ANALISIS FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI INTENSI KEWIRAUSAHAAN MAHASISWA DALAM UPAYA MENGUBAH PARADIGMA MAHASISWA TERHADAP KEWIRAUSAHAAN DENGAN FAKTOR PENDIDIKAN KEWIRAUSAHAAN DAN LINGKUNGAN MELALUI SIKAP, PERSEPSI, DAN MOTIVASI MENJADI ENTREPRENEUR (STUDI KASUS PADA MAHASISWA PRODI MANAJEMEN DI KOTA JAMBI)

Authors

  • Friska Artaria Sitanggang Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Jambi
  • Prayetno Agustinus Sitanggang Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Jambi

DOI:

https://doi.org/10.22437/jmk.v10i03.15382

Abstract

Institusi pendidikan berperan penting dalam mening[‘’katkan pertumbuhan kewirausahaan suatu negara, yakni dengan meningkatkan intensi dalam berwirausaha di kalangan mahasiswa melalui program pendidikan, untuk menghasilkan para entrepreneur muda yang mampu menyokong pertumbuhan ekonomi nasional. Institusi melalui pengembangan materi pendidikan kewirausahaan di dalam perkuliahan, bertujuan membekali mahasiswa dengan konsep teori dan praktik kewirausahaan, yang akan membentuk persepsi serta menggerakan sikap dan motivasi mahasiswa terhadap kewirausahaan, sehingga mengarah kepada intensi mahasiswa untuk berwirausaha. Penelitian ini mengkaji faktor-faktor yang memengaruhi Intensi Berwirausaha, khususnya pada diri Mahasiswa. Tujuan penelitian ini adalah mengetahui signifikansi faktor-faktor yang mempengaruhi Intensi kewirausahaan mahasiswa, yaitu; pendidikan kewirausahaan, lingkungan, melalui faktor sikap, motivasi,dan pesepsi kewirausahaan. Penelitian ini dilakukan pada perguruan tinggi di Kota Jambi baik swasta maupun negeri yang berada dibawah naungan Kemenristekdikti, dengan sampel sebesar 417 mahasiswa program studi Manajemen jenjang strata-1 dengan menggunakan metode purposive sampling. Teknik analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah Structural Equation Modelling smartPLS. Hasil pengujian hipotesis menunjukkan Pendidikan Kewirausahaan dan faktor lingkungan secara langsung maupun tidak langsung berpengaruh positif signifikan terhadap intensi kewirausahaan, dengan sikap; motivasi; dan persepsi kewirausahaan sebagai variabel mediasi. Demikian halnya dengan pengaruh sikap; motivasi;dan persepsi kewirausahaan, secara langsung berpengaruh positif signifikan terhadap intensi kewirausahaan. Berdasarkan hasil penelitian, perguruan tinggi perlu meningkatkan intensi kewirausahaan mahasiswa dengan menggunakan instrumen pendidikan serta dukungan lingkungan baik internal maupun ekternal. Dengan meningkatnya intensi mahasiswa untuk berwirausaha maka secara langsung institusi telah mendukung program pemerintah dalam meningkatkan perekonomian nasional yang notabene sedang dalam masa pemulihan akibat dampak pandemi COVID-19.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Achmad Rozi et.al. 2019. Bintang Visitama Spirituality: The Power of Entrepreneurship. Serang.

Agustina, Tri Siwi, Noorlaily Fitdiarini, dan Aria Heru. 2021. “Entrepreneurial Inten- tions of Accountancy And Management Students.†9(1): 1–13.

Anita,Corry Yohana, Muhammad Yusuf. 2021. “Analisis Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Intensi Berwirausaha Mahasiswa Program Sarjana di Jakarta Anita.†Jurnal Bisnis, Manajemen, dan Keuangan 2(1).

Badan Pusat Statistik. 2020. Analisis Situasi Ketenagakerjaan Provinsi Jambi. https://jambi.bps.go.id/.

———. LAPORAN PEREKONOMIAN INDONESIA 2021. https://www.bps.go.id/.

Darmawati. 2019. “Pengaruh Sikap, Norma Subjektif, Dan Persepsi Kontrol Perilaku Terhadap Perilaku Berwirausaha Dengan Niat Berwirausaha Sebagai Variabel Intervening Pada Mahasiswa Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Islam Uin Alauddin Makassar.†Journal of Chemical Information and Modeling: 19–20.

Purwana, Dedi, Agus Wibowo. 2017. Pendidikan Kewirausahaan Di Perguruan Tinggi. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Djoyohadikusumo, Subagiyo. 2017. “Pengaruh Customer Satisfaction Terhadap Customer Loyalty Pada Pembelian Tiket Online Pesawat Di Surabaya.†Jurnal Ilmiah Mahasiswa Universitas Surabaya 6(2): 1359–76.

Febriyanto. 2015. “Strategi Peningkatan Kewirausahaan Bagi Mahasiswa Di Pendidikan Tinggi.†Jurnal Bisnis Darmajaya 01(01): 105–15.

Jaya Ramadaey Bangsa. 2020. “Pengaruh Lingkungan , Sikap , Dan Akademik Terhadap Niat Berwirausaha Siswa SMK.â€.

Kusmintarti,Anik,Nur Indah Riwajanti,dan Andi Asdani.2017.“Pendidikan Kewirausahaan dan Intensi Kewirausahaan dengan Sikap Kewirausahaan sebagai Mediasi.†Journal of Research and Applications: Accounting and Management 2(2): 119.

Lin, Ling, Zhengwei Huang, Bestoon Othman, dan Yin Luo. 2020. “Let’s make it better: An updated model interpreting international student satisfaction in China based on PLS-SEM approach.†PLoS ONE 15 (July): 1–13. http://dx.doi.org/10.1371/journal.

Paulina, Irene, dan Wardoyo. 2012. “Pengaruh Kecerdasan Emosi, Sikap Mandiri, Dan Lingkungan Terhadap Intensi Berwirausaha Pada Mahasiswa.†Jurnal Dinamika Manajemen 3(1): 1–9.

Pujiastuti, Eny Endah.2013.“Pengaruh Kepribadian Dan Lingkungan Terhadap Intensi Berwirausaha pada Usia Dewasa Awal.â€Jurnal Inovasi dan Kewirausahaan 2(1):1–8.

Sahban,Hernita.2016.“Intensi Kewirausahaan Mahasiswa Serta Dampaknya Pada Pembangunan Ekonomi.â€Jurnal Aplikasi Manajemen Ekonomi dan Bisnis 1(10):1–16.

Sarwono, Jonathan, dan Umi Narimawati. 2020. CV Andi Offset (Penerbit Andi) Membuat Skripsi, Tesis, dan Disertasi dengan Partial Least Square SEM (PLS-SEM).

Suharsono, Naswan. 2020. Pendidikan Kewirausahaan. 2 ed. Depok: Rajawali Pers.

Suharti, Lieli, dan Hani Sirine. 2012. “Faktor-Faktor yang Berpengaruh Terhadap Niat Kewirausahaan.â€Jurnal Manajemen dan Kewirausahaan 13(2).

Suherman, Eman. 2010. Desain Pembelajaran Kewirausahaan.2 ed.Bandung: Alfabeta.Bandung.

Tjahjono, Heru Kurnianto, Tri Maryati, dan Fauziyah Fauziyah. 2013. “Intensi Mahasiswa Yogyakarta Berwirausaha Berbasis Teknologi Informasi (Ti).†Jurnal Siasat Bisnis 17(1): 17–27.

Wirananda, Made, Adi Kusuma, dan I Gde Ketut Warmika. 2016. “Berwirausaha Pada Mahasiswa S1 FEB UNUD Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Udayana, Bali†5(1): 678–705.

Yuniasanti, Reny, dan Metty Verasari. 2015. “Intensi Berwirausaha Pada Mahasiswa Tingkat Akhir.†Psikologika 20(1): 91–99.

Downloads

Published

2021-12-26

How to Cite

Sitanggang, F. A. ., & Sitanggang, P. A. . (2021). ANALISIS FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI INTENSI KEWIRAUSAHAAN MAHASISWA DALAM UPAYA MENGUBAH PARADIGMA MAHASISWA TERHADAP KEWIRAUSAHAAN DENGAN FAKTOR PENDIDIKAN KEWIRAUSAHAAN DAN LINGKUNGAN MELALUI SIKAP, PERSEPSI, DAN MOTIVASI MENJADI ENTREPRENEUR (STUDI KASUS PADA MAHASISWA PRODI MANAJEMEN DI KOTA JAMBI). Jurnal Manajemen Terapan Dan Keuangan, 10(03), 420-434. https://doi.org/10.22437/jmk.v10i03.15382