Isolasi Khitin dari Limbah Kulit Udang (Dendrobranciata sp) dan Tranformasinya Menjadi Khitosan Sebagai Bahan Penyerap Logam Timbal (Pb )

DOI:

https://doi.org/10.22437/jisic.v1i1.5090

Abstract

Telah dilakukan penelitian isolasi khitin dari limbah kulit udang dan mentrasformasikannya menjadi khitosan yang digunakan sebagai bahan penyerap logam berat timbal (Pb ). Khitin dan khitosan yang terbentuk diidentifikasi dengan menggunakan UV dan IR, dan pengukuran logam timbal dilakukan dengan Spektrofotometri Serapan Atom (SSA). Hasil isolasi khitin dari limbah kulit udang didapatkan sebanyak 32% dan hasil transformasi (khitosan) didapatkan sebanyak 85%. Berdasarkan data spectrum UV dan IR berhasil diidentifikasi adanya gugus amina, karbonil dan asetil, yang menandakan adanya khitin dan khitosan setelah dibandingkan dengan spektrum standar khitin dan khitosan. Khitosan yang terbentuk digunakan untuk uji penyerapan terhadap logam berat timbal (Pb) dengan kondisi optimal yaitu pada massa khitosan 1,5 gr dan waktu kontak 60 menit dengan efesiensi penyerapan sebesar 98,9%.

Downloads

Download data is not yet available.

Published

2009-06-30

How to Cite

Isolasi Khitin dari Limbah Kulit Udang (Dendrobranciata sp) dan Tranformasinya Menjadi Khitosan Sebagai Bahan Penyerap Logam Timbal (Pb ). (2009). Journal of The Indonesian Society of Integrated Chemistry, 1(1), 34-39. https://doi.org/10.22437/jisic.v1i1.5090