Analisis Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Numbered Head Together (NHT) dan Pengaruhnya Terhadap Hasil Belajar Siswa pada Materi Struktur Atom di Kelas X SMKN 3 Kota Jambi

Authors

  • M. Dwi Wiwik Ernawati Universitas Jambi
  • Haryanto Haryanto Universitas Jambi
  • Setia CP Nababan Universitas Jambi

DOI:

https://doi.org/10.22437/jisic.v9i1.5085

Abstract

Telah dilakukan penelitian yang dilaksanakan di SMKN 3 Kota jambi, pembelajaran kimia di sekolah ini hanya berjalan satu arah, sehingga siswa hanya mencatat dan mendengarkan penjelasan guru. Untuk itu dibutuhkan model pembelajaran yang dapat mengaktifkan siswa, salah satunya yaitu model pembelajaran tipe NHT. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui sejauh mana keterlaksanaan model NHT serta pengaruhnya terhadap hasil belajar siswa pada materi struktur atom di SMKN 3 Kota Jambi. Jenis penelitian ini adalah quasi eksperimen dengan desain one shot case study. Teknik pengambilan sampel dilakukan dengan teknik Simple Random Sampling. Terdapat satu kelas yang digunakan sebagai sampel yaitu kelas XAV . Instrumen penelitian berupa lembar observasi keterlaksanaan NHT baik dari guru maupun siswa dan hasil belajar siswa. Pengaruh keterlaksanaan model NHT dengan hasil belajar siswa dicari dengan pearson product moment. Untuk melihat signifikansi keterlaksanaan model NHT terhadap hasil belajar siswa digunakan uji-t. Keterlaksanaan model NHT oleh guru dan siswa dikategorikan baik yang terlihat dari rata-rata tiap pertemuannya. keterlaksanaan model NHT dengan hasil belajar dikategorikan sedang dengan rata-rata r 0,564 dan terdapat pengaruh keterlaksanaan model NHT dengan hasil belajar siswa pada thitung 3,965 dengan signifikansi 3,965 < 2,02. Model NHT dalam pembelajaran struktur atom di kelas X SMKN 3 Kota Jambi terlaksana dengan baik oleh guru dengan melibatkan siswa dalam proses pembelajaran sehingga hasil belajar siswa dapat meningkat. Terdapat pengaruh pelaksanaan model NHT terhadap hasil belajar siswa dalam pembelajaran struktur atom di kelas X SMKN 3 Kota Jambi.

Downloads

Download data is not yet available.

Author Biographies

M. Dwi Wiwik Ernawati, Universitas Jambi

Jurusan Pendidikan MIPA FKIP Universitas Jambi, Kampus Pinang Masak, Jambi, Indonesia

Haryanto Haryanto, Universitas Jambi

Jurusan Pendidikan MIPA FKIP Universitas Jambi, Kampus Pinang Masak, Jambi, Indonesia

Setia CP Nababan, Universitas Jambi

Jurusan Pendidikan MIPA FKIP Universitas Jambi, Kampus Pinang Masak, Jambi, Indonesia

Published

2018-05-22 — Updated on 2018-05-22

Versions

How to Cite

Ernawati, M. D. W., Haryanto, H., & Nababan, S. C. (2018). Analisis Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Numbered Head Together (NHT) dan Pengaruhnya Terhadap Hasil Belajar Siswa pada Materi Struktur Atom di Kelas X SMKN 3 Kota Jambi. Journal of The Indonesian Society of Integrated Chemistry, 9(1), 45-53. https://doi.org/10.22437/jisic.v9i1.5085