Register pada Jual Beli Thrift Shop di Instagram dan Tiktok: Kajian Sosiolinguistik

Penulis

  • Wahyu Fitria Lestari Universitas Jambi
  • Ernanda Ernanda Universitas Jambi
  • Anggi Triandana Universitas Jambi

DOI:

https://doi.org/10.22437/kalistra.v2i2.23697

Kata Kunci:

Sosiolinguistik, Register, Thrift Shop, Instagram, TikTok

Abstrak

This study aims to describe the form of registration for buying and selling thrift shops on Instagram and TikTok using Halliday's theory. The main data sources in this study are 10 thrift shop accounts on Instagram during the 2021-2022 period and 1 TikTok account that is broadcasting live with a duration of ± 1 hour. The research data was obtained from screenshots of uploads on Instagram containing captions and comments. In addition, data is obtained through the transcription of recordings of live buying and selling activities or live broadcasts on TikTok. The conclusions from this study indicate that the dominant use of registers in buying and selling thrift shops on Instagram and Tiktok is found to be open envelope registers. Furthermore, it was found data on the use of registers that underwent word formation processes in the form of clipping or shortening of words, acronyms, abbreviations, code mixing, greetings, compounding or combining words, inflections, and derivations. And the process of forming abbreviations or abbreviations and compounding or combining words is the data most used by users as sellers or buyers.

 

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan bentuk register pada jual beli thrift shop di instagram dan tiktok menggunakan teori Halliday. Sumber data utama dalam penelitian ini adalah 10 akun thrift shop di Instagram selama periode tahun 2021-2022 dan 1 akun tiktok yang sedang melakukan siaran langsung dengan durasi ±1jam. Data penelitian diperoleh dari hasil tangkap layar unggahan di instagram berisi caption dan komentar. Selain itu data didapatkan melalui hasil transkripsi rekaman aktivitas jual beli secara live atau siaran langsung di tiktok.

Simpulan dari penelitian ini menunjukkan bahwa penggunaan register pada jual beli thrift shop di instagram dan tiktok yang dominan ditemukan adalah register selingkung terbuka. Selanjutnya ditemukan data penggunaan register yang mengalami proses pembentukan kata berupa clipping atau pemendekatan kata, akronim, abbrevation atau singkatan, campur kode, sapaan, compounding atau penggabungan kata, infleksi, dan derivasi. Dan proses pembentukan kata abbrevation atau singkatan dan compounding atau penggabungan kata merupakan data yang paling banyak digunakan oleh pengguna sebagai penjual ataupun pembeli.

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Referensi

Afria, R. (2016). Peristiwa Tutur, Campur Kode, dan Alih Kode Antara Pedagang dan Pembeli di Pasar Tanjung Bajure Kota Sungai Penuh. Tsaqofah dan Tarikh: Jurnal Kebudayaan dan Sejarah Islam, 1(2), 143-154. doi:http://dx.doi.org/10.29300/ttjksi.v1i2.722

Afria, R., & Wahyudi, G. T. (2020). Analisis Bentuk Pemendekan Kata dalam Permainan DoTA 2: Analysis of Words Abbreviation Form in DoTA 2 Game. Jurnal Bastrindo, 1(2), 173-186. https://doi.org/10.29303/jb.v1i2.52

Afria, R., Harianto, N., & Izar, J. (2022). Explanation of Prohibitions on Agricultural Culture in the Structure, Social Function, and Trust of Kerinci Community. Proceeding International Conference on Malay Identity, 3, 170-179. Retrieved from https://www.conference.unja.ac.id/ICMI/article/view/185

Afria, Rengki., Izar, Julisah., Rosanti, Nurmala. (2020). Analisis Compounding dalam Novel Negeri Lima Menara Karya Ahmad Fuadi: Kajian Morfologi. Genta Bahtera: Jurnal Kebahasaan dan Kesastraan, 6(2), 135-145. https://doi.org/10.47269/gb.v6i2.117

Afria, Rengki., Virginia, Olivia. (2020). Analisis Komposisi dalam Cerpen “Pengantar Tidur Panjang†Karya Eka Kurniawan: Kajian Morfologi. Mabasan, 14(2), 259-276. https://doi.org/10.26499/mab.v14i2.395

Halliday, M. A. K,. & Ruqaya, Hasan,. (1992). Bahasa, Konteks, dan Teks: Aspek-aspek Bahasa dalam Pandagan Semiotik Sosial (terjemahan Asrudin Barori Tou). Yogyakarta: Gadjah Mada University Press.

Holmes, Janet,. (2013). An Introduction To Sosiolinguistic (Fourth Edition). New York: Routledge

Kaye, D. Bondy V,. Zeng, Jing,. & Wikstrom Patrik,. (2022). TikTok: Creativity and Culture in Short Video. Digital Media And Society Series.

Kusmana, A., & Afria, R. (2018). Analisis Ungkapan Makian dalam Bahasa Kerinci: Studi Sosiolinguistik. Titian: Jurnal Ilmu Humaniora, 2(02), 173 -. https://doi.org/10.22437/titian.v2i02.6090

Landsverk, Kjell H,. (2014). The Instagram Hanbook. London, UK: PrimeHead Limited.

##submission.downloads##

Diterbitkan

2023-05-15

Cara Mengutip

Lestari, W. F. ., Ernanda, E., & Triandana, A. (2023). Register pada Jual Beli Thrift Shop di Instagram dan Tiktok: Kajian Sosiolinguistik. Kajian Linguistik Dan Sastra, 2(2), 202-213. https://doi.org/10.22437/kalistra.v2i2.23697

Terbitan

Bagian

Articles

Artikel paling banyak dibaca berdasarkan penulis yang sama

<< < 1 2 3 > >>