Journal of The Indonesian Society of Integrated Chemistry https://online-journal.unja.ac.id/jisic <p><span style="font-size: 12.000000pt; font-family: 'Times New Roman,BoldItalic';">JISIC </span><span style="font-size: 12.000000pt; font-family: 'Times New Roman';">yang diterbitkan oleh Program Studi Pendidikan Kimia FKIP Universitas Jambi dua kali dalam setahun, merupakan jurnal kimia yang berkaitan dengan hasil-hasil penelitian pada bidang kimia pendidikan, kimia murni, aplikasi dan bidang lain yang terkait dengan kimia. Tujuan publikasi jurnal ini adalah untuk menyebarluaskan informasi hasil-hasil penelitian pada berbagai bidang kimia kepada para akademisi, praktisi, mahasiswa dan pihak lain yang berminat pada penelitian yang berkaitan dengan kimia. Setiap artikel yang diterima akan melalui proses </span><span style="font-size: 12.000000pt; font-family: 'Times New Roman,Italic';">blind review </span><span style="font-size: 12.000000pt; font-family: 'Times New Roman';">oleh dewan editor </span><span style="font-size: 12.000000pt; font-family: 'Times New Roman,BoldItalic';">JISIC</span><span style="font-size: 12.000000pt; font-family: 'Times New Roman';">. Kriteria-kriteria yang dipertimbangkan dalam review antara lain: (1) memenuhi persyaratan standar publikasi ilmiah, (2) metodologi riset yang dipakai, dan (3) artikel diharapkan dapat memberi dampak luas terhadap para pembaca terlebih lagi pada aspek kimia di Indonesia. </span><br><span style="font-size: 12pt;"><strong><span style="font-family: 'Times New Roman';">P-ISSN: 2085-1715;&nbsp;</span></strong></span><a href="http://issn.pdii.lipi.go.id/issn.cgi?kirimdaftar&amp;1526959750&amp;2236"><strong style="font-size: 12pt;"><span style="font-family: 'Times New Roman';">E-ISSN: 2621-5543</span></strong></a></p> en-US edelchems@unja.ac.id (Muhaimin) jisic@unja.ac.id (Team Jisic) Thu, 02 Jul 2020 03:09:01 +0700 OJS 3.1.2.1 http://blogs.law.harvard.edu/tech/rss 60 Teh Herbal Antibakteri dari Ekstrak Tumbuhan Patikan Cina, (Euphorbia thymifolia Linn.) https://online-journal.unja.ac.id/jisic/article/view/8689 <p><em><strong>[ Antibacterial Herbal Tea of Patikan Cina Extract Plant, (Euphorbia thymifolia Linn.) ]</strong></em></p> <p>Tumbuhan patikan cina (Euphorbia thymifolia Linn.) sudah sejak lama dimanfaatkan oleh masyarakat di pedesaan secara tradisional sebagai obat dan telah terbukti memiliki khasiat untuk pengobatan berbagai jenis penyakit, diantaranya diare dan disentri. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan teh herbal Patikan Cina yang berkhasiat sebagai antibakteri terhadap Escherichia coli dan Shigella dysenteriae sebagai minuman fungsional untuk pengobatan penyakit diare dan disentri. Pembuatan teh herbal patikan cina dilakukan dengan mencampur filtrat patikan cina dan daun stevia (70:30, 80:20, 90:10 v/v) kemudian ditambahkan filtrat daun jambu biji (0%, 2,5%, 5%, dan 7,5%). Kemudian diaduk hingga homogen. Sehingga diperoleh 12 formula minuman teh herbal patikan cina. Metode penelitian dilakukan menggunakan Rancangan Acak Lengkap (RAL) dan tiap perlakuan diulang sebanyak 3 kali. Penentuan teh herbal terbaik dipilih dengan pembobotan secara subyektif. Teh herbal terbaik yang terpilih dari campuran patikan cina, daun stevia, dan daun jambu biji adalah teh herbal dengan komposisi formulasi patikan cina 70%; stevia 30%; tanpa penambahan daun jambu biji. Produk teh herbal terbaik yang terpilih memiliki pH 5,02; kadar sari 0,5%; serta mampu menghambat E.coli 0,15 mm dan S.dysentriae 8,22 mm.</p> Afrida Afrida, Aulia Sanova Copyright (c) 2020 Afrida https://online-journal.unja.ac.id/jisic/article/view/8689 Sun, 21 Jun 2020 00:00:00 +0700 Pengembangan Multimedia Interaktif Berbasis Pendekatan Saintifik Materi Larutan Elektrolit dan Non Elektolit https://online-journal.unja.ac.id/jisic/article/view/8570 <p><em><strong>[Development of Interactive Multimedia Based on Scientific Approaches of Theory Electrolyte and Non-Electrolyte Solutions]</strong></em></p> <p>Penelitian pengembangan ini bertujuan untuk mengetahui proses pengembangan multimedia interaktif berbasis pendekatan saintifik yang mengadaptasi model ADDIE. Instrumen penelitian yang digunakan adalah lembar observasi, angket tertutup, dan soal tes. Produk divalidasi oleh dua tim ahli dan dikatakan layak kemudian penilaian guru juga dikatakan sangat layak. Produk yang telah direvisi dan dinyatakan layak oleh tim ahli diuji cobakan pada kelompok kecil yang bertujuan untuk menemukan kesalahan-kesalahaan dalam pengetikan, ketidak jelasan dalam penulisan, ketidak mengertian maksud dari tulisan, kemudian dilakukan juga uji coba lapangan yang bertujuan untuk melihat efektivitas media pembelajaran. Hasil persentase kelayakan uji coba kelompok kecil sebesar 86.96% dan tergolong “Sangat Layak” dan hasil persentase kelayakan uji coba lapangan tergolong “Sangat Baik” dengan nilai kappa 0.824 maka dapat disimpulkan berdasarkan validitas ahli, uji coba kelompok kecil, dan uji coba lapangan produk media yang dikembangkan dinyatakan layak untuk digunakan dalam proses pembelajaran pada materi larutan elektrolit dan non elektrolit.</p> Shintia Putri Amalia, Muhammad Naswir, Harizon Harizon Copyright (c) https://online-journal.unja.ac.id/jisic/article/view/8570 Tue, 23 Jun 2020 00:00:00 +0700 Pengembangan Multimedia Pembelajaran Interaktif Autoplay Media Studio pada Materi Struktur Atom https://online-journal.unja.ac.id/jisic/article/view/7829 <p><strong>[ </strong><strong><em>Development of Interactive Instructional Multimedia Autoplay Media Studio on Atomic Structure Lesson </em></strong><strong>]</strong></p> <p>Tujuan dilakukan penelitian ini yaitu untuk menghasilkan media pembelajaran multimedia interaktif pada materi struktur atom dengan menggunakan software Autoplay Media Studio. Metode penelitian yang digunakan adalah metode Research and Development (R&amp;D) dengan menggunakan model pengembangan 4D (Define, Design, Development, and Disseminate). Penelitian dilakukan di SMK Abdurrab Pekanbaru. Subjek penelitian adalah 2 orang validator (ahli materi dan ahli media), 3 orang guru kimia dan 10 orang peserta didik kelas X TLM 1. Instrumen pengumpulan data pada penelitian ini berupa angket uji validitas dan angket uji praktikalitas. Data yang diperoleh kemudian dianalisis dengan teknik analisis deskriptif kualitatif dan kuantitatif. Media pembelajaran yang dihasilkan memiliki tingkat validitas oleh ahli materi sebesar 91,29% (sangat valid), ahli media sebesar 90,04% (sangat valid), dan tingkat praktikalitas oleh guru sebesar 88,92% (sangat praktis), respon peserta didik sebesar 90,15%. Berdasarkan hasil tersebut disimpulkan bahwa media pembelajaran kimia menggunakan multimedia interaktif Autoplay Media Studio pada materi struktur atom sudah valid dan praktis untuk dijadikan media pembelajaran alternatif di sekolah.</p> Siti Ayu, lazulva lazulva, Lisa Utami Copyright (c) 2020 Siti Ayu, lazulva, lisa utami https://online-journal.unja.ac.id/jisic/article/view/7829 Sun, 28 Jun 2020 00:00:00 +0700 Pengembangan Instrumen Penilaian Kinerja untuk Mengukur Kemampuan Psikomotorik Siswa dalam Praktikum Laju Reaksi https://online-journal.unja.ac.id/jisic/article/view/9054 <p><em><strong>[Development of Performance Assessment Instruments for Measuring Student Psychomotor Ability on The Reaction Rate Practicum]</strong></em></p> <p>Penelitian ini bertujuan untuk mendesain instrumen penilaian kinerja dan uji coba penggunaan instrumen penilaian kinerja dalam mengukur kemampuan psikomotorik siswa pada parktikum laju reaksi. Metode penelitian yang digunakan yaitu mixed methods research dengan desain penelitian sekuensial eksploratori. Penelitian ini dilakukan secara bertahap (sekuensial) dimana peneliti terlebih dahulu memulai dengan mengeksplorasi data kualitatif dan menganalisisnya kemudian mengggunakan temuan pada fase kualitatif untuk mengembangkan instrumen dan menganalisis nya secara kuantitatif di kelas XI SMAN 2 Pekanbaru. Instrumen yang dihasilkan dapat digunakan untuk mengukur tingkat psikomotorik siswa pada saat melakukan praktikum laju reaksi. Berdasarkan hasil pengujian didapatkan hasil kemampuan psikomotorik siswa berdasarkan indikator sebesar 78,27 % dengan kriteria baik. Hasil penelitian dari angket respon pengguna menunjukkan bahwa aspek materi dan konstruksi mendapatkan persentase tertinggi yaitu sebesar 100% dengan kategori sangat baik. Kemudian diikuti oleh aspek bahasa yang mendapatkan persentase 92% dengan kategori sangat baik juga. Secara keseluruhan, rata-rata persentase angket respon pengguna yakni 97,33% dengan kategori sangat baik. Hal ini menunjukkan bahwa instrumen penilaian kinerja yang dikembangkan peneliti sangat baik dalam mengukur kemampuan psikomotorik siswa pada pokok bahasan laju reaksi dan dapat digunakan oleh guru sebagai instrumen alternatif untuk mengukur kemampuan psikomotorik siswa dalam kegiatan praktikum.</p> Ade Irma Isnaini, Lisa Utami Copyright (c) 2020 lisautami, Ade Irma Isnaini https://online-journal.unja.ac.id/jisic/article/view/9054 Tue, 30 Jun 2020 00:00:00 +0700 Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) Kimia Berbasis Keterampilan Generik Sains https://online-journal.unja.ac.id/jisic/article/view/7846 <p><em><strong>[ Development of Chemistry Workbook Based on Science Generic Skill ]</strong></em></p> <p>Penelitian ini dilatarbelakangi karena kurangnya ketersediaan bahan ajar yang dapat membantu peserta didik dalam proses pembelajaran dan belum adanya penggunaan LKPD berbasis keterampilan generic sains. Dalam penelitian ini dikembangkan LKPD berbasis Keterampilan Generik Sains untuk mendukung pembelajaran pada materi larutan penyangga. Jenis penelitian merupakan penelitian pengembangan dengan menggunakan desain Borg and Gall, yang dilakukan di SMA Negeri 1 Tambang. Data yang diambil dalam penelitian ini yaitu berupa data angket, wawancara, dan studi pustaka. Instrumen pengumpulan data berupa data angket uji validitas dan angket uji praktikalitas. Data yang diperoleh kemudian dianalisis dengan teknik analisis deskriptif kualitatif dan deskriptif kuantitatif. Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) yang dihasilkan telah teruji valid dengan persentase 86,88% (sangat valid) dan teruji praktis dengan persentase 89,09% (Sangat Praktis). Dari hasil tersebut disimpulkan bahwa Lembar Kerja Peserta Didik berbasis keterampilan generik sains pada materi larutan penyangga sudah valid dan praktis sehingga dapat dilakukan uji coba selanjutnya</p> Rahma Sarita, Yenni Kurniawati Copyright (c) https://online-journal.unja.ac.id/jisic/article/view/7846 Tue, 30 Jun 2020 00:00:00 +0700