunga Terhadap Keputusan Nasabah Dalam Mengambil Kredit Pada Pt. Bank Perkreditan Rakyat Sukowono Arthajaya Jember. Jurnal Pendidikan Ekonomi, 13(1), 87–93. https://doi.org/10.19184/jpe.v13i1.10425

Jaman, I. W., & Putra, A. (2012). Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Loyalitas Debitur Kredit Produktif ( Studi pada Kantor Cabang BNI SKC Malang ). JURNAL Nama Orang APLIKASI MANAJEMEN, 10(6), 437–449.

Jayalangi, L. O. S., & Lapangga, I. (2022). Pengaruh Efektivitas Penyaluran Kredit Usaha Rakyat (Kur) Terhadap Usaha Mikro Kecil Dan Menengah Pada Nasabah Bri Unit Masama. Jurnal Ilmiah Clean Government, 5(1), 16–30.

Kotler, P., Keller, K. L., Ang, S. H., Leong, S. M., & Tan, C. T. (2018). Marketing Management: An Asian Perspective (Fourth Edition).

Lastina, N. L., & Budhi, M. (2018). Efektivitas Penyaluran Kredit Usaha Rakyat Pt . Bri Dan Pendapatan UKM Penerima KUR Di Kecamatan Abiansemal. E-Junral Ekonomi Udayana, 4, 959–986.

Mudassir, A., & Saleh, D. (2020). Efektivitas Penyaluran KUR ( Kredit Usaha Rakyat ) Pada PT . Bank Rakyat Indonesia ( Persero ) Tbk . Unit Tanah Lemo Kecamatan Bonto Bahari Kabupaten Bulukumba. Journal Unismuh, 1(2), 381–393.

Murfidin, I. (2020). Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Nasabah Pada PT. Bank Danamon Cabang Makassar. Equilibrium, 1(2), 23–33.

Najoan, M. S., & Rares, J. J. (2022). Efektivitas Program Bantuan Pinjaman Modal Usaha Oleh Bank Bri Melalui Kredit ( Kur ) Pada Pelaku Usaha Rumah Makan Di Kecamatan Kawangkoan Kabupaten Minahasa Abstrak PENDAHULUAN Undang-Undang Republik Indonesia nomor 20 Tahun 2008 Tentang Usaha Mikro , K. JAP, VIII(115), 64–76.

Noviana. (2019). Analisis Efektivitas Penyaluran Kredit Modal Kerja Mikro Laju Bank CIMB Niaga Malang kepada Usaha Kecil Menengah (UKM) (Studi Kasus pada Mikro Laju Bank CIMB Niaga Tamin Malang).

Saptawati, Y. (2018). Pengaruh Persepsi Kemudahan, Keamanan & Manfaat Mobile Banking Terhadap Kepuasan Nasabah Pada Pt. Bank Rakyat IndonesiA (Persero) Tbk CABANG BULUKUMBA.

Sari, L. K., & Soliha, E. (2018). Kualitas layanan, persepsi tingkat suku bunga dan lokasi terhadap kepuasan nasabah 1,2. Prosiding SENDI_U 2018, 670–676.

Satriyanti, E. O. (2012). Pengaruh Kualitas Layanan,Kepuasan Nasabah Dan Citra Bank Terhadap Loyalitas Nasabah Bank Muamalat Disurabaya. Journal of Business and Banking, 2(2), 171–184.

Sekaran, U., & Bougie, R. (2016). Research Methods For Business: A Skill Building Approach. John Wiley & Sons.

Susanto, B. (2015). Pengaruh Inflasi, Bunga dan Nilai Tukar Terhadap Harga Saham (Studi Pada : Perusahaan Sektor Properti Dan Real Estate Tercatat BEI) Bambang. 7(1).

Syamsiah. (2020). Pengaruh Sistem Pengendalian Intern Terhadap Efektivitas Pemberian Kredit Pada Pt. Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk. Cabang Marisa. AkMen, 17(September), 501–508.

Widowati, A. S., & Mustikawati, R. I. (2018). Pengaruh Pengetahuan Produk Tabungan, Reputasi Bank, Dan Persepsi Nasabah Mengenai Suku Bunga Simpanan Terhadap Keputusan Menabung Nasabah. Jurnal Nominal, VII(2), 2.

Downloads

Published

2024-03-15

How to Cite

Septian, E. . (2024). PERSEPSI NASABAH TERHADAP EFEKTIVITAS PENYALURAN KREDIT UMKM BANK JAMBI DENGAN CITRA BANK SEBAGAI VARIABEL INTERVENING. Jurnal Manajemen Terapan Dan Keuangan, 13(01), 39-53. https://doi.org/10.22437/jmk.v12i04.24373