PENGARUH PENGETAHUAN KEWIRAUSAHAAN, EKSPEKTASI PENDAPATAN DAN MOTIVASI TERHADAP MINAT BERWIRAUSAHA (STUDI KASUS PADA PEGAWAI NEGERI SIPIL (PNS) DI KEJAKSAAN NEGERI BATANGHARI)

Authors

  • Shalsa Dhea Anora Kejaksaan Negeri Batanghari

DOI:

https://doi.org/10.22437/jmk.v12i03.24216

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis dan menjelaskan bagaimana gambaran pengetahuan kewirausahaan, ekspektasi pendapatan, motivasi dan minat berwirausaha pada PNS di Kejaksaan Negeri Batang Hari, Menganalisis dan menjelaskan bagaimana pengaruh pengetahuan kewirausahaan terhadap minat berwirausaha pada PNS di Kejaksaan Negeri Batang Hari, Menganalisis dan menjelaskan bagaimana pengaruh ekspektasi pendapatan terhadap minat berwirausaha pada PNS di Kejaksaan Negeri Batang Hari, Menganalisis dan menjelaskan bagaimana pengaruh motivasi terhadap minat berwirausaha pada PNS di Kejaksaan Negeri Batang Hari dan Menganalisis bagaimana pengetahuan kewirausahaan, ekspektasi pendapatan, dan motivasi secara simultan dapat mempengaruhi minat berwirausaha pada PNS di Kejaksaan Negeri Batang Hari. Subjek penelitian dalam penelitian ini adalah Pegawai Negeri Sipil (PNS) Kejaksaan Negeri Batanghari. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh Pegawai Negeri Sipil (PNS) Kejaksaan Negeri Batanghari. Jumlah sampel yang diambil dalam penelitian ini sebanyak 36 responden. Penentuan jumlah sampel yang sama dengan jumlah populasi dalam penelitian ini dikarenakan jumlah populasinya sedikit (terbatas) sehingga metode yang digunakan dalam penarikan sampel ini adalah sampling jenuh atau sensus. Sampling jenuh atau sensus adalah teknik penentuan sampel bila semua anggota populasi digunakan sebagai sampel. Dalam penelitian ini peneliti menggunakan metode Structural Equation Modeling (SEM) dan alat analisa yang digunakan dalam metode ini adalah software Smart Partial Least Square (PLS) 4.0. hasil penelitian meyimpulkan bahwa Terdapat pengaruh variabel Pengetahuan Kewirausahaan terhadap Minat Berwirausaha pada Pegawai Negeri Sipil (PNS) di Kejaksaan Negeri Batanghari.Tidak ada pengaruh variabel Ekspetasi Pendapatan terhadap Minat Berwirausaha pada Pegawai Negeri Sipil (PNS) di Kejaksaan Negeri Batanghari.Terdapat pengaruh variabel Motivasi terhadap Minat Berwirausaha Pegawai Negeri Sipil (PNS) di Kejaksaan Negeri Batanghari. Tidak ada pengaruh secara simultan antara variabel Pengetahuan Kewirausahaan, Ekspetasi Pendapatan dan Motivasi terhadap minat Berwirausaha pada Pegawai Negeri Sipil (PNS) di Kejaksaan Negeri Batanghari

Downloads

Download data is not yet available.

References

Abidin, Z., & Nasirudin, N. 2021. Pengembangan Bakat dan Minat Peserta Didik Di Madrasah Ibtidaiyah Miftahul Muna Kesilir Banyuwangi. Educare: Journal of Primary Education. 2(2):119-134.

Agustini, F. 2019. Strategi manajemen sumber daya manusia. Medan: UISU Press.

Aini, Syariaf. 2020. Pengaruh Motivasi dan Pengetahuan Kewirausahaan Terhadap Minat Berwirausaha Mahasiswa. Padangsidimpuan. Skripsi. Padang Sidempuan: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam Institut Agama Islam Negeri Padangsidimpuan.

Almuna, M., Thaief, I., Said, M. I., Dinar, M., & Hasan, M. 2020. Pengaruh Literasi Kewirausahaan dan Efikasi Diri Terhadap Minat Berwirausaha Siswa Jurusan IPS di SMA Negeri 4 Enrekang. Indonesian Journal of Social and Educational Studie. 1(2):79-86.

Arikunto, Suharsimi. 2016. Prosedur Penelitian: Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.

Ayuningtias, H. A., & Ekawati, S. 2015. Faktor-faktor yang mempengaruhi minat berwirausaha pada mahasiswa Fakultas Ekonomi Universitas Tarumanagara. Jurnal Ekonomi. 20(1): 49-71.

Debrulle, J., Maes, J., & Gardiner, E. 2020. How entrepreneurs think: financial decisions for the long or short term. Journal of Business Strategy, 42(4), 233- 239.

Dewi, R., Jurana, & Halwi, M. D. 2021. Determinan Minat Berwirausaha Mahasiswa Akuntansi Universitas Tadulako. Jurnal Akuntansi Multiparadigma. 6(1): 15- 24.

Fahmi, Irham. 2014. Kewirausahaan: Teori, Kasus, dan Solusi (cet 2). Bandung: Alfabeta.

Fathiyannida, S., & Erawati, T. 2021. Pengaruh Pendidikan Kewirausahaan, Motivasi Berwirausaha, Lingkungan Keluarga dan Ekspektasi Pendapatan terhadap Minat Berwirausaha Mahasiswa Akuntansi (Studi Kasus pada Mahasiswa Aktif dan Alumni Prodi Akuntansi Fakultas Ekonomi Universitas Sarjanawiyata. Jurnal Ilmiah Akuntansi dan Finansial Indonesia.4(2): 83-94.

Heryanti, E., Kurjono, K., & Samlawi, F. 2022. Analisis Minat Berwirausaha Melalui Ekspektasi Pendapatan, Lingkungan Keluarga dan Pendidikan Kewirausahaan. Fineteach: Journal of Finance, Entrepreneurship, and Accounting Education Research. 1(2): 75-83.

Ihsan, M. 2020. Pengaruh Efikasi Diri dan Ekspektasi Pendapatan terhadap Minat Berwirausaha pada Mahasiswa Manajemen Universitas Siliwangi Tasikmalaya. Skripsi. Bandung: Universitas Komputer Indonesia.

Ilmaniati, A., & Musihudin, M. 2017. Pengaruh Efikasi Diri dan Ekspektasi Pendapatan, Terhadap Minat Berwirausaha Siswa SMK (SMK Al-Madina). Jurnal Media Teknik dan Sistem Industri.1: 41-49.

Khamimah, W. 2021. Peran kewirausahaan dalam memajukan perekonomian Indonesia. Jurnal Disrupsi Bisnis, 4(3), 228-240

Kasmir, S. E. 2019. Kewirausahaan: Edisi Revisi. Bandung: Rajagrafindo Persada. Kodrat, David S., Christina, Wina. 2015. Entrepreneurship: sebuah ilmu. Jakarta:

Penerbit Erlangga.

Kompri. 2017. Belajar Faktor-Faktor Yang Mempengaruhinya. Yogyakarta: Media Akademi.

Nasution, M. I., & Nisa, K. 2022. Pendidikan Kewirausahaan dan Sosial Ekonomi Terhadap Minat Berwirausaha. Inovatif: Jurnal Ekonomi, Manajemen, Akuntansi, Bisnis Digital dan Kewirausahaan. 1(1): 29-37.

Noor, R. M., & Anwar, S. 2022. Pengaruh Motivasi, Ekspektasi Pendapatan, dan Persepsi Mahasiswa terhadap Minat Berwirausaha dengan Pemahaman Akuntansi sebagai Variabel Moderating. Al-Kharaj: Jurnal Ekonomi, Keuangan & Bisnis Syariah. 5(1): 227-243.

Notoatmodjo, S.2014. Promosi Kesehatan dan Perilaku Kesehatan Edisi revisi.

Jakarta: Rineka Cipta.

Oktariani, A. R., Mustari, M., Syam, A., Hasan, M., & Inanna, I. 2021. Pengaruh Ekspektasi Pendapatan dan Lingkungan Keluarga terhadap Minat Berwirausaha Peserta Didik. Journal of Economic Education and Entrepreneurship Studies, 2(1), 101-109.

Putri, R. O. 2021. Kecerdasan Emosional dan Dukungan Sosial Terhadap Kesiapan Menghadapi Pensiun. Psikoborneo: Jurnal Ilmiah Psikologi, 9(2), 229-237.

Ritonga, S. R. W., Anggraini, T., & Nawawi, Z. M. 2022. Analisis Faktor-faktor Yang Mempengaruhi Minat Berwirausaha Mahasiswa dalam Bisnis Islam Melalui Motivasi. Jurnal Ilmiah Ekonomi Islam. 8(2): 2269-2280.

Saiman, Leonardus. 2015. Kewirausahaan, teori, praktik, dan kasus-kasus edisi 2.

Jakarta: Salemba Empat

Rusdiana. 2018. Kewirausahaan Teori dan Praktik. Bandung: CV Pustaka Setia.

Satyantoro, I. P., & Andayani, E. 2021. Efikasi diri, pendidikan kewirausahaan dan ekspektasi pendapatan: pengaruh terhadap minat berwirausaha. Jurnal Riset Pendidikan Ekonomi. 6(1): 78-86.

Sintya, N. M. 2019. Pengaruh Motivasi, Efikasi Diri, Ekspektasi Pendapatan, Lingkungan Keluarga, Dan Pendidikan Kewirausahaan Terhadap Minat Berwirausaha Mahasiswa Jurusan Akuntansi Di Universitas Mahasaraswati Denpasar. JSAM (Jurnal Sains, Akuntansi dan Manajemen). 1(1): 337-380.

Shi, B., & Wang, T. 2021. Analysis of entrepreneurial motivation on entrepreneurial psychology in the context of transition economy. Frontiers in Psychology, 2979.

Supeni, R. E., & Efendi, M. 2018. Minat mahasiswa dalam berwirausaha perguruan tinggi swasta di Kabupaten Jember. UNEJ e-Proceeding. 449-463.

Suryana, S., & Bayu, K. 2014. Kewirausahaan: Kiat dan Proses menuju Sukses.

Jakarta: Salemba Empat.

Takdir, D., AS, M., & Zaid, S. 2015. Kewirausahaan. Yogyakarta: Wijana Mahadi Karya.

Wijayangka, C., Kartawinata, B. R., & Novrianto, B. 2018. Pengaruh Motivasi Terhadap Minat Berwirausaha Mahasiswa Program Studi Administrasi Bisnis Universitas Telkom. ECo-Buss. 1(2): 8-14.

Downloads

Published

2023-09-30

How to Cite

Anora, S. D. . (2023). PENGARUH PENGETAHUAN KEWIRAUSAHAAN, EKSPEKTASI PENDAPATAN DAN MOTIVASI TERHADAP MINAT BERWIRAUSAHA (STUDI KASUS PADA PEGAWAI NEGERI SIPIL (PNS) DI KEJAKSAAN NEGERI BATANGHARI). Jurnal Manajemen Terapan Dan Keuangan, 12(03), 819-832. https://doi.org/10.22437/jmk.v12i03.24216