Analisis Keterlaksanaan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Number Heads Together dan Pengaruhnya Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Siswa SMA

Authors

  • Erika Simare Mare Universitas Jambi
  • Asrial Asrial Universitas Jambi
  • Harizon Harizon Universitas Jambi

DOI:

https://doi.org/10.22437/jisic.v10i1.5305

Abstract

[ Analysis of the Implementation of the Number Heads Together Cooperative Learning Model and Its Effect on the Critical Thinking Ability of Senior High School Students ]

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis keterlaksanaan model pembelajaran kooperatif tipe Number Heads Together dan pengaruhnya terhadap kemampuan berpikir kritis pada materi larutan penyangga siswa kelas XI MIA SMAN 1 Muaro Jambi. Penelitian ini merupakan jenis penelitian deskriptif korelasional dengan teknik pengambilan sampel cluster random sampling. Instrumen yang digunakan yaitu lembar observasi aktivitas guru dan siswa serta tes kemampuan berpikir kritis siswa. Untuk melihat pengaruh keterlaksanaan model pembelajaran kooperatif tipe NHT dengan kemampuan berpikir kritis siswa dilakukan uji signifikansi dengan uji t. Penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Number Heads Together oleh siswa sebesar 70,83% dikategorikan baik, dan persentase kemampuan berpikir kritis siswa sebesar 70,47% dikategorikan baik. Hubungan keterlaksanaan model pembelajaran kooperatif tipe Number Heads Together dengan kemampuan berpikir kritis diperoleh rxy = 0,86294 dengan tingkat hubungan sangat kuat. Uji signifikansi dilakukan dengan uji t diperoleh thitung > t­tabel (9,660 > 2,036) dengan dk = 32 dan α = 0.05, sehingga H0­ ditolak dan Ha diterima. Berdasarkan hasil penelitian, keterlaksanaan model pembelajaran kooperatif tipe ­number heads together berjalan dengan baik dan terdapat pengaruh keterlaksanaan model pembelajaran kooperatif tipe number heads together terhadap kemampuan berpikir kritis siswa pada materi larutan penyangga di kelas XI MIA 2 SMAN 1 Muaro Jambi.

Downloads

Download data is not yet available.

Author Biographies

Erika Simare Mare, Universitas Jambi

Pendidikan Kimia Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Jambi, Indonesia

Asrial Asrial, Universitas Jambi

Pendidikan Kimia Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Jambi, Indonesia

Harizon Harizon, Universitas Jambi

Pendidikan Kimia Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Jambi, Indonesia

Downloads

Published

2018-07-20 — Updated on 2018-07-20

Versions

How to Cite

Mare, E. S., Asrial, A., & Harizon, H. (2018). Analisis Keterlaksanaan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Number Heads Together dan Pengaruhnya Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Siswa SMA. Journal of The Indonesian Society of Integrated Chemistry, 10(1), 12-20. https://doi.org/10.22437/jisic.v10i1.5305