Analisis Keterlaksanaan Model Discovery Learning Berbantuan Multimedia Pembelajaran Asam Basa dan Pengaruhnya Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas XI IPA SMAN 2 Kota Jambi

Authors

  • Rini Alfiah Universitas Jambi
  • Haryanto Haryanto Universitas Jambi
  • Aulia Sanova Universitas Jambi

DOI:

https://doi.org/10.22437/jisic.v10i1.5304

Abstract

[ Analysis of the Implementation of Discovery Learning Model with Multimedia of Acid and Base Learning and Its Effect on Student Learning Outcomes at 11th Grade Science 2 Senior High School at Jambi ]

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui sejauh mana keterlaksanaan model Discovery Learning berbantuan multimedia pembelajaran asam basa serta pengaruhnya terhadap hasil belajar siswa dalam pembelajaran asam basa kelas XI IPA SMAN 2 Kota Jambi. Jenis penelitian ini adalah deskriptif korelasional. Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah mix method dengan menggunakan kedua data yaitu data kualitatif dan data kuantitatif dengan jenis sequential exploratory (model urutan penemuan). Teknik pengambilan sampel dilakukan dengan teknik Simple Random Sampling. Terdapat satu kelas yang digunakan sebagai sampel yaitu kelas XI IPA 1. Instrumen penelitian berupa lembar observasi keterlaksanaan model Discovery Learning baik dari guru maupun siswa dan tes soal essay siswa. Teknik analisis data kualitatif menggunakan Miles and Huberman dan teknik analisis kuantitatif menggunakan uji korelasi product moment dan uji-t. Keterlaksanaan model Discovery Learning oleh guru mengalami kenaikan setiap pertemuan, keterlaksanaan model Discovery Learning oleh siswa sebesar 70,71% dengan kategorikan baik. Hubungan keterlaksanaan model Discovery Learning dengan hasil belajar siswa dikategorikan sedang dengan rxy 0,596. Uji signifikansi dilakukan dengan uji-t dan diperoleh thitung > ttabel (4,749 > 1,683) dengan dk 41 dan a = 0,05 sehingga Ho ditolak dan H a diterima. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa keterlaksanaan model pembelajaran Discovery Learning berbantuan multimedia pembelajaran asam basa berjalan dengan baik dan berpengaruh terhadap hasil belajar siswa di kelas XI IPA 1 SMAN 2 Kota Jambi.

Downloads

Download data is not yet available.

Author Biographies

Rini Alfiah, Universitas Jambi

Program Studi Pendidikan Kimia Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Jambi, Indonesia

Haryanto Haryanto, Universitas Jambi

Program Studi Pendidikan Kimia Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Jambi, Indonesia

Aulia Sanova, Universitas Jambi

Program Studi Pendidikan Kimia Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Jambi, Indonesia

Downloads

Published

2018-06-20 — Updated on 2018-06-20

Versions

How to Cite

Alfiah, R., Haryanto, H., & Sanova, A. (2018). Analisis Keterlaksanaan Model Discovery Learning Berbantuan Multimedia Pembelajaran Asam Basa dan Pengaruhnya Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas XI IPA SMAN 2 Kota Jambi. Journal of The Indonesian Society of Integrated Chemistry, 10(1), 21-28. https://doi.org/10.22437/jisic.v10i1.5304