Analisis Keterlaksanaan Model Attention, Relevance, Confidence, and Satisfaction pada Pembelajaran Hidrokarbon dan Pengaruhnya Terhadap Kepercayaan Diri Siswa
DOI:
https://doi.org/10.22437/jisic.v9i2.5108Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui keterlaksanaan model ARCS dan mengetahui pengaruh antara keterlaksanaan model ARCS terhadap kepercayaan diri siswa di SMAN 2 Kota Jambi pada pembelajaran hidrokarbon. Desain penelitian ini adalah pre-experimental desain dengan jenis penelitian one shot case study menggunakan sampel penelitian random sampling. Adapun sampel yang dipilih hanya satu kelas yaitu kelas XI IPA 2. Instrumen penelitian berupa lembar lembar observasi keterlaksanaan model ARCS baik dari guru maupun siswa, serta lembar observasi kepercayaan diri siswa. Data kuantitatif diuji normalitas dan homogenitasnya kemudian dicari hubungan keterlaksanaan model ARCS dan kepercayaan diri siswa dengan korelasi produk momen. Selanjutnya dilakukan uji-t untuk melihat signifikansi pengaruh keterlaksanaan modelARCS dengan kepercayaan diri siswa. Keterlaksanaan model ARCS oleh guru dan siswa termasuk dalam kategori sangat baik dengan persentase 90,77% dan 91%. Untuk kepercayaan diri siswa dalam kategori baik yaitu dengan persentase 82,25%. Data guru dan siswa berdistribusi normal dan homogen, koefisien korelasi yang diperoleh yaitu sebesar 0,525, berarti hubungan antara keterlaksanaan model ARCS dengan kepercayaan diri siswa memiliki tingkat hubungan sedang.