https://online-journal.unja.ac.id/jisic/issue/feed Journal of The Indonesian Society of Integrated Chemistry 2021-02-07T21:46:12+07:00 Muhaimin edelchems@unja.ac.id Open Journal Systems <p><span style="font-size: 12.000000pt; font-family: 'Times New Roman,BoldItalic';">JISIC </span><span style="font-size: 12.000000pt; font-family: 'Times New Roman';">yang diterbitkan oleh Program Studi Pendidikan Kimia FKIP Universitas Jambi dua kali dalam setahun, merupakan jurnal kimia yang berkaitan dengan hasil-hasil penelitian pada bidang kimia pendidikan, kimia murni, aplikasi dan bidang lain yang terkait dengan kimia. Tujuan publikasi jurnal ini adalah untuk menyebarluaskan informasi hasil-hasil penelitian pada berbagai bidang kimia kepada para akademisi, praktisi, mahasiswa dan pihak lain yang berminat pada penelitian yang berkaitan dengan kimia. Setiap artikel yang diterima akan melalui proses </span><span style="font-size: 12.000000pt; font-family: 'Times New Roman,Italic';">blind review </span><span style="font-size: 12.000000pt; font-family: 'Times New Roman';">oleh dewan editor </span><span style="font-size: 12.000000pt; font-family: 'Times New Roman,BoldItalic';">JISIC</span><span style="font-size: 12.000000pt; font-family: 'Times New Roman';">. Kriteria-kriteria yang dipertimbangkan dalam review antara lain: (1) memenuhi persyaratan standar publikasi ilmiah, (2) metodologi riset yang dipakai, dan (3) artikel diharapkan dapat memberi dampak luas terhadap para pembaca terlebih lagi pada aspek kimia di Indonesia. </span><br><span style="font-size: 12pt;"><strong><span style="font-family: 'Times New Roman';">P-ISSN: 2085-1715;&nbsp;</span></strong></span><a href="http://issn.pdii.lipi.go.id/issn.cgi?kirimdaftar&amp;1526959750&amp;2236"><strong style="font-size: 12pt;"><span style="font-family: 'Times New Roman';">E-ISSN: 2621-5543</span></strong></a></p> https://online-journal.unja.ac.id/jisic/article/view/10656 Optimalisasi Pemanfaatan Ekstrak Daun Siamih (Ageratum conyzoides L) sebagai Antioksidan pada Tubuh Manusia menggunakan Metode DPPH 2020-11-15T00:46:42+07:00 Lovera Anggraini lovera.anggraini@univrab.ac.id Deri Islami lovera.anggraini@univrab.ac.id <p><em>[<strong>Optimization of the Utilization of Siamih Leaf Extract (Ageratum conyzoides L) as an Antioxidant in the Human Body using the DPPH Method</strong>]</em></p> <p><em>Senyawa antioksidan semakin banyak digunakan dalam bidang pangan ataupun bidang kesehatan. Riset ini bertujuan buat mengenali manfaat ekstrak daun siamih (Ageratum conyzoides L) selaku antioksidan pada badan manusia, dengan memakai pengujian fitokimia buat mengenali senyawa metabolit sekunder yang tercantum dalam ekstrak daun Siamih (Ageratum conyzoides L), dan memastikan besarnya aktifitas antioksidan senyawa metabolit sekunder yang dihasilkan oleh ekstrak daun siamih (Ageratum conyzoides L) menggunakan prosedur DPPH. Perlengkapan yang digunakan yakni microplate reader dengan panjang gelombang maksimum pengukuran merupakan 520 nm. Parameter yang digunakan untuk mengenali aktifitas antioksidan yakni( Inhibition Concentration). Berdasarkan riset ini, ilustrasi ekstrak metanol daun siamih (Ageratum conyzoides L) mempunyai nilai lebih besar dibanding sampel ekstrak n- heksan daun siamih (Ageratum conyzoides L).</em></p> 2021-01-02T00:00:00+07:00 Copyright (c) 2020 Lovera Anggraini, Deri Islami https://online-journal.unja.ac.id/jisic/article/view/11005 Proyek Video Sebagai Asesmen Alternatif dalam Pembelajaran Daring Mata Kuliah Kimia Dasar 2020-11-15T00:48:10+07:00 Julia Mardhiya julia.mardhiya@walisongo.ac.id Hanifah Setiowati hanifahsetiowati@walisongo.ac.id Lenni Khotimah Harahap lennikhotimahharahap@walisongo.ac.id <p><em>[ <strong>Video Project As an Alternative Assessment in Learning Basic Chemistry Courses </strong>]</em></p> <p><em>Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui respon mahasiswa dalam penggunaan tugas proyek video sebagai asesmen alternatif pada mata kuliah Kimia Dasar selama pembelajaran daring. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif deskriptif. Data diperoleh dari calon guru (N = 80) yang diberikan tugas proyek video untuk menjelaskan materi dan soal-soal pada mata kuliah Kimia Dasar. Di akhir sesi, mahasiswa mengisi kuesioner untuk mengetahui tanggapan mahasiswa mengenai pembelajaran denga tugas proyek video. Wawancara juga dilakukan dalam penelitian ini. Temuan penelitian ini menunjukkan bahwa mahasiswa memberikan respon positif pada tugas proyek video memberikan manfaat bagi mahasiswa yaitu mahasiswa dapat menerapkan pengetahuan, meningkatkan motivasi, dan kemandirian dalam belajar. Selain itu, tugas proyek video ini juga memberikan manfaat dalam kerja tim dan peningkatan keterampilan dalam menggunakan teknologi untuk belajar</em></p> 2021-01-02T00:00:00+07:00 Copyright (c) 2020 Julia Mardhiya, Hanifah Setiowati, Lenni Khotimah Harahap https://online-journal.unja.ac.id/jisic/article/view/11243 Pengembangan Laboratorium Virtual Kimia Teknik untuk Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kritis dan Proses Sains Mahasiswa 2020-12-30T22:50:33+07:00 Edi Elisa edi.elisa@undiksha.ac.id I Gede Wiratmaja pendteknikmesinundiksha@gmail.com I Nyoman Pasek Nugraha paseknugraha@undiksha.ac.id Kadek Rihendra Dantes rihendra-dantes@undiksha.ac.id <p>[<strong>Development of The Virtual Laboratory of Engineering Chemistry to Increase Students' Critical Thinking and Science Processes Skills</strong>]</p> <p>TTujuan penelitian ini yaitu untuk mengembangkan media pembelajaran laboratorium virtual kimia yang didesain untuk dapat meningkatkan keterampilan berpikir kritis dan keterampilan proses sains mahasiswa secara mandiri dimasa pandemi covid-19. Pendekatan yang digunakan yaitu penelitian dan pengembangan dengan model ADDIE. Validasi ahli materi dan media digunakan untuk menilai kelayakan media. Uji kepraktisan melalui uji kelompok kecil dan kelompok besar. Data dikumpulkan melalui pengamatan langsung, wawancara, observasi, dan angket. Data dianalisis menggunakan statistik deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa laboratorium virtual sangat layak dan praktis untuk digunakan pada pembelajaran kimia teknik serta untuk meningkatkan keterampilan berpikir kritis dan proses sains mahasiswa secara mandiri.</p> 2021-01-02T00:00:00+07:00 Copyright (c) 2020 Edi Elisa, I Gede Wiratmaja, I Nyoman Pasek Nugraha, Kadek Rihendra Dantes https://online-journal.unja.ac.id/jisic/article/view/11087 Peningkatan Keaktifan dan Hasil Belajar Siswa Melalui Model Picture and Picture Berbantuan Media E-Komik 2020-11-23T10:23:53+07:00 Fuldiaratman Fuldiaratman fuldiaratman@unja.ac.id Minarni Minarni minarni@unja.ac.id <p>[<strong><em>Improving Student Activity and Learning Outcomes with Picture and Picture Model Assisted by E-Comic Media</em></strong>]</p> <p>Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan keaktifan dan hasil belajar siswa melalui pembelajaran yang dilaksanakan dengan model kooperatif <em>picture and picture </em>berbantuan e-komik. Aktivitas guru dan siswa diamati oleh observer dan direkam dalam bentuk video. Berdasarkan hasil observasi dan rekaman video dilakukan refleksi untuk perencanaan pembelajaran disiklus selanjutnya. Setiap akhir siklus diadakan postes. Data keaktifan dikumpulkan dengan metode observasi dan data hasil belajar dengan metode tes. Instrument berupa lembar observasi keaktifan guru, keaktifan siswa dan alat evaluasi berupa tes pilihan ganda untuk mengumpulkan data hasil belajar. Luaran yang dicapai atau diperoleh dari penelitian ini adalah Aktivitas guru dalam mengelola pembelajaran dengan menerapkan model <em>picture and picture</em> berbantuan media e-komik pada materi faktor-faktor yang mempengaruhi laju reaksi untuk setiap siklusnya berada pada kategori baik, yang mana pada siklus I dengan nilai rata-rata 78,57% meningkat pada siklus II dengan nilai rata-rata 88,57%. Aktivitas siswa pada saat penerapan model <em>picture and picture</em> berbantuan media e-komik pada materi faktor-faktor yang mempengaruhi laju reaksi adalah efektif, yang mana pada siklus I dengan nilai rata-rata 77,14% meningkat pada siklus II dengan nilai rata-rata 87,14%. Hasil belajar siswa mengalami peningkatan dengan nilai rata-rata pada siklus I yaitu 66,66% dan siklus II yaitu 96,29%. Dapat disimpulkan keaktifan belajar siswa dan hasil belajar siswa setelah penerapan model pembelajaran <em>picture and picture</em> berbantuan media e-komik terjadi peningkatan.</p> 2021-01-02T00:00:00+07:00 Copyright (c) 2020 Fuldiaratman Fuldiaratman https://online-journal.unja.ac.id/jisic/article/view/11072 Analisis Kemampuan Mahasiswa dalam Pengembangan RPP Mata Pelajaran Kimia Melalui Pendekatan Saintifik 2020-11-20T22:56:02+07:00 Lenni Khotimah Harahap lenniharahap@walisongo.ac.id Sri Rahmania jisic@unja.ac.id <p><em>[</em><strong>Analysis of Student Ability in the Development of Chemistry Lesson Plan Through a Scientific Approach</strong>]</p> <p>Sebelum melaksanakan pembelajaran, guru harus terlebih dahulu mempersiapkan dan merencanakan perangkat pembelajaran yang salah satunya adalah RPP, dimana mahasiswa Pendidikan Kimia Uin Walisongo Semarang sebagai calon guru harus mampu menyusun perangkat pembelajaran sebagai bekal nantinya ketika memasuki dunia kerja. Tujuan dari penelitian ini adalah menganalisis pendekatan saintifik dalam tahapan kegiatan pembelajaran penyusunan RPP mata pelajaran kimia oleh mahasiswa yang mengambil matakuliah Perencanaan Pembelajaran. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh mahasiswa Pendidikan Kimia Uin Walisongo Semarang semester 5 yang mengambil matakuliah Perencanaan Pembelajaran. Sampel dalam penelitian ini yakni 25 mahasiswa. Instrumen pengumpul data berupa angket analisis pendekatan saintifik penyusunan RPP. Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan diperoleh bahwa dari 25 sampel menunjukkan kemampuan pada tahap mengamati yakni 83%, menanya 80%, mengumpulkan informasi 75%, mengasosiasikan/mengolah informasi 76% dan mengkomunikasikan 81 %.</p> <p><em> </em></p> 2021-01-02T00:00:00+07:00 Copyright (c) 2020 Lenni Khotimah Harahap, Sri Rahmania https://online-journal.unja.ac.id/jisic/article/view/12040 Modifikasi Viskositas Kappa Karagenan Sebagai Gelling Agent Menggunakan Metode Polymer Blend 2021-02-07T21:46:12+07:00 Anis Yohana Chaerunisaa anis.yohana.chaerunisaa@unpad.ac.id Patihul Husni anis.yohana.chaerunisaa@unpad.ac.id Fairuzati Anisah Murthadiah anis.yohana.chaerunisaa@unpad.ac.id <p><strong><em>[ </em><em>Viscosity Modification of Kappa Carrageenan as Gelling Agent Using Polymer Blend Method </em><em>]</em></strong></p> <p><em>Gelling agent </em>merupakan zat hidrokoloid yang dapat meningkatkan viskositas dan menstabilkan sediaan gel. Karagenan sebagai salah satu <em>gelling agent</em> memiliki konsistensi yang kaku dan padat. Untuk mendapatkan gel karagenan dengan viskositas yang memenuhi standar suatu gelling agent, tetapi memiliki sifat fisikokimia dan stabilitas yang memenuhi syarat, maka diperlukan modifikasi pada kappa karagenan. Salah satu metode modifikasi <em>gelling agent</em> adalah metode <em>polymer blend.</em> Modifikasi viskositas dari gel karagenan dilakukan dengan mencampurkan kappa karagenan dengan berbagai tipe gelling agent yaitu iota karagenan, carbomer 940, natrium karboksimetilselulosa, natrium alginat, dan gelatin dengan perbandingan 10:90, 20:80, 30:70, 40:60, 50:50. Hasil penelitian menunjukan bahwa modifikasi terbaik yang sesuai dengan standar gel adalah pada campuran gel kappa karagenan : carbomer 940 dengan perbandingan 90:10 dan campuran gel kappa karagenan : natrium karboksimetil selulosa dengan perbandingan 70:30. Percampuran kappa karagenan dengan iota karagenan, carbomer 940, natrium karboksimetil selulosa (NaCMC), natrium alginat dan gelatin mempengaruhi viskositas, sineresis, swelling ratio, kekuatan gel dan kekerasan gel, namun tidak mempengaruhi pH dan rheologi dari gel.</p> 2020-12-30T00:00:00+07:00 Copyright (c) 2020 Anis Yohana Chaerunisaa