This is an outdated version published on 2018-12-06. Read the most recent version.

Peningkatan Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa dengan Menggunakan Model Project Based Learning Berbasis STEAM (Science, Technology, Engineering, Arts Dan Mathematic) pada Materi Asam dan Basa di SMAN 11 Kota Jambi

DOI:

https://doi.org/10.22437/jisic.v10i2.6517

Abstract

[ Improving Students` Creative Thinking Skills by Using Project Based Learning Models with STEAM (Science, Technology, Engineering, Arts and Mathematics) on the Acid-base Subject Matter In 11 Senior High School at Jambi, Indonesia ]

Tujuan penenilian adalah untuk melihat perbedaan kemampuan berpikir kreatifitas siswa menggunakan model project-based learning berbasis STEAM pada materi asam dan basa. Desain penelitian ini adalah pre-experimental desain dengan jenis penelitian one-group pretest-postest desain menggunakan sampel penelitian rondom sampling. Adapun sampel yang dipilih hanya satu kelas yaitu kelas XI MIA 2. Instrument penelitian berupa rencana pelaksanaan pembelajaran, soal pretest dan posttest. Analisis data menggunakan uji paired sampel t-test, nilai rata-rata pretest 1,58 dan posttest 3,17. Hasil korelasi nilai pretest-postest 0,263 > 0,05 artinya tidak terdapat hubungan antar nilai pretest-postest. Nilai signifikansi 2- tailed 0,000 < 0,05, maka terdapat perbedaaan yang nyata kemampuan berpikir kreatif siswa pada data pretest dan posttes. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa terdapat perbedaan yang nyata kemampuan berpikir kreatif siswa dangan penggunaan model poreject based learning pada materi asam dan basa di SMAN 11 Kota Jambi

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2018-12-06

Versions

How to Cite

Peningkatan Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa dengan Menggunakan Model Project Based Learning Berbasis STEAM (Science, Technology, Engineering, Arts Dan Mathematic) pada Materi Asam dan Basa di SMAN 11 Kota Jambi. (2018). Journal of The Indonesian Society of Integrated Chemistry, 10(2), 42-46. https://doi.org/10.22437/jisic.v10i2.6517