https://online-journal.unja.ac.id/jisic/issue/feed Journal of The Indonesian Society of Integrated Chemistry 2021-08-29T21:37:39+07:00 Wilda Syahri fathanputraandi@gmail.com Open Journal Systems <div class="current_issue_title" style="font-size: 30px; color: #154259;"><strong>Vol 13, No 2, Dec 2021 (In progress)</strong></div> <div class="obj_issue_toc"> <div class="heading"> <div class="description"> <p><strong>JISIC (Journal of The Indonesian Society of Integrated Chemistry)</strong></p> </div> <div class="published" style="font-size: 18px; color: #a32b07;"><strong><span class="label"> Will Be Published: </span> </strong><span class="value"><strong> 2021-12-20</strong> </span></div> <div class="published"><hr /></div> <div class="published"><span class="value"><strong><em>Title: JISIC (Journal of The Indonesian Society of Integrated Chemistry)<br />ISSN: P-ISSN <a href="http://issn.pdii.lipi.go.id/issn.cgi?daftar&amp;1329009962">2085-1715</a> dan E-ISSN <a href="http://issn.pdii.lipi.go.id/issn.cgi?daftar&amp;1526959750&amp;1&amp;&amp;">2621-5543</a><br />Frequency Publish: R<span class="tlid-translation translation" lang="en"><span class="" title="">egularly twice a year in June and December, Every issue consisted of 5 - 8 articles and therefore, every volume consisted of 10-16 articles</span></span><br />Language: Indonesia, English</em></strong></span></div> <div class="published"><span class="value"><strong><em>Journal of the Indonesian Society of Integrated Chemistry (JISIC) is a chemistry journal published by Chemistry Education Study Program at Jambi University, Indonesia. Address: Jln. Raya Jambi-Ma. Bulian KM 15 Muaro Jambi, Jambi, Indonesia. </em></strong></span><span class="value"><strong><em>JISIC publishes original research articles in chemical education (can be Lesson Study or PTK, Chemical Learning Resources/Materials, Chemical Learning Curriculum, Chemical Laboratory Management, Chemical Learning Evaluation, and Special Education Professions Teachers Chemical Subject), Organic Chemistry, Inorganic Chemistry, Analytical Chemistry, Physical Chemistry, Biochemistry, and Environmental Chemistry. JISIC <span class="tlid-translation translation" lang="en"><span class="" title="">published regularly twice a year in June and December. First edition of JISIC published in 2009.</span></span><br /></em></strong></span></div> <div class="published"> </div> </div> </div> https://online-journal.unja.ac.id/jisic/article/view/13049 Aktivitas Antibakteri Fraksi Teraktif Kulit Batang Trengguli (Cassia fistula L.) Terhadap Propionibacterium acnes Isolat Klinis dan Pseudomonas aeruginosa ATCC 27853 dalam Sediaan Salep 2021-06-02T20:12:24+07:00 Tiana Milanda tiana.milanda@unpad.ac.id Septiyani Mustikawati Mustikawati@gmail.com Anis Yohana Chaerunisaa Chaerunisaa@gmail.com <p><em>[<strong>Antibacterial Activity of the Most Active Fraction of Trengguli Bark (Cassia fistula L.) Against Propionibacterium acnes Clinical Isolate and Pseudomonas aeruginosa ATCC 27853 in Ointment Preparation</strong>]</em></p> <p>Infeksi bakteri pada kulit umumnya disebabkan oleh <em>Propionibacterium acnes </em>dan <em>Pseudomonas aeruginosa</em>. Tanaman trengguli (<em>Cassia fistula </em>L.) diketahui memiliki aktivitas antibakteri yang sangat kuat. Pada penelitian ini dilakukan formulasi sediaan salep antibakteri dari fraksi teraktif kulit batang trengguli. Evaluasi fisik dan uji aktivitas terhadap kedua bakteri uji dilakukan terhadap sediaan dengan pengujian stabilitas setelah 28 hari penyimpanan. Pengujian aktivitas antibakteri dilakukan dengan menggunakan metode difusi agar. Nilai Konsentrasi Hambat Tumbuh Minimum (KHTM) dan Konsentrasi Bunuh Minimum (KBM) ditentukan dengan metode mikrodilusi. Formula salep dibuat dengan konsentrasi fraksi teraktif 2–4 X KHTM. Karakteristik fisik dari sediaan yang diamati meliputi perubahan organoleptik, pH, dan viskositas selama penyimpanan. Profil Kromatografi Lapis Tipis dari fraksi dibandingkan antara sebelum dan setelah dibuat sediaan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa fraksi etil asetat sebagai fraksi teraktif memiliki KHTM dan KBM sebesar 175 dan 350 ppm untuk <em>Propionibacterium acnes, </em>serta 400 dan 800 ppm untuk <em>Pseudomonas aeruginosa</em>. Dari hasil evaluasi terhadap formula dapat disimpulkan bahwa karakteristik fisik dari sediaan salep basis hidrofob dan hidrofil tidak berubah selama 28 hari penyimpanan. Dari kedua jenis salep tersebut, salep basis hidrofil memiliki aktivitas lebih baik dengan diameter zona hambat yang tidak mengalami perubahan selama 28 hari penyimpanan.</p> 2021-08-02T00:00:00+07:00 Copyright (c) 2021 Tiana Milanda, Septiyani Mustikawati, Anis Yohana Chaerunisaa https://online-journal.unja.ac.id/jisic/article/view/12670 The Effectiveness of Learning Using Virtual Laboratory Toward Student Critical Thinking Ability on Acid-Base Titration Lesson 2021-06-01T20:17:11+07:00 Zera Seftiami Putri zeraseftiami@gmail.com Yenni Kurniawati jisic@unja.ac.id <p><strong>ABSTRACT</strong></p> <p>The learning with experiment activities in the laboratory could increase students' critical thinking ability, but there were some obstacles in its implementation such as a lack of practical work tools in the laboratory. To overcome it, it was used a learning media that could show practical work virtually. This research aimed to know the difference in critical thinking ability between students taught by using a learning method with virtual laboratory and those who were taught by using conventional learning, and the effectiveness of learning using virtual laboratory toward student critical thinking. The experimental method was used in this research with pretest-posttest non-equivalent control group design and purposive sampling technique. The techniques of analyzing the data were t-test to know the difference in student critical thinking and N-gain test to know the effectiveness level. The research findings showed that there was a difference in critical thinking ability between students of experimental and control groups, the posttest mean score of critical thinking ability of the experimental group was 81.91 and the control group was 75.22, this difference could also be seen from the calculation result of t-test that the significance score 0.002 was lower than 0.05, so H<sub>0</sub> was rejected and H<sub>a</sub> was accepted; effective learning. It was proven by the obtained N-gain score of each student in the experimental group, 28 students were in the high N-gain category with 93.33% percentage and 2 students who were in the medium N-gain category with 6.67% percentage<em>. </em></p> 2021-08-02T00:00:00+07:00 Copyright (c) 2021 Zera Seftiami Putri, Yenni Kurniawati https://online-journal.unja.ac.id/jisic/article/view/11716 Authentic Assessment in The Pandemic Period 2021-01-11T22:36:40+07:00 Das Salirawati das_salirawati@uny.ac.id <p><em>The pandemic period was resulted in a sudden change from an offline to an online learning system without any preparation. This condition requires educators to harmonize the assessment system carried out so that it is suitable and relevant to the current pandemic era. Educators should be able to find a new formula for conducting assessments that are easy, simple, but still represent the student competency. This article provides strategies for how to perform authentic assessments in online learning in the pandemic era. This research is a descriptive study that focuses on solving actual problems encountered by educators (teachers) when learning takes place online due to the pandemic. Several authentic assessments that can be performed are (1) giving simple quizzes frequently, (2) giving assignments at the end of online learning activities, as detecting students' understanding of the material presented, (3) making variations in the form of questions and assignments so that students don't get bored, excited, and interested in studying, and (4) deliberating for deadlines and increasing the number of test questions/exams.</em></p> 2021-06-30T00:00:00+07:00 Copyright (c) 2021 Das Salirawati https://online-journal.unja.ac.id/jisic/article/view/12263 Pembelajaran Online di Program Studi Pendidikan Kimia : Survei Kesiapan Mahasiswa 2021-03-18T11:45:44+07:00 Julia Mardhiya julia.mardhiya@walisongo.ac.id <p><em>[<strong>Online Learning in Chemistry Education Study Programs: Student Readiness Surveys</strong>]</em></p> <p>Kesiapan mahasiswa merupakan salah satu faktor keberhasilan dalam pembelajaran daring. Studi ini mengeksplorasi kesiapan mahasiswa untuk pembelajaran daring di Prodi Pendidikan Kimia UIN Walisongo Semarang. Penelitian ini mengadopsi desain penelitian survei dengan instrumen <em>Online Readiness Scale (</em>OLRS) yang valid dan reliabel. OLRS memiliki lima aspek yaitu efikasi diri dalam penggunaan komputer, kemandirian dalam belajar, pengendalian diri, motivasi, dan efikasi diri dalam komunikasi secara <em>online</em>. 90 mahasiswa terlibat dalam survei kesiapan mahasiswa ini. Hasil pengisian angket dianalisis dengan menggunakan metode deskriptif kuantitatif. Media pembelajaran <em>online</em> yang paling sering digunakan mahasiswa adalah E-<em>Learning</em> dan <em>Whatapps Group. </em>Mahasiswa memiliki tingkat kesiapan tertinggi dalam dimensi efikasi diri pada komputer dan internet, diikuti oleh kemandirian dan motivasi untuk belajar. Sedangkan yang terendah adalah efikasi diri pada komunikasi online dan pengendalian diri. Tantangan terbesar yang mereka hadapi saat belajar online adalah konektivitas internet diikuti dengan data <em>broadband</em> yang terbatas. Hal ini dapat dijadikan evaluasi dalam penyelenggaraan pembelajaran <em>online</em> di Pendidikan Kimia UIN Walisongo Semarang</p> 2021-06-30T00:00:00+07:00 Copyright (c) 2021 Julia Mardhiya https://online-journal.unja.ac.id/jisic/article/view/12608 Pengembangan Multimedia Pembelajaran Materi Reaksi Polimerisasi Untuk Meningkatkan Kemampuan Literasi Sains Mahasiswa 2021-04-17T11:53:40+07:00 Yusnaidar Yusnaidar yusnaidar.yusnaidar@unja.ac.id Wilda Syahri jisic@unja.ac.id Muhaimin Muhaimin jisic@unja.ac.id Winda Sitia Elisabet Br Sinaga jisic@unja.ac.id <p><em>[<strong>Development of Learning Multimedia for Polymerization Reaction to Improve Students' Science Literacy Ability</strong>]</em></p> <p>Mata kuliah Polimer di Prodi Pendidikan Kimia merupakan salah satu mata kuliah yang materinya banyak mengkaji reaksi polimerisasi. Kemampuan literasi kimia polimer mahasiswa pada materi reaksi polimerisasi merupakan salah satu kemampuan yang penting untuk dimiliki oleh mahasiswa di era pendidikan saat ini. Pada saat ini hampir di semua lini kehidupan berhubungan dengan polimer. Reaksi polimerisasi adalah reaksi senyawa molekul besar berbentuk rantai atau jaringan yang tersusun dari gabungan ribuan hingga jutaan unit pembangun yang berulang. Karakteristik materi reaksi polimerisasi yang bersifat abstrak membuat mahasiswa tidak dapat melihat secara langsung proses yang terjadi pada sistem reaksi polimerisasi. Penjelasan tersebut apabila disampaikan secara teori sulit untuk dipahami mahasiswa. Maka, untuk materi reaksi polimerisasi diperlukan penjelasan menggunakan multimedia yang memiliki representasi kimia khususnya multipel representasi. Pengembangan media pembelajaran reaksi polimerisasi (MPRP) telah dilakukan yang mengandung multipel representasi yang dapat membantu mahasiswa untuk dapat secara mandiri mempelajari dan memahami materi reaksi polimerisasi, sehingga memberikan keleluasaan dan keluwesan bagi mahasiswa. MPRP hasil pengembangan menggunakan model pengembangan ADDIE (Analisis, Desain, Pengembangan, Implementasi, Evaluasi) dinilai sangat baik oleh ahli materi dan media, serta hasil respons mahasiswa dikatakan bahwa MPRP dapat membantu mahasiswa dalam mempelajari reaksi polimerisasi, sehingga diharapkan MPRP dapat meningkatkan kemampuan literasi sains kimia polimer mahasiswa pada materi reaksi polimerisasi</p> 2021-06-30T00:00:00+07:00 Copyright (c) 2021 Yusnaidar Yusnaidar, Wilda Syahri, Muhaimin, Winda Sitia Elisabet Br Sinaga https://online-journal.unja.ac.id/jisic/article/view/12965 Pembuatan Dan Karakterisasi Komposit Termoplastik Elastomer Dari Karet Alam-Polipropilena Bekas Dengan Filler Tandan Kosong Kelapa Sawit 2021-05-27T13:33:20+07:00 Dedri Syafei dedri.932@gmail.com Wimpy Prendika jisic@unja.ac.id <p><em>[<strong>The Preparation and Characterization of Thermoplastic Elastomer Natural Rubber-Polypropylene Waste with Oil Palm Empty Bunches as Filler</strong>]</em></p> <p>Salah satu cara mengurangi limbah adalah dengan memaksimalkan pemanfaatan plastik Polipropilena (PP) bekas dan Tandan Kosong Kelapa Sawit (TKKS). Karet Alam (KA) dapat mengurangi sifat getas plastik PP dan meningkatkan nilai jual karet rakyat. Tujuan penelitian ini adalah untuk membuat dan mengkarakterisasi komposit Termoplastik Elastomer (TPE) KA/ PP/TKKS. Pembuatan komposit TPE dilakukan dengan metode reflux dengan rasio KA/PP bekas sebesar 50:50 (b/b) dan variasi penambahan TKKS yaitu 0 g; 9,8 g; 19,2 g; 28,4 g; 37,0 g; dan 45,4 g dengan berat total 500 g. Komposit dikarakterisasi berdasarkan uji daya serap air, uji densitas, uji kuat tarik dan analisis Scanning Electron Microscopy (SEM). Komposit TPE yang dihasilkan berwarna cokelat. Hasil uji daya serap air menunjukkan peningkatan dengan meningkatnya jumlah TKKS dalam komposit. Hasil optimum ditunjukkan oleh sampel yang mengandung 19,2 g TKKS, dengan nilai densitas 0.856517 g/cm<sup>3</sup> dan nilai kuat tarik 3.803 MPa. Nilai optimum ini juga didukung oleh hasil analisis (SEM) yang menunjukkan terbentuknya rongga-rongga kosong yang relatif banyak, merata, bentuk permukaan yang rata dan tidak terbentuk aglomerasi pada komposit.</p> 2021-06-30T00:00:00+07:00 Copyright (c) 2021 Dedri Syafei Syafei https://online-journal.unja.ac.id/jisic/article/view/14507 Peningkatan Kemampuan Literasi Sains Siswa Menggunakan Model Pembelajaran Contextual Teaching and Learning Berbantukan Google Classroom Dimasa Pandemi Covid-19 pada Mata Pelajaran Kimia 2021-08-29T21:37:39+07:00 Pitnelly Pitnelly pitnelly.manbungo@gmail.com Sri Wahyuni jisic@unja.ac.id Edi Elisa edi.elisa@undiksha.ac.id Zurweni Zurweni zurweni.noni@unja.ac.id Affan Malik affanmalik@unja.ac.id <p><em><strong>[Improving Students' Science Literacy Ability Using the Contextual Teaching and Learning Model Assisted by Google Classroom During the Covid-19 Pandemic in Chemistry Subjects]</strong></em></p> <p>Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk meningkatkan kemampuan literasi sains siswa dengan menggunakan model pembelajaran contextual teaching and learning dimasa pandemi covid-19 dimana materi pelajaran di sampaikan secara daring melalaui <em>google classroom. </em>Penelitian dilakukan di MAN 1 Muaro Bungo pada materi pelajaran kimia semester genap tahun pelajaran 2020/2021. Subjek penelitian adalah seluruh siswa kelas XI MIPA. Desain penelitian yang digunakan yaitu peneltian tindakan kelas yang dilaksanakan dalam tiga siklus. Instrumen penelitian berupa soal tes untuk mengetahui kemampuan literasi sains siswa pada mata pelajaran kimia dan lembar observasi untuk mengetahui karateristik siswa serta lembar pengamatan untuk mengetahui apakah guru telah melaksanakan pembelajaran sesuai dengan desain penelitian. Data penelitian dianalisis dengan menggunakan pencapaian hasil belajar klasikal. Berdasarkan data penelitian dapat diketahui bahwa terjadi peningkatan kemampuan literasi sains siswa dan karakter siswa pada setiap siklusnya. Pada siklus 3 dapat diketahui bahwa hasil belajar kognitif seluruh siswa telah melampaui KKM sebesar 75 sehingga dapat disimpulkan bahwa penelitian berhasil dilaksanakan dengan baik</p> 2021-06-30T00:00:00+07:00 Copyright (c) 2021 Pitnelly, Sri Wahyuni, Edi Elisa, Zurweni, Affan Malik