This is an outdated version published on 2017-12-24. Read the most recent version.

Analisis Keterlaksanaan Model Pembelajaran Contextual Teaching and Learning (CTL) dan Pengaruhnya terhadap Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa pada Materi Laju Reaksi

DOI:

https://doi.org/10.22437/jisic.v9i2.5111

Abstract

Telah dilakukan penelitian tentang keterlaksanaan model Contextual Teaching and Learning (CTL) dan korelasinya dengan kemampuan berpikir kreatif siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui sejauh mana keterlaksanaan model CTL serta korelasinya dengan kemampuan berpikir kreatif siswa pada materi laju reaksi di kelas XI IPA MAN Muara Bulian. Penelitian ini merupakan deskriptif korelasional dengan desain mix method. Teknik pengambilan sampel dilakukan dengan Purposive Sampling. Instrumen penelitian berupa lembar observasi keterlaksanaan model CTL baik dari guru maupun siswa, lembar observasi kemampuan berpikir kreatif siswa dan tes. Untuk melihat pengaruh keterlaksanaan model pembelajaran CTL dengan kemampuan berpikir kreatif siswa dilakukan uji t. Hubungan keterlaksanaan model CTL dengan kemampuan berpikir kreatif diperoleh nilai rxy = 0,568 dengan tingkat hubungan sedang. Uji signifikansi dengan uji t diperoleh thitung > ttabel (3,160 > 2,080) dengan dk = 23 dan α = 0,05, sehingga H0 ditolak dan Ha diterima. Semakin baik pelaksanaan model CTL maka semakin meningkat kemampuan berpikir kreatif siswa dalam pembelajaran laju reaksi di kelas XI IPA MAN Muara Bulian.

 

Downloads

Download data is not yet available.

Published

2017-12-24

Versions

How to Cite

Analisis Keterlaksanaan Model Pembelajaran Contextual Teaching and Learning (CTL) dan Pengaruhnya terhadap Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa pada Materi Laju Reaksi. (2017). Journal of The Indonesian Society of Integrated Chemistry, 9(2), 28-37. https://doi.org/10.22437/jisic.v9i2.5111