This is an outdated version published on 2017-12-24. Read the most recent version.

Pengembangan Multimedia Pembelajaran Materi Radioaktif Menggunakan Swish Max 4 untuk SMA Kelas XII IPA

DOI:

https://doi.org/10.22437/jisic.v9i2.5110

Abstract

Pembelajaran kimia yang membosankan dan tidak menarik membuat siswa tidak tertarik terhadap pembelajaran. Untuk itu dikembangkan multimedia pembelajaran dengan menggunakan Software Swish Max 4. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan multimedia pembelajaran menggunakan Swish Max 4 pada materi radioaktif serta untuk mengetahui dampaknya terhadap pengalaman belajar siswa kelas XII IPA SMA N 8 Kota Jambi. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan yang mengadaptasi model pengembangan ADDIE. Tahapan dalam penelitian pengembangan ini yaitu analysis (analisis), design (desain), development (pengembangan), dan evaluation (evaluasi). Instrumen pengumpulan data yang digunakan adalah angket kebutuhan siswa, angket validasi media, angket validasi materi, angket penilaian guru dan angket respon siswa. Hasil dari pengembangan ini berupa sebuah multimedia pembelajaran radioaktif menggunakan Swish Max 4, yang dilengkapi dengan video dan animasi. Berdasarkan hasil validasi ahli materi dan media, maka secara keseluruhan multimedia ini layak untuk diujicobakan. Dari hasil uji coba produk terhadap guru kimia dan 10 orang peserta didik kelas XII IPA SMA N 8 Kota Jambi, media ini dinilai bisa digunakan untuk membantu siswa dalam belajar secara mandiri. Berdasarkan hasil penelitian disimpulkan bahwa multimedia pembelajaran materi radioaktif dengan menggunakan Swish Max 4 ini baik untuk digunakan dalam pembelajaran dan mendapat respon siswa terhadap multimedia pembelajaran adalah sangat baik dengan skor 82,4%.

Downloads

Download data is not yet available.

Published

2017-12-24

Versions

How to Cite

Pengembangan Multimedia Pembelajaran Materi Radioaktif Menggunakan Swish Max 4 untuk SMA Kelas XII IPA. (2017). Journal of The Indonesian Society of Integrated Chemistry, 9(2), 19-27. https://doi.org/10.22437/jisic.v9i2.5110