Analisis Keterlaksanaan Pendekatan Experiential Learning dan Pengaruhnya Terhadap Keterampilan Proses Sains Siswa pada Materi Ikatan Kimia di Kelas X MIA SMAN 1 Kota Jambi

Authors

  • Fatria Dewi Universitas Jambi
  • Afrida Afrida Universitas Jambi
  • Bayu Efrianto Universitas Jambi

DOI:

https://doi.org/10.22437/jisic.v8i2.5077

Abstract

Keterlakasanaan pendekatan experiential learning oleh guru memiliki persentase sebesar 79,17% dikategorikan baik, persentase pendekatan oleh siswa sebesar 76,68% dikategorikan baik, dan persentase keterampilan proses sains siswa sebesar 71,95% dikategorikan baik. Hubungan keterlaksanaan pendekatan experiential learning dengan keterampilan proses sains siswa diperoleh rxy = 0,78973 dengan tingkat hubungan kuat. Uji signifikansi dilakukan dengan uji t dengan diperoleh thitung>ttabel (6,812018 > 2,048) dengan dk = 28 dan α = 0.05, sehingga H0 ditolak dan Ha diterima. Berdasarkan hasil penelitian bahwa keterlaksanan pendekatan experiential learning berjalan dengan baik serta terdapat pengaruh keterlaksanaan pendekatan experiential learning terhadap keterampilan proses sains siswa pada materi ikatan kimia di kelas X MIA 3 SMAN 1 Kota Jambi.

Downloads

Download data is not yet available.

Author Biographies

Fatria Dewi, Universitas Jambi

Jurusan Pendidikan MIPA FKIP Universitas Jambi, Kampus Pinang Masak, Jambi, Indonesia

Afrida Afrida, Universitas Jambi

Jurusan Pendidikan MIPA FKIP Universitas Jambi, Kampus Pinang Masak, Jambi, Indonesia

Bayu Efrianto, Universitas Jambi

Jurusan Pendidikan MIPA FKIP Universitas Jambi, Kampus Pinang Masak, Jambi, Indonesia

Published

— Updated on 2020-06-16

Versions

  • 2020-06-16 (1)
  • (1)

How to Cite

Dewi, F., Afrida, A., & Efrianto, B. (2020). Analisis Keterlaksanaan Pendekatan Experiential Learning dan Pengaruhnya Terhadap Keterampilan Proses Sains Siswa pada Materi Ikatan Kimia di Kelas X MIA SMAN 1 Kota Jambi. Journal of The Indonesian Society of Integrated Chemistry, 8(2), 10-17. https://doi.org/10.22437/jisic.v8i2.5077