This is an outdated version published on 2019-06-01. Read the most recent version.

Solusi Alternatif Permasalahan Pelaksanaan Supervisi Pendidikan pada Mata Kuliah Pengelolaan Pendidikan Prodi Pendidikan Kimia

DOI:

https://doi.org/10.22437/jisic.v11i1.6744

Abstract

[Alternative Solution Problem Implementation of Education Supervision in the Course of Education Management Chemistry Education Study Program]

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui permasalahan pelaksanaan supervisi, mengatasi alternatif pemecahan permasalahan pelaksanaan supervisi, mendapatkan bukti empiris pengaruh supervisi ketua prodi terhadap kinerja pendidik-pendidik, dan menindaklanjuti solusi yang sudah di tentukan terhadap kinerja pendidik-pendidik kimia dalam pembelajaran kimia pada mata kuliah pengelolaan pendidikan. Untuk mencapai tujuan tersebut, penelitian ini mengunakan pendekatan kualitatif. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui wawancara, observasi, dan studi dokumentasi. Prosedur analisis data adalah reduksi data, display data, dan verifikasi. Sedangkan subjek penelitian adalah ketua prodi, dosen, dan pendidik. Hasil penelitian menunjukan pada permasalahan dalam pelaksanaan supervisi di mata kuliah pengelolaan pendidikan dapat bersumber dari pendidik, peserta didik dan fasilitas yang ada. Solusi yang dapat dilakukan pendelegasian wewenang oleh ketua prodi kepada pendidik-pendidik senior, pemberian motivasi kepada para pendidik akan pentingnya supervisi pendidikan, pembinaan oleh ketua prodi kepada pendidik-pendidik senior yang ditunjuk sebagai supervisor dan membentuk tim penilai supervisi, dilakukan koordinasi secara intens kepada seluruh elemen kampus, dan mengupayakan sarana dan prasarana yang memadai.

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2019-06-01

Versions

How to Cite

Solusi Alternatif Permasalahan Pelaksanaan Supervisi Pendidikan pada Mata Kuliah Pengelolaan Pendidikan Prodi Pendidikan Kimia. (2019). Journal of The Indonesian Society of Integrated Chemistry, 11(1), 19-27. https://doi.org/10.22437/jisic.v11i1.6744