This is an outdated version published on 2019-12-20. Read the most recent version.

Analisis Kemampuan Berfikir Kritis Siswa Menengah Atas Menggunakan Model Inquiry Pictorial Riddle

DOI:

https://doi.org/10.22437/jisic.v11i2.7569

Abstract

[Analysis of Critical Thinking Skills in High School Students Using Inquiry Pictorial Riddle Model]

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana pencapaian kemampuan berpikir kritis siswa dalam lima indikator berpikir kritis setelah mendapatkan pembelajaran dengan model pembelajaran Inquiry Pictorial Riddle. Jenis penelitian yang yaitu deskriptif kuantitatif. Desain yang digunakan dalam penelitian ini adalah The One Shot Case Study. Teknik pengambilan sampel secara purposive sampling. Hasil analisis data menunjukkan bahwa secara keseluruhan kemampuan berpikir kritis siswa melalui model pembelajaran Inquiry Pictorial Riddle pada kelima sub indikator berfikir kritis memiliki presentase yang bervariasi. Pencapaian indikator berpikir kritis pada sub indikator menjawab soal klarifikasi dan menantang memiliki persentase 82.98% (sangat baik), sub indikator berpikir kritis mempertimbangkan kredibilitas suatu sumber memiliki persentase 76,38% (baik), sub indikator membuat induksi dan mempertimbangkan hasil induksi memperoleh persentase 70,83% (baik), sub indikator mengidentifikasi asumsi memiliki persentase 69,09% (baik) dan sub indikator memutuskan suatu tindakan memiliki persentase 62,50% (baik). Sehingga diperoleh rata-rata kemampuan berpikir kritis yaitu 72,36% dengan kategori baik.

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2019-12-20

Versions

How to Cite

Analisis Kemampuan Berfikir Kritis Siswa Menengah Atas Menggunakan Model Inquiry Pictorial Riddle . (2019). Journal of The Indonesian Society of Integrated Chemistry, 11(2), 64 - 72. https://doi.org/10.22437/jisic.v11i2.7569