Pengembangan Multimedia Pembelajaran Materi Hidrolisis Garam Menggunakan 3D Pageflip Profesional Kelas XI IPA di SMA Negeri 7 Kota Jambi
DOI:
https://doi.org/10.22437/jisic.v9i1.5112Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui cara mengembangkan media pembelajaran kimia menggunakan 3D Page Flip pada materi Hidrolisis Garam dan mengetahuirespon siswa kelas XIMIPASMAN 7 Kota Jambi terhadap media pembelajaran yang dikembangkan. Penelitianinimerupakanpenelitianpengembangan yang mengadaptasi model pengembangan ADDIE.Pada penelitian ini terdiri dari beberapa tahap yaitu tahap Analisis (Analysis), Desain (Design), Pengembangan (development), Penerapan (implementasi) dan Evaluasi (Evaluation).Hasil penelitianproduk tersebut divalidasi oleh ahli media dan ahli materi.Sebelum diujicobakan kesiswa,produk media diperlihatkan terlebih dahulu kepada guru,kemudian baru diuji cobakan ke siswa kelas XI IPA.Hasil uji coba dilapangan terhapap 10 orang siswa diperoleh persentase 86,6% (sangat baik).Berdasarkan hasil penelitian dapatdisimpulkan bahwa pembelajaran menggunakan 3D PageFlip Profesional pada materi hidrolisis Garam yang dikembangkan baik untuk digunakan dalam pembelajaran dan mendapat respon positif dari siswa.