PENERAPAN STANDARDISASI DAN ADAPTASI SEBAGAI UPAYA PENGEMBANGAN STRATEGI PRODUK PADA PEMASARAN INTERNASIONAL

Authors

  • Sylvia Kartika Wulan Bhayangkari

DOI:

https://doi.org/10.22437/jmk.v1i3.1842

Abstract

Pemasaran internasional dewasa ini semakin ketat sehingga menuntut pemasar untuk bisa menciptakan suatu keunggulan bersaing. Upaya para pemasar dalam memasarkan barang dan jasa agar unggul dalam bersaing maka para pemasar harus memiliki strategi produk yang bisa diterima oleh konsumen di seluruh dunia dengan latar kebudayaan serta pemikiran yang berbeda pula. Untuk itu peran standardisasi dan adaptasi sangat diperlukan agar produk bisa diterima secara internasional. Penerapan standardisasi pada masing masing negara memiliki cara dan keunikan sendiri. Beberapa pendekatan digunakan dalam melakukan standardisasi dan adaptasi barang dan jasa yaitu pendekatan modularity dan pendekatan platform. Dalam penerapannya standardisasi dan adaptasi dipengaruhi oleh beberapa hal antara lain demografi, kebudayaan, lingkungan alam, keadaan politik dan hukum.

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2012-12-03 — Updated on 2012-12-03

How to Cite

Wulan Bhayangkari, S. K. (2012). PENERAPAN STANDARDISASI DAN ADAPTASI SEBAGAI UPAYA PENGEMBANGAN STRATEGI PRODUK PADA PEMASARAN INTERNASIONAL. Jurnal Manajemen Terapan Dan Keuangan, 1(3), 245 - 258. https://doi.org/10.22437/jmk.v1i3.1842