This is an outdated version published on 2017-12-24. Read the most recent version.

Analisis Keterlaksanaan Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing untuk Materi Sifat Koligatif Larutan dan Pengaruhnya Terhadap Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa Kelas XII IPA SMA Islam Al-Falah Kota Jambi

DOI:

https://doi.org/10.22437/jisic.v9i2.5113

Abstract

Kurang aktifnya siswa dalam mengikuti pembelajaran mengakibatkan kemampuan siswa untuk berpikir dalam proses belajar rendah, apalagi dalam kemampuan berpikir kreatif. Siswa cenderung belajar dengan menghafal, tanpa siswa menemukan sendiri pembelajaran tersebut. Salah satu alternatif untuk membuat siswa aktif menemukan sendiri pemebelajaran tersebut adalah menggunakan model pembelajaran inkuri terbimbing. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui keterlaksanaan model pembelajaran inkuiri terbimbing terhadap kemampuan berpikir kreatif, dan hasil belajar siswa pada materi sifat koligatif larutan di kelas XII IPA SMA Islam Al-Falah Kota Jambi.

Penelitian ini merupakan penelitian campuran (mix method) dengan mendahulukan data kualitatif dan kemudian baru data kuantitatif sebagai data primer. Teknik pengambilan sampel dilakukan dengan Purposive sampling yaitu kelas XII IPA.1 sebagai kelas sampel. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini berupa lembar observasi untuk melihat keterlaksanaan model oleh guru, siswa, serta berpikir kreatif, dan soal tes essay digunakan untuk melihat hasil belajar siswa. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini ada 2 yaitu teknik analisa data kualitatif menggunakan Miles and Huberman yang diperoleh dari komentar observer pada lembar observasi, dan teknik analisis data kuantitatif menggunakan korelasi produk memoment yang diperoleh dari data keterlaksanaan model oleh guru, siswa, berpikir kreatif, serta data hasil belajar siswa.

Keterlaksanaan model pembelajaran inkuiri terbimbing oleh guru dan siswa sudah terlaksana dengan baik dilihat aktivitas guru dan siswa mengalami peningkatan tiap pertemuannya. Korelasi keterlaksanaan model inkuiri terbimbing dengan kemampuan berpikir kreatif dikaregorikan sedang dengan nilai rxy 0,43, sementara itu kemampuan berpikir kreatif dengan hasil belajar siswa termasuk kategori sangat rendah dengan nilai rxy 0,17.

Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa keterlaksanaan model pembelajaran inkuiri terbimbing berpengaruh positif pada materi sifat koligatif larutan di kelas XII IPA.1 terhadap kemampuan berpikir kreatif siswa.

Downloads

Download data is not yet available.

Published

2017-12-24

Versions

How to Cite

Analisis Keterlaksanaan Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing untuk Materi Sifat Koligatif Larutan dan Pengaruhnya Terhadap Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa Kelas XII IPA SMA Islam Al-Falah Kota Jambi. (2017). Journal of The Indonesian Society of Integrated Chemistry, 9(2), 43-51. https://doi.org/10.22437/jisic.v9i2.5113