Pengembangan Multimedia Interaktif pada Materi Larutan Penyangga untuk SMA Kelas XI IPA

DOI:

https://doi.org/10.22437/jisic.v9i2.5109

Abstract

Ilmu kimia merupakan salah satu ilmu sains yang direpresentasikan ke dalam tiga level yaitu level makroskopik, level submikroskopik, dan level simbolik serta hubungan antara ketiga level ini harus secara eksplisit diajarkan. Untuk membantu siswa menghubungkan ketiga level representasi tersebut maka dibutuhkan suatu sumber belajar tambahan, misalnya multimedia interaktif.Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui proses pengembangan multimedia interaktif pada materi larutan penyangga untuk siswa kelas XI IPA SMA Negeri 4 Kota Jambi, dan untuk mengetahui penilaian guru dan respon siswa terhadap multimedia yang dikembangkan.Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan yang mengadaptasi kerangka pengembangan ADDIE (Analyze-Design-Develop-Implement-Evaluate).Instrumen penelitian yang digunakan adalah lembar wawancara dan angket. Data yang terkumpul diolah secara deskriptif menjadi data interval menggunakan skala Likert, dan dianalisis berdasarkan jumlah skor. Dari hasil penelitian menunjukkan bahwa multimedia interaktif pada materi larutan penyangga valid menurut ahli materi dengan skor 53 (sangat baik) dan ahli media dengan skor 52,3 (sangat baik). Selanjutnya dari hasil penilaian guru diperoleh skor 55 (sangat baik) dan respon siswa diperolehskor52,7 (sangat baik).Berdasarkan hasil penelitian secara keseluruhan dapat disimpulkan bahwa pengembangan multimedia interaktifpada tahap desainnya mengacu pada hasil analisis materi yang digambarkan dalam bentuk flowchart agar proses pengembangan media terarah, dan multimedia interaktif mendapat penilaian sangat baik dari guru dan siswa.

Downloads

Download data is not yet available.

Published

2017-12-24

How to Cite

Pengembangan Multimedia Interaktif pada Materi Larutan Penyangga untuk SMA Kelas XI IPA. (2017). Journal of The Indonesian Society of Integrated Chemistry, 9(2), 9-18. https://doi.org/10.22437/jisic.v9i2.5109