Augmented reality: Analisis Pengembangan Media Pembelajaran Kimia untuk Meningkatkan Keterampilan 4C Mahasiswa
DOI:
https://doi.org/10.22437/jisic.v11i2.8124Abstract
[ Augmented reality: Analysis of Development the Chemical Instructional Media to Improve 4c Skill of Students ]
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui proses pengembangan media pembelajaran kimia berbasis augmented reality dengan harapan dapat digunakan untuk meningkat keterampilan 4C mahasiswa. Jenis penelitian termasuk kedalam penelitian dan pengembangan (R&D) dengan menggunakan model pengembangan ADDIE yang terdiri dari lima tahap. Pada artikel ini pembahasan akan difokuskan pada tahap analisis. Fokus kegiatan pada tahap analisis yaitu menganalisa keterampilan yang dibutuhkan di abad 21, menganalisa proses pembelajaran, menganalisa berbagai kemungkinan media pembelajaran yang dapat digunakan dan mengambil suatu keputusan. Instrumen yang digunakan pada tahap ini yaitu lembar observasi, tes essay, angket dan daftar pertanyaan wawancara. Subjek uji coba adalah program studi Pendidikan Teknik Mesin Fakultas Teknik dan Kejuruan Universitas Pendidikan Ganesha, sampel merupakan mahasiswa yang mengontrak matakuliah kimia teknik. Berdasarkan hasil analisis kebutuhan dan analisis awal dan akhir, maka ditetapkan media yang paling sesuai dan akan dikembangkan yaitu augmented reality yang didukung dengan seperangkat kartu pembelajaran. Produk yang dihasilkan harus didesain untuk dapat meningkatkan keterampilan 4C mahasiswa.
Downloads
Downloads
Published
Versions
- 2019-12-20 (1)
- 2019-12-20 (1)
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2019 edi Elisa, IGede Wiratmaja
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.